Sukses

Jokowi Sambut Kunjungan PM Timor-Leste Xanana Gusmao di Istana Bogor

Jokowi dan PM Xanana Gusmao akan melalukan pertemuan tatap muka dan bilateral.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Jumat (26/1/2024). Pertemuan keduanya berlangsung akrab.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, PM Timor Leste Xanana Gusmao tiba di Istana Bogor sekitar pukul 08.50 WIB. Kedatangan PM Xanana diiringi arak-arakan pasukan berkuda dan marching band.

PM Xanana juga disambut oleh pasukan yang memakai baju adat dan mengibarkan bendera Indonesia dan Timor-Leste. Saat turun dari mobil. Jokowi langsung menyambut PM Xanana yang turun dari mobilnya, di halaman Istana Kepresidenan Bogor.

Keduanya pun saling menjabat tangan dan memberikan salam hormat. Selanjutnya, Jokowi mengajak PM Xanana Gusmao menuju halaman depan Istana Bogor.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan dimana lagu kebangsaan Indonesia dan Timor-Leste diperdengarkan. Setelah itu, Jokowi dan PM Xanana saling memperkenalkan delegasi masing-masing dari kedua negara.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanam Pohon Bersama

Selanjutnya, Jokowi mengajak PM Xanan masuk ke dalam Istana Kepresidenan Bogor untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu. Keduanya lalu menuju beranda Istana untuk melakukan pembicaraan atau veranda talk.

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama, yang merupakan agenda rutin dilakukan apabila ada pemimpin negara yang datang ke Istana Bogor. Adapun pohon yang ditanam yakni, Pohon Merawan.

Jokowi dan PM Xanana Gusmao akan melalukan pertemuan tatap muka dan bilateral. Setelah itu, kedua pemimpin negara akan menyampaikan keterangan pers bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini