Sukses

Kontribusi pada Infrastruktur Transportasi, WSBP Beton Suplai Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B

WSBP turut serta dalam pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B Rute Velodrome-Manggarai.

Liputan6.com, Jakarta - Sukses menyuplai berbagai sarana transportasi seperti LRT Palembang, Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Jalur Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta, dan lainnya, kini PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) turut serta dalam pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B Rute Velodrome-Manggarai.

Dari Proyek LRT Jakarta Fase 1B ini, WSBP memperoleh Nilai Kontrak Baru sebesar Rp160,69 miliar. WSBP telah memulai pengiriman produk Precast sejak Oktober 2023 dan ditargetkan menyelesaikan 1 km pertama dari Velodrome ke Rawamangun pada September 2024.

“WSBP dipercaya oleh PT Jakarta Propertindo (Perseroda) yang merupakan pemilik dari Proyek LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai untuk menyuplai produk beton Precast dan Readymix unggulannya,” ujar Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary WSBP, dalam keterangan diterima.

WSBP menyuplai produk Precast berupa 790 balok PC-I Girder dan 270 balok PC-U Girder diproduksi dari Precast Plant WSBP Karawang, Subang, dan Bojonegara.

Selain itu juga produk Readymix sebanyak 37.019 m3 dengan tipe FC 35 Mpa slump 12 dan FC 35 Mpa slump 18 akan dikirimkan dari Batching Plant LRT yang sedang dibangun. Hingga saat ini, progres pengiriman (supply) produk beton precast ke Proyek LRT Jakarta Fase 1B telah mencapai 10% dari total produk yang dipesan.

“Kami optimis mampu mengirimkan produk-produk yang telah dipesan tepat waktu sehingga pembangunan proyek ini dapat selesai sesuai target yang telah direncanakan,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Strategi

Lokasi proyek yang berada di tengah jalan DKI Jakarta tidak menjadi halangan dalam melakukan pengiriman dan instalasi produk. WSBP memiliki strategi seperti bekerja sama dengan pihak proyek untuk mengatur lalu lintas, pengiriman produk dilakukan pada malam hari, serta penerapan prosedur pembongkaran produk di lokasi proyek dengan aman.

Seluruh kegiatan ini tentunya dilakukan dengan memperhatikan prosedur QHSE dan K3 yang berlaku. Sebagai informasi, WSKT KSO telah melakukan Erection produk Girder PC-U WSBP pertama pada 20 April 2024 di Pier P6B-P7B. Nantinya proses ini akan kembali dilaksanakan untuk Pier P7B-P8B. Erection Girder adalah suatu kegiatan pemasangan balok Girder ke atas tumpuannya dengan menggunakan alat berat crawler crane.

“Pekerjaan Erection Girder PC-U Girder dan PC-I Girder akan dilakukan secara bertahap hingga nantinya dapat terhubung menjadi satu jalur,” ungkap Fandy. “Dengan lokasi yang strategis di tengah kota Jakarta, Proyek LRT Jakarta Fase 1B akan menjadi ikon transportasi Jakarta, sehingga proyek ini bermanfaat untuk mobilisasi masyarakat pengguna,” lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Lintas Rel Terpadu Jabodetabek atau disingkat menjadi LRT Jabodetabek adalah lintas rel terpadu yang berada di daerah Jabodetabek.

    LRT

  • LRT Jakarta adalah Lintas Raya Terpadu Jakarta.

    LRT Jakarta

Video Terkini