Sukses

Jokowi Senang Timnas Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia: Ini Sejarah

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat atas lolosnya tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat atas lolosnya tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Prestasi yang ditorehkan timnas tersebut merupakan sejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia akan bertarung di babak 16 besar turnamen sepak bola terakbar di benua Asia tersebut.

"Alhamdulillah, Alhamdulillah. Saya ingin mengucapkan selamat kepada timnas kita yang lolos 16 besar tentu saja selamat juga untuk PSSI. Ini adalah sejarah buat sepak bola Indonesia," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat (26/1/2024).

Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik setelah mencatatkan 3 poin dari tiga pertandingan.

Tim Merah Putih dipastikan lolos setelah Oman bermain imbang 1-1 melawan Kirgiztan di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Kamis (25/01/2024).

Di babak 16 besar, timnas Indonesia akan menghadapi Australia yang lolos sebagai peringkat pertama grup B. Jokowi pun menaruh harapan agar timnas Indonesia dapat meraih kemenangan atas Australia.

"Kita harapkan nanti di pertandingan 16 besar yang pertama dengan Australia juga bisa memetik poin," ungkapnya.

Dia meyakini bahwa Indonesia akan mampu membangun prestasi sepak bola jika semua pihak serius dan terus bekerja keras.

"Saya percaya kita bisa membangun prestasi sepak bola Indonesia kalau kita betul-betul serius, betul-betul kerja keras," ujar Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Berpeluang Bawa Pulang Hadiah Rp 79 Miliar

Indonesia mencetak sejarah di ajang Piala Asia. Pada perhelatan Piala Asia 2023, Timnas Indonesia menjadi negara terakhir yang lolos ke babak 16 besar. 

Lolosnya pasukan Shin Tae-yong ini berkat bantuan Kirgistan. Keberhasilan Kirgistan menahan imbang Oman 1-1 pada laga terakhir Grup F Piala Asia 2023 membuat Indonesia dipastikan masih terus melaju.

Lolos ke 16 besar membuat Indonesia menjadi negara Asia Tenggara kedua yang melaju di putaran kedua Piala Asia 2023 mengikuti jejak Thailand.

Dengan lolosnya Indonesia ke fas gugur ini, lantas menjaga peluang Indonesia untuk bisa membawa peluang hadiah USD 5 juta atau setara dengan Rp 79 miliar (kurs 15.807 / dolar AS) jika berhasil menjadi juara.

Daftar Hadiah Piala Asia 2023

Juara : USD 5 juta

Runner-up : USD 3 juta (Rp 47,4 miliar)

Semi-Finalis : USD 1 juta (Rp 15,8 miliar)

Peserta Piala Asia 2023 : USD 200 ribu (Rp 3,1 miliar)

3 dari 3 halaman

Lolos Lewat Jalur Peringkat 3 Terbaik

Kepastian Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia terjadi dramatis. Kirgistan tertinggal di awal laga melalui gol Muhsen Al Ghassani di menit ke delapan. Kirgistan baru bisa menyamakan skor pada menit 80 lewat Joel Kojo.

Dengan hasil ini Oman cuma meraih poin dua sehingga gagal menjadi salah satu peringkat tiga terbaik untuk mengamankan tiket ke 16 besar Piala Asia 2023.

Indonesia yang mengunci salah satu dari empat peringkat tiga terbaik bersama Palestina, Suriah dan Jordania. Berkat poin tiga, Indonesia sudah cukup untuk melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.