Sukses

Sejarah Hari Teater Sedunia 27 Maret, Simak Sejarah hingga Cara Merayakannya

Tepat pada hari ini, Rabu (27/3/2024) diperingati sebagai Hari Teater Sedunia atau World Theatre Day. Ya, peringatan Hari Teater Sedunia ini memang jatuh setiap tahunnya pada 27 Maret.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada hari ini, Rabu (27/3/2024) diperingati sebagai Hari Teater Sedunia atau World Theatre Day. Ya, peringatan Hari Teater Sedunia ini memang jatuh setiap tahunnya pada 27 Maret.

Sejak beribu tahun lalu, teater memang merupakan bagian budaya yang unik, menarik, dan tentunya telah berkembang seiring berjalannya waktu.

Kata 'Teater' sendiri berasal dari kata Yunani kuno yang berarti 'tempat untuk melihat' dan definisi itu masih bermakna hingga saat ini.

Bahkan, setelah berabad-abad berlalu, teater terus digunakan sebagai cara tidak hanya untuk bercerita dan melihat sesuatu, namun juga untuk memberikan dampak pada budaya dan masyarakat secara luas.

Baik itu menulis dan menyutradarai, memproduksi dan berakting, menciptakan kostum indah atau melakukan pencahayaan dan desain adegan, teater adalah media seni yang membutuhkan keterlibatan berbagai seniman berbakat dalam berbagai cara.

Dan Hari Teater Sedunia setiap tahunnya pada 27 Maret hadir untuk menunjukkan apresiasi kepada mereka yang telah memberikan waktu dan bakatnya untuk membuat pertunjukan ini terus berjalan.

Lantas, bagaimanakah sebenarnya sejarah dari Hari Teater Sedunia 27 Maret? Melansir laman www.daysoftheyear.com, Hari Teater Sedunia diprakarsai pada tahun 1962 sulam oleh The International Theatre Institute (ITI) atau Institut Teater Internasional (ITI).

Tujuannya sebagai hari untuk menghormati dan merayakan keindahan, kreativitas, kerja keras, serta seni yang terkandung dalam semua aspek produksi teater.

Dan hal ini dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat akan kekuatan besar yang dapat dihasilkan oleh teater, baik jika dirayakan secara lokal maupun global.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terus Dilakukan Setiap Tahunnya

Saat ini, Hari Teater Sedunia terus disponsori oleh ITI yang merupakan Organisasi Seni Pertunjukan Dunia. Dan hari tersebut juga di bawah naungan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada tahun 2022, Hari Teater Sedunia merayakan hari jadinya yang ke-60 dengan perayaan online di seluruh dunia. Direktur Opera, Teater dan Festival, Peter Sellers menjadi pembawa acara dan menyampaikan pesan tahunan.

Selain itu, perayaan tersebut juga mencakup platform ekspresi teatrikal yang menampilkan pertunjukan dari 37 seniman pendatang baru yang berasal dari berbagai negara di seluruh dunia. Pertunjukan ini direkam dan disiarkan di situs ITI sehingga dapat disaksikan dari mana saja di dunia.

Hari Teater Sedunia terus menjadi waktu yang penting untuk dirayakan setiap tahunnya bagi mereka yang mendukung dan mencintai teater. Para pengunjung teater lokal, perancang kostum, musisi, penulis naskah, perancang latar, aktor dan banyak lainnya akan dengan senang hati meningkatkan kesadaran untuk memperingati hari yang sangat penting bagi seni ini.

 

3 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Teater Sedunia

Lantas, bagaimanakah cara merayakan Hari Teater Sedunia? Kamu bisa bersenang-senang menikmati Hari Teater Sedunia dengan berbagai cara, di antaranya:

- Mengunjungi Teater Lokal

Hari Teater Sedunia menghadirkan kesempatan luar biasa untuk menikmati dan merayakannya dengan menonton pertunjukan, atau bahkan beberapa pertunjukan, baik pertunjukan berlangsung pada hari itu atau dalam waktu dekat.

Cara terbaik untuk merayakannya adalah dengan memesan tiket untuk pertunjukan langsung ke lokasi. Tidak peduli apakah itu komedi, tragedi, musikal, drama, atau bahkan opera, menyaksikan pertunjukan teater secara langsung adalah cara terbaik untuk memberi penghormatan.

Mendukung seni secara lokal adalah cara yang baik untuk merayakan dan meningkatkan kesadaran pada hari tersebut. Ini mungkin sebuah drama yang dipentaskan oleh sekolah dasar atau sekolah menengah atas, atau mungkin teater komunitas.

- Terlibat dengan Teater Lokal

Kebutuhan akan orang-orang berbakat untuk menjadi sukarelawan adalah bagian penting dalam pertunjukan teater komunitas lokal. Mereka yang merupakan artis mungkin tertarik untuk mencoba peran utama atau sekadar peran pendukung.

Para musisi mungkin ingin mencoba menjadi bagian dari orkestra atau ansambel band untuk pertunjukan musik. Desainer grafis bahkan mungkin diperlukan untuk merancang item pemasaran.

Dan mereka yang tidak merasa artistik dalam hal itu tidak perlu ketinggalan. staf administratif dapat bekerja dengan kru periklanan atau tim penjualan tiket untuk memastikan box office berjalan semulus mungkin.

Setiap orang diperlukan untuk menampilkan pertunjukan yang hebat, dan Hari Teater Sedunia adalah waktu yang tepat untuk terlibat.

 

4 dari 4 halaman

Cara Selanjutnya

- Tangkap Pesan Hari Teater Sedunia

Setiap tahun merupakan tradisi bagi Institut Teater Internasional (ITI) untuk memberikan pesan yang membawa salam dan semangat bagi mereka yang terlibat atau sekadar mengapresiasi teater dalam berbagai bentuknya. Tema yang diusung pada Hari Teater Sedunia adalah sama setiap tahunnya adalah Teater dan Budaya Damai.

Pesan-pesan ini biasanya diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa sehingga orang-orang dari berbagai negara dan budaya di seluruh dunia dapat mendengar, memahami, dan menikmatinya.

Saat ini, akses terhadap pesan-pesan tahunan ini menjadi lebih mudah karena pesan-pesan tersebut direkam dan ditempatkan secara online di situs web Hari Teater Sedunia.

- Meningkatkan Kesadaran Tentang Hari Teater Sedunia

Salah satu bagian penting dalam menjaga teater tetap hidup adalah dengan berbagi dengan teman dan anggota keluarga tentang pentingnya teater di dunia saat ini. Pelajari beberapa faktor mengapa teater langsung sangat penting di era digital dan mungkin kamu bisa menceritakannya ke orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.