Sukses

Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Nataru, Jokowi Resmikan Terminal di 3 Provinsi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan terminal angkutan darat di tiga provinsi, menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan terminal angkutan darat di tiga provinsi, menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Jokowi menekankan pentingnya pembangunan sarana dan prasarana transportasi angkatan darat untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, khususnya saat libur Hari Raya Idul Fitri dan Nataru.

Tiga terminal yang diresmikan Jokowi yakni, Terminal tipe A Tingkir Kota Salatiga, Terminal Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah, Terminal Anak Air Kota Padang. Peresmian dilakukan di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023).

"Sarana dan prasarana transportasi semakin dirasakan pentingnya, terutama saat terjadi lonjakan penumpang. Kalau pas enggak banyak penumpangnya, enggak terasa. Tapi begitu ada lonjakan penumpang akan terasa

Seperti saat libur Hari Raya atau menjelang libur akhir tahun seperti sekarang ini," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (13/12/2023).

Dia mengatakan pembangunan sarana dan prasarana transportasi juga sangat penting untuk meningkatkan konektivitas antar kota dan antar daerah. Selain itu, untuk mendukung mobilitas masyarakat dan meningkatkan kenyamanan pengguna transportasi darat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembangunan Terminal Tingkir Kota Salatiga Capai Rp 34,8 miliar

Jokowi menyampaikan pembangunan Terminal Tingkir Kota Salatiga mencapai Rp 34,8 miliar. Terminal ini dapat melayani 235 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) per hari.

"Kemudian Terminal Payak Ilang di Aceh Tengah Provinsi Aceh dibangun dengan biaya Rp22 miliar, melayani AKAP dan AKDP sebanyak 91 bus per hari. Dan Terminal Anak Air di Kota Padang Provinsi Sumbar dibangun dengan dana Rp94,8 miliar, melayani 109 bus per hari," tuturnya.

Menurut dia, tiga terminal tersebut sangat modern dan dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman. Selain untuk naik turunnya penumpang, terminal ini juga berfungsi untuk pusat kegiatan UMKM.

"Untuk pusat perbelanjaan, pusat kegiatan sosial, dan lain-lain yang bisa mengintegrasikan moda transportasi lainnya," ujar Jokowi.

3 dari 3 halaman

Jokowi Kunjungi Jawa Tengah

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023). Jokowi diagendakan melakukan penanaman padi hingga meresmikan terminal.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Pangkalan Utama TNI AD (Lanumad) Ahmad Yani, Kota Semarang sekitar pukul 07.35 WIB, dengan menggunakan pesawat kepresidenan-1.

Di Lanumad Ahmad Yani, Jokowi disambut oleh Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi, dan Komandan Lanumad Ahmad Yani Kolonel Cpn Ihwan Okti Riyadi.

Dari Semarang, Jokowi langsung menuju Kabupaten Pekalongan untuk meninjau penanaman padi di Kecamatan Kesesi. Setelah itu, dia akan menuju Alun-Alun Kabupaten Pekalongan untuk menghadiri acara Pembinaan Petani dan Penyuluh Pertanian se-Jawa Tengah.

Selanjutnya, Jokowi diagendakan untuk meninjau fasilitas dan proses belajar di SMKN 1 Kedungwuni. Pada siang harinya, dia direncanakan menyerahkan bantuan langsung bagi masyarakat terdampak El Nino di Kantor Pos Pekalongan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.