Sukses

7 Fakta Terkait Pesta Mewah Jelang Pernikahan Anak Crazy Rich Asia Mukesh Ambani yang Undang Rihanna

Anant Ambani, anak bungsu dari keluarga Ambani yang merupakan orang terkaya di India sedang bersiap untuk menikahi Radhika Merchant. Namun, sebelum hari besar tersebut, ada perayaan selama tiga hari di Jamnagar yang turut mengundang penyanyi dunia Rihanna.

Liputan6.com, Jakarta - Anant Ambani, anak bungsu dari keluarga Ambani yang merupakan orang terkaya di India sedang bersiap untuk menikahi Radhika Merchant. Namun, sebelum hari besar tersebut, keluarga Ambani mengadakan perayaan selama tiga hari di Jamnagar.

Bill Gates dan Ivanka Trump merupakan tamu undangan yang hadir di pesta pra-pernikahan putra Mukesh Ambani tersebut, melansir The Guardian, Jumat 1 Februari 2024.

Untuk diketahui bagi salah satu keluarga terkaya di India, pernikahan bukan sekadar pernikahan. Pada 2018 lalu, Mukesh Ambani pernah mengadakan pernikahan termahal untuk putrinya, Isha, di negara itu.

Bahkan, penyanyi Beyoncé tampil di antara para tamu yang menghadiri resepsi di Danau Como, Italia, dengan biaya yang dilaporkan hampir 100 juta dolar AS atau setara Rp1,5 triliun.

Tetapi, tak mau kalah, Ambani sebagai sosok terkaya akan mengadakan pesta yang lebih mewah di pernikahan putra bungsunya, Anant Ambani yang berusia 28 tahun. Anant yang lahir pada 10 April 1995, juga terlibat dalam bisnis keluarga dan sangat tertarik pada kesejahteraan hewan.

Perayaan pernikahan akan dimulai pada tanggal 1 Maret di pesta tiga hari yang diadakan di taman seluas 3.000 hektar, yang terletak di lahan kilang minyak di Jamnagar, di negara bagian Gujarat, asal Ambani. Dilaporkan bahwa Rihanna telah dipesan sebagai pemain bintang.

Anant Ambani, putra dari Mukesh Ambani tersebut, akan menikahi teman masa kecil yang kini jadi kekasihnya, Radhika Merchant pada 12 Juli 2024. Dan upacara pranikah mewah digelar tepatnya pada 1 hingga 3 Maret 2024.

"Dengan restu dari Smt Kokilaben dan Shri Dhirubhai Ambani, Smt. Purnimaben dan Shri Ravindrabhai Dalal, dengan senang hati kami mengundang Anda ke perayaan pranikah anak-anak kami Anant dan Radhika," begitu bunyi undangannya, dikutip dari NDTV, Jumat 1 Maret 2024.

Mengutip dari laman Variety, Sabtu 2 Maret 2024, Rihanna terlihat bernyanyi sambil menampilkan tarian yang dikoreografikan oleh Parris Goebel, saat dia menyanyikan "Work," "Wild Thoughts", "Birthday Cake", "Pour It Up" dan "Pose" dalam urutan sama yang dia lakukan saat tampil di Super Bowl tahun lalu.

Berikut sederet fakta terkait anak dari Crazy Rich Asia Mukesh Ambani yang mengundang penyanyi Rihanna saat pesta mewah sebelum pernikahan dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Bukan Pertama Kali Undang Penyanyi Dunia, Profil Singkat Mukesh Ambani

Anant Ambani, anak bungsu dari keluarga Ambani yang merupakan orang terkaya di India sedang bersiap untuk menikahi Radhika Merchant. Sebelum hari besar tersebut, keluarga Ambani mengadakan perayaan selama tiga hari di Jamnagar.

Mengutip dari laman The Guardian, Jumat 1 Maret 2024, Bill Gates dan Ivanka Trump merupakan tamu undangan yang hadir di pesta pra-pernikahan putra Mukesh Ambani tersebut. Untuk diketahui bagi salah satu keluarga terkaya di India, pernikahan bukan sekadar pernikahan.

Pada tahun 2018 lalu, Mukesh Ambani pernah mengadakan pernikahan termahal untuk putrinya, Isha, di negara itu. Bahkan penyanyi Beyoncé tampil di antara para tamu yang menghadiri resepsi di Danau Como Italia, dengan biaya yang dilaporkan hampir 100 juta dolar AS atau setara Rp1,5 triliun.

Pernikahan itu digambarkan oleh beberapa orang sebagai pertemuan puncak mini di Davos. Mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton dan John Kerry termasuk di antara mereka yang berdansa dengan bintang Bollywood saat itu.

Namun tak mau kalah, Ambani sebagai sosok terkaya akan mengadakan pesta yang lebih mewah di pernikahan putra bungsunya, Anant Ambani yang berusia 28 tahun. Anant yang lahir pada 10 April 1995, juga terlibat dalam bisnis keluarga dan sangat tertarik pada kesejahteraan hewan.

Perayaan pra-pernikahan mencerminkan kecintaannya terhadap hewan, dengan acara bertema yang menyoroti konservasi satwa liar. Surat kabar di seluruh India menyoroti secara detail rincian perayaan pernikahan.

Perayaan pernikahan akan dimulai pada tanggal 1 Maret di pesta tiga hari yang diadakan di taman seluas 3.000 hektar, yang terletak di lahan kilang minyak di Jamnagar, di negara bagian Gujarat, asal Ambani.

Sementara itu, Mukesh Ambani disorot karena dirinya menjadi orang terkaya di India. Ia dinobatkan sebagai orang terkaya di India per Oktober 2023.

Melansir Forbes, Mukesh Ambani ditetapkan sebagai orang terkaya di India dengan total kekayaan mencapai 91,4 miliar dollar AS dan jika dirupiahkan kekayaan Mukesh sekitar Rp1.435.254.200.000.000.

Dalam profil Mukesh Ambani yang dikutip dari sejumlah media, ia terlahir dengan nama Mukesh Dhirubhai Ambani pada tanggal 19 April 1957, di Aden (kini Yaman) dari orang tua bernama Dhirubhai Ambani dan Kokilaben Ambani. Mukesh Ambani memiliki seorang adik laki-laki, Anil Ambani, dan dua saudara perempuan, Nina Bhadrashyam Kothari dan Dipti Dattaraj Salgaocar.

Melansir dari Jagran Josh, Mukesh Ambani menghabiskan setahun di Yaman, dan pada tahun 1958 sang ayah Dhirubhai Ambani pindah kembali ke India untuk memulai bisnis perdagangan rempah-rempah dan tekstil. Sampai tahun 1970-an, Mukesh Ambani tinggal di apartemen dua kamar tidur di Bhuleshwar, Mumbai.

Usai beberapa tahun, ketika kondisi keuangan keluarga membaik, ayah Mukesh Ambani membeli sebuah gedung apartemen 14 lantai yang disebut 'Sea Wind' di Colaba.

Tahun 2023, miliarder dengan kekayaan bersih sekitar 91,2 miliardolar atau sekitar Rp 1,4 kuadriliun per Agustus 2023, Mukesh Ambani bukan hanya orang terkaya di Asia, namun juga menempati peringkat ke-12 sebagai individu terkaya di dunia.

 

3 dari 8 halaman

2. Kali Ini Undang Rihanna, Acara Juga Dihadiri Bill Gates hingga Ivanka Trump dan Lainnya

Dan kali ini, dilaporkan bahwa Rihanna telah dipesan sebagai pemain bintang. Rihanna tampil bersama dengan ilusionis David Blaine. Sementara daftar tamu mencakup semua orang, mulai dari miliarder India hingga selebriti Bollywood dengan Bill Gates, Mark Zuckerberg dan Ivanka Trump.

Selain penyanyi Rihanna, pesulap Amerika Serikat David Blaine akan tampil dan juga akan ada upacara tradisional di komplek kuil.

Sementara itu, pesta pranikah Anant Ambani juga dihadiri oleh miliarder Bill Gates. Mengutip India Times, pendiri Microsoft ini menjadi berita utama karena berkolaborasi dengan Dolly Chaiwala, seorang penjual teh. Gates unggah video bersamanya menanyakan chai-nya yang terkenal.

Selain itu, CEO Meta Mark Zuckerberg bersama sang istri Priscilla Chan juga tiba. Ia sedang tur Asia dan memulai perjalanannya di Jepang dan Korea Selatan.

Selain itu, menurut sumber, acara pesta pranikah putra Mukesh Ambani juga akan dihadiri miliarder India Gautam Adani dan Kumar Mangalam Birla, serta bintang Bollywood antara lain Amitabh Bachchan, Shak Rukh Khan dan Salman Khan.

Ikon kriket Sachin Tendulkar dan M.S Dhoni juga diundang ke acara tersebut. Selain itu, Ivanka Trump, pendiri BlackRock Larry Fink CEO Alphabet Sundar Pichai juga akan hadir.

CEO Walt Disney Bob Iger, Chairman Saudi Aramco Yasir Al Rumayyan, COO Meta Javier Olivan, dan CEO Adobe Shantanu Narayen, mantan CEO 21st Century Fox James Murdoch juga diundang.

Tamu lainnya yakni mantan perdana menteri Swedia Carl Bildt dan mantan perdana menteri Kanada Stephen Harper dan Raja Bhutan.

Adapun Anant adalah direktur bisnis energi baru Reliance dan salah satu dari tiga anak Ambani yang merupakan pewaris kerajaannya. Sedangkan Merchant adalah direktur di Encore Healthcare India.

Sementara itu, tamu pernikahan Anant Ambani akan menikmati 500 hidangan yang dibuat sekitar 100 koki. Para tamu akan dimanjakan oleh penata rambut, penata rias, dan penata pakaian India tetapi hanya berdasarkan siapa cepat dia dapat, menurut dokumen yang dilihat Reuters.

Tamu akan mengunjungi pusat penyelamatan yang menurut Reliance merupakan rumah bagi lebih dari 2.000 hewan dan memiliki salah satu rumah sakit gajah terbesar di dunia. Kode berpakaiannya adalah demam hutan dan tamu disarankan mengenakan pakaian bermotif binatang dan kemeja Hawaii.

Penerbangan yang disewakan pulang pergi dari New Delhi dan Mumbai juga ditawarkan. Akan tetapi, para tamu diminta membatasi diri hanya pada dua tas bawaan atau tiga koper per pasangan. “Jika Anda membawa lebih banyak tidak ada jaminan barang tersebut akan tiba pada penerbangan yang sama,"

 

4 dari 8 halaman

3. Anak Mukesh Ambani Menikahi Keluarga Konglomerat

Apalagi Anant Ambani menikahi Radhika Merchant (29). Dia adalah putri dari keluarga bisnis terkenal yang menjalankan Encore Healthcare, sebuah perusahaan farmasi besar India. Merchant, yang merupakan seorang penari tradisional India terlatih, kini duduk di dewan Encore.

Mengutip dari laman The Economic, menurut daftar Orang Terkaya versi Forbes, Ambani, ketua konglomerat Reliance Industries menangani segala hal mulai dari energi hingga tekstil dan telekomunikasi, adalah orang terkaya di Asia, dengan kekayaan 112 miliar dolar AS.

Antilla, gedung bertingkat 27 milik Ambani di Mumbai, menarik perhatian global ketika dibangun, dan dilaporkan menelan biaya lebih dari 1 miliar dolar AS. Properti ini terdaftar oleh Forbes sebagai properti termahal di dunia.

Meskipun detail lengkap mengenai pernikahan tersebut, yang diperkirakan akan diadakan pada bulan Juli, belum dipublikasikan, pesta pra-pernikahan yang berlangsung selama tiga hari di bulan Maret tampaknya akan menjadi acara yang mewah dan bertabur para bintang.

 

5 dari 8 halaman

4. Profil Radhika Merchant, Calon Menantu Crazy Rich Asians Mukesh Ambani

Anant Ambani, putra Crazy Rich Asia, sekaligus orang terkaya di India, Mukesh Ambani, akan menikahi teman masa kecil yang kini jadi kekasihnya, Radhika Merchant, pada 12 Juli 2024. Namun sebelumnya, mereka terjadwal menggelar upacara pranikah mewah pada 1 hingga 3 Maret 2024.

"Dengan restu dari Smt Kokilaben dan Shri Dhirubhai Ambani, Smt. Purnimaben dan Shri Ravindrabhai Dalal, dengan senang hati kami mengundang Anda ke perayaan pranikah anak-anak kami Anant dan Radhika," begitu bunyi undangannya, dikutip dari NDTV, Jumat 1 Maret 2024.

Dalam profilnya, Radhika Merchant tercatat lahir di Mumbai, 18 Desember 1994. Ia adalah putri dari Viren Merchant, CEO Encore Healthcare, sebuah perusahaan farmasi terkemuka di negara itu. Sementara, ibunya adalah Shaila Merchant.

Radhika sekolah di The Cathedral and John Connon School di Mumbai, lalu Ecole Mondiale World School, dan menyelesaikan diploma International Baccalaureate di BD Somani International School. Ia kemudian mengambil jurusan politik dan ekonomi di New York University, dan lulus pada 2017.

Ia memulai perjalanan profesionalnya dengan magang di perusahaan konsultan Desai & Diwanji. Radhika kemudian bergabung dengan Isprava, sebuah perusahaan real estat yang berbasis di Mumbai, sebagai manajer penjualan junior. Ia saat ini menjabat sebagai direktur di Encore Healthcare.

Terlepas dari itu, calon istri Anant Ambani ini dikenal sebagai seorang penari Bharatanatyam yang terampil, ditandai dengan dedikasi dan pelatihan bertahun-tahun di bawah bimbingan Guru Bhavana Thakar dari akademi tari Shree Nibha Arts yang berbasis di Mumbai. Ia tercatat pernah tampil di upacara Arangetram di Jio World Center pada 2022.

 

6 dari 8 halaman

5. Agenda Acara Pranikah

Radhika Merchant dan Anant Ambani bertukar cincin di Kuil Shrinathji di Nathdwara, Rajasthan, setelah upacara roka mereka pada Desember 2022. Pertunangan keduanya berlangsung pada Januari 2023 di Antilia, rumah ikonis keluarga Ambani di Mumbai.

Pesta pranikah, sebuah tradisi pernikahan di India, akan dimulai hari ini di kota barat Jamnagar dengan resepsi koktail yang digambarkan The Times sebagai "malam di negeri yang tidak pernah ada," lapor majalah W. Dilaporkan bahwa para tamu undangan telah dikirimi sembilan halaman aturan berpakaian untuk acara selama akhir pekan.

Besok, Sabtu, 2 Maret 2024, para tamu akan mengenakan pakaian "jungle fever" terbaik mereka untuk memulai perjalanan ke Reliance Animal Rescue Center, sebuah proyek dari Ambani yang menyoroti satwa liar sebagai salah satu minatnya. Setelah itu, mereka akan berubah gaya untuk menghadiri pesta bertema Moulin Rouge.

Kabarnya, Radhika akan didandani desainer India Manish Malhotra untuk acara tersebut. Hari terakhir acara pranikah akan mengantar para tamu memulai hari Minggu dengan "jalur gading," yang menurut The Times, akan menampilkan 200 gajah, 300 kucing besar, dan 120 reptil yang "sebelumnya berisiko dijual atau diburu."

Setelah itu, ada Hastakshar atau "upacara penandatanganan" untuk melengkapi perayaan di mana para tamu diminta berbusana tradisional India. Seluruh rangkaian acaranya akan berlangsung di dalam dan sekitar kota Jamnagar, terutama di kawasan kediaman Ambani.

Namun, lokasi agenda acara pada Minggu, 3 Maret 2024, masih belum diketahui secara pasti. Berdasarkan laporan media lokal, keluarga Ambani telah merenovasi atau membangun 14 kuil untuk upacara nyanyian dengan masing-masing kuil memiliki "pilar berukir rumit, patung berbagai dewa, dan lukisan bergaya fresco berwarna-warni," menurut Times of India.

Meski sebagian besar upacara pranikah di India hanya dihadiri teman dekat dan keluarga, keluarga Ambani telah mengundang tamu dari seluruh dunia yang jumlahnya ditaksir lebih dari 1.200 orang.

Daftar tersebut dilaporkan mencakup Bill Gates, aktor Bollywood Amitabh Bachchan dan Shah Rukh Khan, Mark Zuckerberg dari Meta dan istrinya Priscilla Chan, anggota keluarga Kerajaan Bhutan, CEO Disney Bob Iger, serta Mantan Ibu Negara dan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton.

Ivanka Trump dan diplomat Qatar Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani juga dikatakan akan hadir.

 

7 dari 8 halaman

6. Penampilan Rihanna

Penampilan Rihanna di pesta jelang pernikahan putra miliarder Mukesh Ambani membuat orang tanpa undangan merasa iri. Rihanna tampil pada Jumat, 1 Maret 2024 untuk pertunjukan live besar pertamanya sejak Super Bowl 2023.

Cuplikan lagu favorit penggemar Rihanna yang hits seperti "Stay" dan "Umbrella" dan "Consideration" yang melambungkan karier penyanyi asal Barbados itu terungkap dari rekaman yang dibagikan oleh tamu. Namun yang juga spesial dari pertunjukan Rihanna adalah busana mirip sari khas India transparan yang ia kenakan.

Mengutip dari laman Variety, Sabtu 2 Maret 2024, Rihanna terlihat bernyanyi sambil menampilkan tarian yang dikoreografikan oleh Parris Goebel, saat dia menyanyikan "Work," "Wild Thoughts", "Birthday Cake", "Pour It Up" dan "Pose" dalam urutan sama yang dia lakukan saat tampil di Super Bowl tahun lalu.

Ia mengenakan gaun hijau bersulam manik-manik yang mempesona dan menutup malam itu dengan mengenakan topi berwarna merah muda cerah. Keluarga Mukesh Ambani bergabung dengannya di atas panggung untuk berfoto dan berpelukan setelah lagu terakhir.

Konser tersebut, yang diadakan di kampung halaman keluarga konglomerat di Jamnagar, India, merupakan malam pertama dari acara tiga hari untuk merayakan pernikahan yang baru akan terjadi akhir musim panas ini. Pasangan calon pengantin yaitu Anant Ambani dan Radhika Merchant turut mengundang orang terkenal, termasuk Bill Gates, Mark Zuckerberg dan CEO Disney Bob Iger.

Penghormatan Rihanna terhadap nilai-nilai dan budaya India terlihat jelas di seluruh penampilannya. Hal ini membuat seluruh penonton terkejut dengan kembalinya dia dan memberikan penampilan yang layak untuk babak pertama Super Bowl di India.

Terdapat banyak aspek-aspek penting dari pertunjukannya, yang juga menandai penampilan pertamanya di negara ini. Selain itu, ia memilih pakaian yang lebih tertutup, baik selama penampilan panggung langsungnya maupun penampilannya di bandara.

Selama penampilannya, Rihanna menggabungkan elemen-elemen dari rutinitas Super Bowl yang serba cepat dengan langkah-langkah tarian yang ia pelajari dari koreografer Parris Goebel.

 

8 dari 8 halaman

7. Alasan Rihanna Tampil Tanpa Alas Kaki

Penyanyi Rihanna mengguncang India dengan penampilannya yang begitu memukau. Meskipun tidak pernah tampil secara langsung selama tujuh tahun, Diva R&B dan Pop ini mampu menyihir semua penonton dengan auranya.

Rihanna menjadi bintang utama di perayaan pra-pernikahan anak Mukesh Ambani, Anant Ambani dan Radhika Merchant pada Jumat, 1 Maret 2024. Pada penampilannya yang luar biasa itu, para penonton dibuat terkagum-kagum dan terkejut melihat Rihanna tampil tanpa alas kaki.

Alasan pelantun Diamonds ini tampil tanpa alas kaki karena keinginannya untuk memberikan penghormatan kepada budaya India, seperti dilaporkan Entertainment Tonight yang dikutip dari Hindustan Times pada Minggu, 3 Maret 2024, siang.

Rihanna memukau para penonton dengan membawakan lagu-lagu populernya, seperti 'Bitch Better Have My Money', 'Work', 'Umbrella', dan 'Stay'.

Acara perayaan pra-pernikahan ini dihadiri oleh banyak nama terkenal, di antaranya CEO Meta, Mark Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan. Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates. CEO Google, Sundar Pichai. Para selebritis Bollywood seperti Shah Rukh Khan, Salman dan Aamir Khan, Ranveer Singh dan Deepika Padukone, Ranbir Kapoor dan Alia Bhatt, Kareena Kapoor Khan, dan lain-lain.

Mengenakan ansambel bodycon hijau neon yang melambai-lambai dengan gaun berkilauan, Rihanna menghiasi panggung tanpa alas kaki. Pakaiannya berpadu sempurna dengan suasana mewah yang dipenuhi sekitar 1.200 tamu, serta diselaraskan secara sempurna dengan para penari latarnya.

Menurut seorang penggemar yang hadir berbicara kepada Entertainment Tonight, Rihanna tampil selama sekitar 40 menit di acara pre-wedding tersebut. "Dia senang bisa kembali tampil dengan senyuman. Dia memiliki energi dan aura tersendiri di atas panggung. Saat menyanyikan lagu Diamonds, munucl kembang api sebagai latar belakang, yang merupakan puncak dari penampilannya," katanya.

Ketika ditanya mengapa pelantun lagu 'Wild Things' ini memilih untuk tampil tanpa alas kaki, sumber tersebut menambahkan,"Ia tampil tanpa alas kaki, yang merupakan sebuah penghormatan terhadap budaya India. Dia tidak mengganti pakaiannya, tapi menambahkan topi merah muda di akhir penampilannya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.