Sukses

Soal Silaturahmi Lebaran Jokowi dengan Megawati, Istana: Dicarikan Waktu yang Tepat

Momentum demokrasi 2024 membuat hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri merenggang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilu 2024 telah menyebabkan hubungan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, merenggang. Hal ini disebabkan oleh perbedaan pilihan politik Jokowi dalam pilpres 2024 dengan Megawati yang seharusnya berada dalam partai yang sama.

Megawati mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud Md, sementara Jokowi mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Akibatnya, kedua tokoh nasional ini terlibat dalam "perang dingin" dan hingga saat ini belum ada pertemuan antara mereka.

Pada acara perayaan HUT PDIP di awal tahun 2024, Jokowi bahkan tidak hadir dan disebut-sebut sengaja tidak diundang, padahal ia masih merupakan bagian dari PDIP.

Untuk meredakan ketegangan antara keduanya, momen lebaran dianggap sebagai kesempatan untuk saling bersilaturahmi, baik sebagai sesama muslim maupun sebagai tokoh bangsa.

Menanggapi hal ini, pihak Istana melalui Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, memastikan bahwa pertemuan antara Presiden Jokowi dan Megawati bukanlah hal yang mustahil. Pasalnya, secara pribadi, Jokowi selalu membuka diri untuk bertemu dengan siapa saja, termasuk dengan Megawati.

"Apa pun itu, Presiden selalu terbuka untuk bertemu dengan siapa saja, terutama tokoh bangsa," ujar Ari melalui pesan singkat yang diterima pada Jumat (12/4/2024).

 

"Bersilaturahmi dengan Ibu Megawati Soekarnoputri sedang dicarikan waktu yang tepat. Ini masih di bulan Syawal. Bulan Syawal adalah bulan yang paling tepat untuk mempererat silaturahmi," Ari menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Sudah Bertemu Prabowo

Diberitakan sebelumnya, memasuki hari kedua lebaran, Kamis (11/4), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didampingi putranya, Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo atau yang karib disapa Didit, menyambangi Istana Kepresidenan Jakarta.

Kedatangan mereka untuk bersilaturahmi atau halal bi halal dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarganya.

"Minal aidin wal faidizin," kata Jokowi menyambut kedatangan Prabowo dan Didit, seperti dikutip dari tayangan video yang dibagikan oleh Tim Media Prabowo Subianto, Kamis (11/4/2024).

Prabowo dan Didit datang mengenakan baju seragam koko berwarna putih. Begitu pun Jokowi yang mengenakan warna senada.

Selain Jokowi, tampak pula istrinya, Iriana Jokowi dan putra bungsu, Kaesang Pangarep bersama sang istri, Erina Gudono.

Melihat dari video yang dibagikan, tampak Jokowi dan Prabowo berbicara sangat akrab. Begitu pun Didit dan Kaesang yang diajak selfie oleh Erina.

3 dari 3 halaman

Kata Sekjen PDIP soal Kabar Pertemuan Megawati dengan Jokowi

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto secara satire mengatakan, belum ada jadwal kunjungan Jokowi ke rumah Megawati.

"Ya ini kan bisa dilihat di sana, itu kan 'tidak ada open house'," kata Hasto di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024).

Hasto pun enggan menanggapi lebih lanjut soal pertemuan Megawati dengan Jokowi. Dia mengatakan bahwa acara silaturahmi di kediaman Megawati hanya untuk sahabat-sahabat dan orang dekatnya.

"Jadi dihadiri oleh sahabat-sahabat Ibu yang datang. Yang juga menunjukkan suatu komitmen bagi Indonesia, bukan bagi keluarga, hehehe. Terima kasih ya," ucap Hasto.

<p>Infografis Panas Dingin Hubungan Jokowi - Megawati. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri