Sukses

One Way Arus Mudik Berakhir Siang Ini, Lalu Lintas Tol Trans Jawa Akan Kembali Normal

Kebijakan rekayasa lalu lintas one way arus mudik di Tol Trans Jawa mulai KM 72 Gerbang Tol Cipali hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung akan berakhir pada Selasa pukul 12.00 WIB. Selanjutnya, arus lalu lintas di seluruh ruas Tol Trans Jawa kembali normal dua arah.

Liputan6.com, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menghentikan rekayasa lalu lintas berupa one way arus mudik lebaran di ruas Tol Trans Jawa mulai dari KM 72 Gerbang Tol Cipali hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

One way arus mudik lebaran akan berakhir pada Selasa (9/4/2024) pukul 12.00 WIB siang ini. Informasi penghentian kebijakan one way arus mudik disampaikan melalui akun resmi NTMC Korlantas Polri.

"One way dari KM 72 Gerbang Tol Cipali hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung dihentikan," tulis akun media sosial NTMC Korlantass Polri, seperti dikutip Selasa.

Dijelaskan pula, aparat kepolisian akan melakukan pembersihan jalur one way pada pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Kemudian pada pukul 12.00 WIB, arus lalu lintas di Tol Trans Jawa bakal kembali normal. Artinya arus lalu lintas di KM 72 Tol Cipali sampai KM 414 GT Kalikangkung kembali menjadi dua arah.

One Way Diperpanjang Sampai Selasa Siang

Sebelumnya diberitakan, skema rekayasa lalu lintas satu arah alias one way dari Km 72 Jalan Tol Cipali sampai dengan Km 414 gerbang tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang resmi diperpanjang hingga Selasa (9/4/2024) pukul 12.00 WIB.

Kebijakan ini diambil oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku pengelola tol atas diskresi Kepolisian, setelah sebelumnya skema one way tol ini dijadwalkan selesai Senin (8/4/2024) pukul 24.00 WIB dini hari.

Menurut laporan Jasa Marga, Selasa (9/4/2024), skenario lalu lintas di arus mudik Lebaran 2024 ini dilakukan dengan mengacu pada data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat dari arah Jakarta menuju ke Semarang, pantauan visual CCTV, laporan petugas Kepolisian di lapangan, serta prediksi peningkatan lalu lintas yang masih akan berlanjut hingga pagi hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jasa Marga Tutup Contraflow Tol Jakarta-Cikampek

Selain itu, atas diskresi Kepolisian dan berdasarkan kondisi lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang berangsur normal kembali, Jasa Marga juga telah menutup rekayasa lalu lintas lawan arah (contraflow) Km 47-Km 70 arah Cikampek ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak Senin (8/4/2024) Pukul 13.26 WIB.

"Rekayasa lalu lintas bersifat situasional sesuai diskresi Kepolisian. Bagi pengguna jalan diimbau untuk selalu berhati-hati di jalan dan mematuhi arahan petugas di lapangan," ujar Marketing and Communication Department Head Jasa Marga, Faiza Riani.

 

3 dari 3 halaman

Penerapan One Way Arus Mudik

Langkah ini bukan yang pertama kali, setelah sebelumnya Jasa Marga juga sempat memperpanjang penerapan one way dari Km 72 Jalan Tol Cipali hingga Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang Semarang pada Senin (8/4/2024) kemarin.

Adapun berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB), rekayasa lalu lintas itu semustinya dijadwalkan selesai pada Minggu (7/4/2024) pukul 24.00 WIB.

Sejumlah rekayasa lalu lintas di jalan tol pun dilakukan pada Senin (8/4/2024) kemarin, guna mengurai kepadatan arus mudik Lebaran. Mulai dari pemberlakuan sistem contraflow dua lajur di Km 47-70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.

Kemudian, one way dari Km 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan K. 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang, dan one way lokal yang dimulai di Km 428 Jatingaleh Jalan Tol Semarang Seksi ABC hingga Km 442 GT Bawen Jalan Tol Semarang-Solo.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini