Sukses

SBY: Prabowo Sahabat Saya, Patriot yang Mencintai Bangsa dan Negara Ini

Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memuji calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto. Menurut SBY, Prabowo adalah sosok patriot yang cinta kepada bangsa dan negara.

Liputan6.com, Jakarta Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memuji calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto. Menurut SBY, Prabowo adalah sosok patriot yang cinta kepada bangsa dan negara.

Hal tersebut diungkapkan SBY dalam sambutannya saat menghadiri acara silaturahmi dan doa bersama ulama serta tokoh masyarakat Aceh yang digelar di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Selasa (26/12/2023).

"Beliau adalah sahabat saya. Beliau juga patriot yang mencintai bangsa dan negara ini," kata SBY.

Pada kesempatan yang sama, Prabowo Subianto juga mengapresiasi peran SBY serta sejumlah tokoh nasional, ulama, dan intelektual Aceh yang terus mendorong terciptanya perdamaian di bumi Serambi Mekkah ini.

Dengan kondisi Aceh saat ini, Prabowo kembali mengingatkan akan pentingnya arti perdamaian yang menurutnya bukanlah hadiah. Tetapi, harus diraih dengan sejumlah usaha keras.

"Perdamaian bukan suatu hadiah, bukan ibarat suatu buah yang jatuh dari pohon. Perdamaian adalah usaha yang sangat sulit, perdamaian adalah upaya yang memerlukan jiwa besar, kearifan, memerlukan upaya-upaya luar biasa," kata Prabowo.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa keberadaan Aceh dan rakyatnya menjadi kekuatan bagi bangsa Indonesia. Prabowo berkata, sejarah sudah membuktikan hal itu salah satunya dengan tekad Aceh yang tidak mau dijajah oleh bangsa lain.

"Dan Aceh merupakan kekuatan bagi keluarga besar RI. Aceh memiliki sejarah gemilang, penuh dengan kepahlawanan, tidak mau dijajah oleh bangsa lain. Ini kekuatan untuk kita, rakyat Aceh. Rakyat Aceh pernah kumpulkan emas untuk membeli pesawat pertama milik RI," pungkas Prabowo.

Kehadiran Prabowo pada agenda silaturahmi ini bertepatan dengan momen peringatan 19 tahun peristiwa tsunami yang sempat meluluhlantahkan Aceh pada 26 Desember 2004 silam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Puji Kepemimpinan SBY Tangani Tragedi Tsunami Aceh 2004

Mantan Danjen Kopassus itu mengaku kagum atas kepemimpinan SBY saat menjabat presiden RI dalam menangani tragedi tsunami Aceh yang terjadi pada tahun 2004 silam.

Prabowo memuji SBY yang baru menjabat sebagai presiden selama dua bulan, namun bisa menangani bencana alam tsunami Aceh.

"Kita bersyukur, Aceh bisa bangkit dari tragedi tsunami, dari situ kepemimpinan luar biasa Pak SBY. Saya kira itu belum sampai dua bulan sudah dihadapkan krisis luar biasa, krisis dunia, tapi alhamdulillah beliau bisa atasi, memimpin suatu pekerjaan luar biasa," kata Prabowo.

Prabowo Subianto juga mengingatkan kepada masyarakat untuk mengenang jasa-jasa semua pihak yang telah berkorban untuk Aceh maupun orang-orang di Palestina yang kini juga tengah dilanda serangan brutal Israel.

"Saya juga ingin mengajak kita semua untuk sejenak nanti mengenang semua yang telah berkorban, untuk Indonesia, untuk Aceh. Terutama, sekarang saudara-saudara kita di Palestina yang sudah alami suatu cobaan luar biasa. Serangan-serangan tidak henti-hentinya, serbuan di luar batas-batas kemanusiaan," tutur Prabowo.

3 dari 3 halaman

Prabowo Ajak Rakyat Bersatu

Dalam kesempatan itu, Prabowo memberi pesan akan pentingnya kebersamaan dan persatuan. Ia meyakini, dalam suatu bangsa yang kaya dan kuat kuncinya adalah saling gotong royong.

"Kita harus bersatu. Kalau kita sendiri-sendiri mudah untuk dipermainkan, untuk ditindas kekuatan-kekuatan besar. Ibarat lidi, sendiri-sendiri mudah dipatahkan. Kita harus bersatu, kita harus kuat. Suatu bangsa yang tidak kuat akan ditindas, apalagi kita nusantara sungguh sangat kaya," kata capres yang diusung Koalisi Indonesia Maju.

Prabowo menyebut, masa depan Indonesia dengan kekayaan yang melimpah bisa menjadi kunci kesuksesan negara. Namun demikian, menurut Prabowo, semua itu tidak akan tercapai tanpa adanya persatuan dan kerukunan.

"Kita harus kelola kekayaan kita supaya kekayaan kita bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia. Itu perjuangan kita. Karena itulah saya menerima pencalonan capres untuk 2024-2029 bersama saudara Gibran, bersama Koalisi Indonesia Maju, bersama tim yang terdiri dari partai-partai yang hebat, Partai Golkar, Demokrat, PAN, Gerindra, PSI, PBB, Garuda, Gelora," kata Prabowo Subianto.

"Kita yakin kita akan menyusun tim yang hebat untuk membawa Indonesia menuju Indonesia emas. Terima kasih dukungan saudara-saudara, kita bersatu, mari kita berbuat untuk bangsa kita," kata Prabowo.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.