Sukses

6 Pernyataan Prabowo Subianto Usai Diumumkan KPU Jadi Pemenang Pilpres 2024

Usai diumumkan KPU menjadi pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakannya hak pilihnya di Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menyelesaikan dan mengumumkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 pada Rabu 20 Maret 2024.

Hasilnya, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pemenang Pilpres 2024 dengan perolehan suara 96.214.691 suara.

Kemudian pasangan Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar mendapatkan 40.971.906 suara, sementara pasangan Ganjar Prabowo-Muhammad Mahfud Md mendapatkan 27.040.878 suara.

Usai diumumkan KPU menjadi pemenang Pilpres 2024, Prabowo pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakannya hak pilihnya di Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

"Dalam hal ini saya atas nama pribadi dan atas nama pasangan calon presiden dan wakil presiden 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dan juga atas mama Koalisi Indonesia Maju yang telah mengusung kami, ingin menyimpaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakan hak pilihnya pada tahun 2024," kata Prabowo saat jumpa pers di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu 20 Maret 2024.

Dia mengatakan, Pemilu 2024 yang digelar Indonesia diakui oleh dunia. Prabowo menyebut, dirinya telah menerima ucapan selamat atas kemenangan Pilpres 2024 dari sejumlah kepala negara, kepala pemerintahan, dan duta besar negara sahabat.

Tak hanya itu, Prabowo juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengatakan, Jokowi telah merangkulnya sampai kini ia bisa terpilih sebagai Presiden RI.

"Saya ingin juga menyampaikan terima kasih saya dan penghargaan saya yang sebesar-besarnya kepada Presiden RI Pak Joko Widodo, dengan kenegarawanan beliau telah memberi contoh rekonsiliasi besar, lawan beliau sekian tahun, sepuluh tahun ya," ucap Prabowo.

Berikut sederet pernyataan Prabowo Subianto usai KPU umumkan menjadi pemenang Pilpres 2024 bersama pasangannya Gibran Rakabuming Raka dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Teriak Merdeka dan Takbir Usai Diumumkan Menang Pilpres 2024

Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah memilihnya di pemilihan presiden 2024. Usai menyampaikan pernyataannya, Prabowo mengucapkan kata merdeka dan memekikkan takbir.

Hal itu diucapkan Prabowo saat menggelar konferensi pers usai KPU mengumumkan hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024. Prabowo lebih dulu berteriak merdeka di hadapan pendukungnya di kediaman Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu malam 20 Maret 2024.

"Terima kasih. Merdeka! Merdeka! Merdeka! Terima kasih," ucap Prabowo.

Menteri Pertahanan (Menhan) itu kemudian memekik takbir sambil mengepalkan tangannya. Pekikan takbir Prabowo diikuti para pendukungnya.

"Karena ini adalah bukan suci ramadhan, izinkanlah kami untuk, untuk takbir. Allahu akbar! Allahu akbar!! Allahu akbar!!," ucapnya.

"Terima kasih yang berpuasa, semoga melaksanakan ibadahnya dengan sebaik-baiknya," sambung Prabowo.

 

3 dari 7 halaman

2. Ucapkan Terima Kasih kepada Rakyat Indonesia

Lalu, Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdananya usai dinyatakan sebagai pemenang Pilpres 2024.

Prabowo menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah memberikan mandat kepadanya dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden RI.

"Saya atas nama pribadi dan atas nama pasangan capres-cawapres 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dan juga atas nama koalisi Indonesia Maju yang telah mengusung kami, ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024," kata Prabowo saat konferensi pers di kediamannya di Jalan Kertanegara Jakarta Selatan, Rabu 20 Maret 2024.

 

4 dari 7 halaman

3. Sebut Pemilu 2024 di Indonesia Telah Diakui Dunia

Kemudian, Prabowo mengatakan bahwa Pemilu 2024 yang digelar Indonesia diakui oleh dunia. Prabowo menyebut dirinya telah menerima ucapan selamat atas kemenangan Pilpres 2024 dari sejumlah kepala negara, kepala pemerintahan, dan duta besar negara sahabat.

"Mereka yang memantau jalannya Pemilu kita, menyatakan sangat terkesan atas lancarnya Pemilu kita, atas tertibnya dan atas ketenangan, kesejukan, dan suasana gembira yang dirasakan terjadi pada hari pemilu tersebut tanggal 14 Februari lalu," ujar Prabowo.

 

5 dari 7 halaman

4. Sampaikan Terima Kasih kepada Penyelenggara Pemilu

Prabowo juga menyampaikan terima kasih kepada para penyelenggara Pemilu, para ketua umum partai koalisi, tokoh masyarakat, dam relawan yang mendukungnya.

Selain itu, dia berterima kasih kepada TNI-Polri yang telah mengawal pelaksanaan Pemilu 2024.

"Juga penghargaan, terima kasih kepada seluruh jajaran TNI-Polri dan seluruh unsur pendukung pelaksanaan Pemilu yang membuat Pemilu berjalan lancar, aman, tertib, dalam keadaan sejuk," tutur Prabowo.

 

6 dari 7 halaman

5. Berterima Kasih ke Jokowi Usai Menang Pilpres 2024

Tak lupa, Prabowo Subianto menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah dirinya ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai pemenang Pilpres 2024.

Prabowo menyebut, Jokowi memiliki peran besar sehingga dirinya bisa terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Padahal, kata Prabowo, dirinya dan Jokowi pernah menjadi lawan dalam dua kontestasi Pilpres, yakni pada 2014 dan 2019. Dia pun memuji sikap kenegarawanan Jokowi yang mau merangkul lawan politiknya.

"Beliau rangkul dan bahkan beliau yang juga sangat besar mendorong saya sehingga hari ini saya menerima mandat dari rakyat. Karena itu, saya harus menyampaikan penghargaan saya yang sebesar-besarnya kepada beliau," kata Prabowo.

"Terima kasih saya dan penghargaan saya yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia, Pak Joko Widodo," sambungnya.

Dia mengaku akan melanjutkan program-program yang telah dibangun Jokowi selama sepuluh tahun pemerintahannya, khususnya di sektor ekonomi. Prabowo menuturkan, dirinya akan bekerja lebih cepat agar program-program pemerintahan dapat segera dirasakan masyarakat.

"Landasan yang kuat yang telah beliau bangun khususnya di bidang ekonomi akan kita gunakan untuk kita bekerja lebih cepat, bekerja lebih keras, bekerja untuk membawa hasil secepat-cepatnya kepada rakyat Indonesia," tutur Prabowo.

 

7 dari 7 halaman

6. Sebut Bagi yang Tak Memilih, Berikanlah Kesempatan

Kemudian, Prabowo Subianto berjanji, dia dan Gibran Rakabuming Raka akan menjadi presiden-wakil presiden bagi semua masyarakat Indonesia.

Prabowo pun meminta masyarakat yang tak memilihnya untuk memberi kesempatan untuk membuktikan kerjanya ke depan.

"Bagi mereka yang tidak memilih kami, berilah kesempatan ke kami, kami akan buktikan. Kami akan jadi presiden wakil presiden, dan pemerintah yang akan bekerja sekeras-kerasnya untuk seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan, Pemilu 2024 telah selesai. Dia pun mengajak masyarakat Indonesia untuk kembali bergandengan tangan dan bersatu untuk menghadapi tantangan dunia ke depan yang sangat kompleks.

"Kita harus rukun, bekerja sama untuk membawa Indonesia menuju kemakmuran dan keadilan," ujar dia.

Dia ingin semua masyarakat Indonesia bersatu untuk menyelesaikan masalah-masalah bangsa. Mulai dari, kemiskinan, kelaparaan, dan sejumlah penderitaan rakyat lainnya.

"Itu adalah cita cita perjuangan koalisi Indonesia maju, kira harus kembali memperkuat semangat kebangsaan, dan kebersamaan," tutur Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.