Sukses

Puncak Arus Balik di Terminal Pulogebang Diprediksi Terjadi 17 April 2024

Jam kedatangan bus di Terminal Terpadu Pulogebang cenderung ramai pada malam hingga pagi hari.

Liputan6.com, Jakarta - Puncak arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, diproyeksikan terjadi tujuh hari setelah perayaan Lebaran (H+7), tepatnya pada Rabu (17/4/2024).

"Memang sudah terlihat sejak dua hari lalu hingga saat ini, pemudik yang kembali dari arah timur maupun barat, dari Sumatera atau Jawa Tengah dan sekitarnya, sudah mulai terlihat cukup signifikan," ungkap Hendra Kurniawan, Kepala Satuan Pelaksana Terminal Terpadu Pulogebang, Minggu (14/4/2024).

Menurut Hendra, kedatangan arus balik ini disebabkan oleh mendekati akhir masa libur Lebaran 2024, sehingga para pemudik mulai berdatangan kembali ke Jakarta untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari seperti sekolah dan pekerjaan.

"Puncak arus balik kami prediksi berada pada tanggal 14 hingga 17 April besok," tambahnya.

Jam kedatangan bus di Terminal Terpadu Pulogebang cenderung ramai pada malam hingga pagi hari. Untuk pemudik reguler, khususnya dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, umumnya berangkat pada sore hari.

"Jadi biasanya mereka tiba di terminal kita antara pukul dua pagi hingga enam pagi, asalkan perjalanan berjalan lancar," jelas Hendra.

Hingga saat ini, situasi di Terminal Pulogebang masih tergolong landai karena sebagian besar pemudik baru akan kembali ke Jakarta pada hari Senin (15/4) besok. Sedangkan bus dari program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta sudah mulai berangkat menuju terminal.

"Kami baru menerima informasi bahwa arus balik gratis dari Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan sudah mulai berangkat, dan kemungkinan akan tiba di terminal pada sore hingga malam hari ini," sambung Hendra.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2.753 Orang Tiba di Pulogebang

Berdasarkan data yang diperoleh hingga pukul 11.40 WIB, tercatat sebanyak 433 penumpang berangkat dari Terminal Terpadu Pulogebang dengan menggunakan 61 bus. Sementara itu, jumlah penumpang yang tiba mencapai 2.753 orang dengan 358 bus.

"Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah hingga tanggal 17 April mendatang," tambahnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Terminal Terpadu Pulogebang, pihak terkait telah berkoordinasi dengan TNI/Polri untuk memberikan pengamanan sehingga para penumpang dapat merasa nyaman dan aman selama berada di terminal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini