Sukses

Top 3 News: Daftar Tujuh Purnawirawan yang Dapat Gelar Jenderal Kehormatan TNI, Siapa Saja?

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima gelar Jenderal Kehormatan TNI pada Rabu, 28 Februari 2024. Gelar tersebut diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapim TNI. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima gelar Jenderal Kehormatan TNI pada Rabu, 28 Februari 2024. Gelar tersebut diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapim TNI. Itulah top 3 news hari ini.

Prabowo yang kini bergelar Letjen (Purn) akan naik menjadi Jenderal kehormatan TNI, dengan empat bintang di pundaknya. Dengan begitu, Prabowo tercatat sebagai jenderal ketujuh yang menerima kenaikan gelar kehormatan tersebut.

Sebenarnya, pemberian Jenderal Kehormatan tak asing dilakukan di Indonesia. Gelar jenderal kehormatan dengan bintang empat pernah disematkan kepada beberapa purnawiranan TNI yang sempat menjabat sebagai menteri. Siapa saja?

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi merespons soal munculnya pro dan kontra dalam kenaikan pangkat Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menjadi Jenderal Kehormatan TNI.

Jokowi menilai kenaikan pangkat di lingkungan TNI-Polri merupakan hal yang biasa. Dia mencontohkan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan yang juga pernah mendapat kenaikan pangkat Jenderal Kehormatan TNI.

Jokowi membantah anggapan bahwa ada transaksi politik dibalik kenaikan pangkat Prabowo. Jokowi menyebut dirinya menaikkan pangkat Prabowo setelah Pemilu 2024 agar tak ada anggapan tersebut.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Presiden Jokowi membantah harga beras di pasar dan ritel masih melonjak. Berdasarkan laporan yang diterimanya, Jokowi mengklaim harga beras di sejumlah pasar saat ini sudah turun.

Jokowi pun mempersilahkan awak media untuk mengecek langsung harga beras di pasar dan ritel. Misalnya, Pasar Induk Cipinang Jakarta Timur dan Pasar Johar.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 28 Februari 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tujuh Purnawirawan yang Mendapat Gelar Jenderal Kehormatan TNI, Siapa Saja?

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima gelar Jenderal Kehormatan TNI pada Rabu, 28 Februari 2024. Gelar tersebut diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapim TNI. Itulah top 3 news hari ini.

Prabowo yang kini bergelar Letjen (Purn) akan naik menjadi Jenderal kehormatan TNI, dengan empat bintang, Dengan begitu, Prabowo tercatat sebagai jenderal ketujuh yang menerima kenaikan gelar tersebut.

"Benar besok Pak Prabowo akan hadir di Rapim TNI dan rencananya akan menerima Kepres dari Presiden terkait dengan tanda kehormatan berupa kenaikan pangkat secara istimewa menjadi Jenderal TNI," kata Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak kepada wartawan, Selasa 27 Februari 2024.

Dia mengatakan hal ini sesuai dengan UU No 20 Tahun 2009 tentang Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Sebenarnya, pemberian Jenderal Kehormatan tak asing dilakukan di Indonesia. Gelar jenderal kehormatan dengan bintang empat pernah disematkan kepada beberapa purnawiranan TNI yang sempat menjabat sebagai menteri.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gelar Jenderal Kehormatan Prabowo Jadi Polemik, Jokowi: Pak SBY dan Luhut Juga Pernah Naik Pangkat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi merespons soal munculnya pro dan kontra dalam kenaikan pangkat Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut 02, Prabowo Subianto menjadi Jenderal Kehormatan TNI.

Jokowi menilai kenaikan pangkat di lingkungan TNI-Polri merupakan hal yang biasa.

Dia mencontohkan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan yang juga pernah mendapat kenaikan pangkat Jenderal Kehormatan TNI.

"Bukan hanya sekarang ya (kenaikan pangkat), dulu diberikan kepada Bapak SBY, juga pernah diberikan kepada Pak Luhut Binsar. Ini sesuatu yang sudah biasa di TNI maupun di Polri," kata Jokowi usai memberikan kenaikan pangkat secara istimewa kepada Prabowo saat Rapim TNI-Polri di Mabes TNI Jakarta Timur, Rabu 28 Februari 2024.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Jokowi Bantah Harga Beras Masih Mahal: Coba Cek di Pasar, Sudah Turun

Presiden Joko Widodo atau Jokowi membantah harga beras di pasar dan ritel masih melonjak. Berdasarkan laporan yang diterimanya, Jokowi mengklaim harga beras di sejumlah pasar saat ini sudah turun.

"Cek di pasar Johar naik atau tidak, turun atau tidak, cek, sudah turun. Karena harian itu saya cek. Dan saya itu selalu mendapatkan angka-angka," kata Jokowi di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu Februari 2024.

Dia pun mempersilahkan awak media untuk mengecek langsung harga beras di pasar dan ritel. Misalnya, Pasar Induk Cipinang Jakarta Timur dan Pasar Johar.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.