Sukses

Ratusan Warga Konvoi Kibarkan Bendera Aceh Mirip Bendera GAM

Ratusan warga Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe berkonvoi dengan mobil, truk, dan bus sambil mengibarkan bendera Aceh.

Ratusan warga Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe berkonvoi dengan mobil, truk, dan bus sambil mengibarkan bendera Aceh. Bendera mirip bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu dikibarkan para warga di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (1/4/2013).

Peserta konvoi menyatakan mereka bergerak dari dari wilayah asalnya pada Minggu 31 Maret malam. Tapi untuk saat ini, mereka belum tahu akan melanjutkan konvoi ke mana.

"Kami belum mendapat arahan untuk melanjutkan aksinya. Nanti baru diberitahukan ke mana tujuan selanjutnya," kata seorang peserta konvoi dari Aceh Utara itu, di Banda Aceh, Senin (1/4/2013).

Para peserta konvoi dari Aceh Utara dan Lhokseumawe menumpang bus sekolah, truk, serta bus milik Pemda. Ratusan warga yang akan berkonvoi dan berkumpul di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh itu mendapat perhatian masyarakat, terutama mereka yang melintas di ruas jalan Perdagangan.

Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) telah mengesahkan pemberlakukan qanun (Perda) tentang bendera dan lambang Aceh pada 22 Maret. Namun penetapan bendera Aceh tersebut menuai protes karena mirip bendera GAM -- bergambar bergambar bulan bintang bergaris hitam putih di bagian bawah dan atas yang terlukis di atas sehelai kain merah tua.

Pada Minggu 24 Maret, puluhan mahasiswa berdemonstrasi menolak rancangan qanun bendera dan lambang Aceh. Unjuk rasa berubah ricuh setelah polisi membubarkan aksi para mahasiswa yang membakar ban di depan gedung DPRA.

Kericuhan terjadi saat para mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Gayo Merdeka membakar keranda di depan kantor DPRA. Pendemo menilai sidang paripurna DPRA yang membahas rancangan qanun bendera dan lambang Aceh itu melenceng dari undang-undang. (Ant/Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.