Sukses

Jokowi Belanjakan 43 Anak Yatim Baju Lebaran hingga Makanan Ringan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak 43 anak yatim berbelanja di Plaza Atrium, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak 43 anak yatim berbelanja di Plaza Atrium, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2024). Jokowi mempersilakan anak-anak tersebut membeli baju untuk Lebaran hingga makanan ringan.

"Ini nganter anak-anak yatim untuk belanja-belanja apa ini baju Lebaran sama beli makanan-makanan kecil. Biar besok bisa untuk Lebaran," kata Jokowi di Plaza Atrium, Selasa.

Anak-anak yatim tersebut berasal dari Panti Asuhan Muslimin Kramat Jati Jakarta dan Panti Asuhan Aisyiah Menteng untuk membeli baju lebaran. Mereka memilih sendiri baju baru di sebuah toko yang ada di pusat perbelanjaan tersebut.

Jokowi sengaja mengajak anak-anak yatim untuk berbelanja baju baru untuk Lebaran. Hal ini agar mereka juga dapat merasakan Lebaran seperti anak-anak lainnya.

"(Ada) 43 (anak). Milih sendiri-sendiri anak-anak, biar juga berlebaran berhari raya," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana akan melaksanakan sholat Idul Fitri 2024 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Wapres Ma'ruf Amin para pejabat negara, hingga duta besar negara sahabat juga akan menunaikan sholat Idul Fitri di lokasi yang sama

"Rencananya Bapak Presiden dan Ibu, begitu juga Wapres dan Ibu, serta para pejabat, dan duta besar akan sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal," kata Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/4/2024).

Dia mengatakan protokoler Istana telah melakukan sejumlah persiapan agar pelaksanaan sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dapat berjalan aman, nyaman, dan khusyuk. Yusuf juga memastikan pengisi imam sholat hingga pengisi ceramah untuk sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal sudah disiapkan.

"(Imam) sudah ada. Ceramah, khatib, isi khotbah semuanya sudah ada," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Gelar Open House

Menurut dia, beberapa menteri kabinet dan ketua lembaga negara juga direncanakan sholat Idul Fitri bersama Jokowi-Ma'ruf di Masjid Istiqlal. Terlebih, ini momen Lebaran terakhir Jokowi sebagai presiden.

"Karena ini sepertinya semua akan kangen kembali untuk sholat Idul Fitri berjamaah pasca pandemi ini semua sudah berjalan normal. Banyangan kami nanti para pejabat juga akan hadir banyak di Istiqlal," jelas Yusuf.

Usai sholat Idul Fitri, Jokowi akan menggelar open house di Istana Negara Jakarta. Nantinya, pejabat negara dan masyarakat umum dapat hadir langsung untuk bersilaturahmi dengan Jokowi di momen Lebaran 2024.

"Waktu open house dimulai sejak pukul 09.00 pintu akan dibuka, beliau siap terima kedatangan pukul 09.00," tutur Yusuf.

Kendati begitu, dia menyampaikan waktu open house Jokowi akan dibatasi sebelum sore hari. Yusuf pun menyarankan masyarakat untuk datang lebih awal ke Istana Kepresidenan Jakarta.

"Waktunya tidak sampai sore karena kita ada keterbatasan, sehingga mohon maaf apabila masyarakat yang hadir nanti tidak bisa semua masuk ke dalam, karena waktu tidak terlalu lama. Kami menyarankan bagi yang ingin hadir tentu saja lebih awal lebih baik," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini