Sukses

Mutasi di TNI, Panglima Ganti 5 Pangdam hingga Danjen Kopassus

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi, rotasi, dan promosi jabatan di tubuh TNI. Sejumlah jabatan strategis seperti Pangdam hingga Danjen Kopassus pun dirombak. Siapa saja yang diganti?

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi, rotasi, dan promosi jabatan terhadap 38 perwira tinggi (pati). Rotasi ini turut menyasar sejumlah posisi strategis yang berada di struktural TNI AD.

Surat mutasi itu tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI tertanggal 21 Februari 2024.

“Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 38 Pati (Perwira Tinggi) TNI terdiri dari: 28 Pati TNI AD, 3 Pati TNI AL, dan 7 Pati TNI AU,” ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulis, Kamis (22/2).

Rotasi dalam struktur TNI AD di antaranya, Letjen TNI Arif Rahman dari Wakasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun). Posisinya digantikan Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, dari Pangdam IV/Diponegoro menjadi Wakasad.

Kemudian, Mayjen TNI Deddy Suryadi dari Danjen Kopassus menjadi Pangdam IV/Diponegoro. Posisi komandan pasukan baret merah itu bakal ditempati Brigjen TNI Djon Afriandi dari Staf Khusus Kasad menjadi Danjen Kopassus.

Sementara, Letjen TNI Hilman Hadi dari Irjenad dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun). Kemudian, Mayjen TNI Erwin Djatniko dimutasi dari Pangdam III/Siliwangi menjadi Irjenad.

Posisi Pangdam III/Siliwangi akan ditempati Mayjen TNI Mohammad Fadjar yang dirotasi dari Dirjen Pothan Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Kemudian, Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya dimutasi dari Pangdam Iskandar Muda (IM) menjadi Aster Panglima TNI. Jabatan Panggdam IM yang ditinggalkan Helmy kemudian diisi Mayjen Niko Fahrizal yang sebelumnya menjabat Dansecapaad

Lalu Mayjen Harfendi dimutasi dari Pangdam IX/Udayana menjadi Pa.Sahli Tk.III Bid.Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI. Mayjen Bambang Trisnohadi yang sebelumnya Dirjen Strahan Kemhan ditunjuk menjadi Pangdam IX/Udayana.

Mayjen Legowo W.R.Jatmiko dimutasi dari Pangdam XIII/Merdeka menjadi Pa Sahli Tk.III Kasad Bid.Banusia. Sementara Mayjen Candra Wijaya yang sebelumnya Danpussenarhanud ditunjuk menjadi Pangdam XIII/Merdeka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mutasi di TNI AL dan AU

Sementara untuk TNI AL, ada Laksda Achmad Wibisono yang dimutasi dari Pangkoarmada I menjadi Asrena KSAL. Kemudian, Laksda Edwin dimutasi dari Asrena KSAL menjadi Asrenum Panglima TNI.

Sedangkan pada TNI AU ada Marsda TNI Muh. Arief Damapolii yang dimutasi dari Pa Sahli TK. III Bid. Hubint Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasau. Posisinya pun akan digantikan Marsda TNI Maman Suherman.

Sementara untuk Danlanud Manuhua Biak, Marsma TNI Yoztariza akan dimutasi ke Bandep Ur. Lingkungan Strategi Regional Setjen Wantannas. Posisinya digantikan Marsma TNI Dedy Ilham S. Salam.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini