Sukses

Longsor Timbun Rumah di Sentul Bogor, 1 Orang Masih Pencarian

Sebuah rumah tertimbun longsor di Kampung Babakan Rawa Haur, Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Minggu (24/3/2024) malam.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah rumah tertimbun longsor di Kampung Babakan Rawa Haur, Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Minggu (24/3/2024) malam.

Satu warga ditemukan dalam kondisi luka-luka dan satu orang lainnya masih dalam pencarian.

Korban luka atas nama Ajil (42) dan satu korban yang dinyatakan hilang bernama Anah (70).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani mengatakan tebing setinggi kurang lebih 25 meter longsor sekitar pukul 19.30 WIB dan menimpa satu unit rumah di wilayah Sentul. Longsor disebabkan hujan deras dengan durasi cukup lama.

"Satu orang sudah ditemukan, kondisinya luka sedang. Dan sampai pukul 11.45 WIB, satu korban lainnya masih dalam proses pencarian," ujar Adam, Senin (25/3/2024).

Adam menambahkan, warga terdampak longsor saat ini telah dievakuasi ke tempat aman. Ada tiga kepala keluarga terdiri 12 jiwa diungsikan.

"Karena berpotensi longsor susulan dan rumah di dekat lokasi kejadian juga sangat membahayakan, jadi mereka kami ungsikan," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Longsor Terjadi Juga di Sempur Bogor

Longsor juga terjadi di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/3/2024) malam. Dua orang tertimbun longsor di Kampung Lebak Kantin, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah.

Satu korban atas nama Titin Sudaryatin (60) ditemukan meninggal dunia akibat tertimbun material bangunan rumah. Sementara satu korban lainnya atas nama Sudarjatin masih hilang.

"Jasad Ibu Titin sudah dievakuasi ke RSUD Kota Bogor," ujar Lurah Sempur Andri Yunizar, Senin (25/3/2024).

Hingga pukul 01.00 WIB, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap korban Sudarjatin. Namun, tim sudah mendeteksi titik lokasi korban tertimbun.

"Tapi tubuh korban sudah terdeteksi, sedang proses evakuasi," ucap Andri.

Andri mengatakan longsor di pemukiman padat penduduk terjadi pada Minggu (24/3/2024) sekitar pukul 21.15 WIB, saat wilayah ini diguyur hujan deras.

Empat rumah roboh terbawa longsoran dan dua unit rumah yang ada di bawahnya rusak parah tertimpa longsoran.

"Rumah dalam keadaan rusak atau terdampak milik Ujang ketua RT02/07 dan rumah milik Yadi," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Sudah Diprediksi Hujan

Langit wilayah DKI Jakarta pagi hari ini, Minggu (24/3/2024), diprediksi cenderung berawan, kecuali Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu yang diperkirakan turun hujan. Demikian prakiraan cuaca hari ini untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, hujan dengan intensitas ringan tetap mengguyur wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hari. Sementara wilayah Jakarta lainnya tetap berawan.

Sementara wilayah penyangga Jakarta, yakni Bekasi, Depok, dan Bogor Jawa Barat juga diprediksi akan turun hujan ringan pada siang dan malam nanti. Sementara pada pagi harinya, ketiga wilayah tersebut diprediksi berawan.

"Waspada potensi terjadinya hujan disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal antara siang hingga malam di sebagian wilayah Kab Karawan, Kab Bekasi, Kab dan Kota Bogor, Kab Cianjur, Kab dan Kota Sukabumi," demikian peringatan dini dikutip dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id.

Sementara di Kota Tangerang, Banten, cuaca berawan diperkirakan akan terjadi sepanjang hari ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.