Sukses

5 Fakta Terbaru Pengungsi Rohingya di Aceh, Sebut Ingin Cari Kehidupan Damai

Pengungsi Rohingya saat ini masuk ke Indonesia, salah satunya di wilayah Aceh. Menurut Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko, para pengungsi Rohingya Aceh itu kabur dari Cox's Bazar di Bangladesh, tempat penampungan terbesar dari Myanmar.

Liputan6.com, Jakarta - Pengungsi Rohingya saat ini masuk ke Indonesia, salah satunya di wilayah Aceh. Menurut Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko, para pengungsi Rohingya Aceh itu kabur dari Cox's Bazar di Bangladesh, tempat penampungan terbesar dari Myanmar.

Dari penyelidikan polisi, para pengungsi itu membawa kartu UNHCR yang diterbitkan di Bangladesh. Polisi mendesak badan PBB yang mengurus pengungsi itu bertanggung jawab karena membiarkan warga Rohingya kabur dari kamp pengungsian Cox's Bazar. Apalagi, ditemukan fakta, mereka kabur dengan membayar kapal yang diketahui berasal dari Bangladesh.

Berdasarkan laporan ABC Indonesia, Rabu, 6 Desember 2023, Abdu Rahman, 23 tahun bercerita bahwa perahu yang mereka tumpangi dari Bangladesh tiba di pantai Kulee pada pertengahan November lalu.

Saat ini ia tinggal di kamp penampungan sementara di Desa Kulee, Pidie, Provinsi Aceh, bersama 232 pengungsi Rohingya lainnya.

"Ini perjalanan pertama saya keluar dari kamp pengungsian Cox's Bazar, Bangladesh," kata Abdu Rahman kepada Habil Razali, koresponden ABC News di Aceh.

Kapal kayu yang mereka tumpangi berangkat dari pantai Teknaf, Bangladesh, awal November lalu. Akhir pekan lalu Sabtu 2 Desember 2023, lebih dari 130 pengungsi Rohingya tiba di pantai Desa le Meulee, Kota Sabang. Abdu mengatakan, di kapalnya saat itu ada 278 orang, tapi jumlahnya menjadi 233 saat tiba di Aceh.

"Beberapa orang pindah ke kapal lain pada saat di laut. Seorang perempuan meninggal karena kekurangan air. Perjalanannya sungguh mengerikan. Ini perjalanan tujuh belas hari di laut," terang Abdu.

Berikut sederet fakta pengungsi Rohingya Aceh yang mulai ditolak keberadaannya oleh masyarakat setempat dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pengungsi Rohingya Kabur dari Penampungan di Bangladesh

Hingga akhir November 2023, tercatat ada 1.084 warga Rohingya yang mendarat di wilayah Aceh menggunakan 6 kapal kayu. Pantai di Pidie, Bireuen, Aceh Timur, dan Sabang menjadi tempat mereka bersandar.

Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko menyebut, para pengungsi itu kabur dari Cox's Bazar di Bangladesh, tempat penampungan terbesar warga Rohingya yang mengungsi dari Myanmar. Dari penyelidikan polisi, para pengungsi itu membawa kartu UNHCR yang diterbitkan di Bangladesh.

Polisi mendesak badan PBB yang mengurus pengungsi itu bertanggung jawab karena membiarkan warga Rohingya kabur dari kamp pengungsian Cox's Bazar. Apalagi, ditemukan fakta, mereka kabur dengan membayar kapal yang diketahui berasal dari Bangladesh.

Sikap warga Aceh kini berubah. Mereka terang-terangan menolak gelombang kedatangan warga Rohingya. Salah satu alasan yang terungkap adalah perilaku pengungsi Rohingya yang meresahkan.

Selain tidak memiliki tempat penampungan, warga juga kesal dengan perilaku pengungsi yang tidak menjaga kebersihan dan mengindahkan norma-norma yang berlaku di Aceh. Banyak juga pengungsi sebelumnya yang kabur dari lokasi penampungan dan membuat onar hingga berkonflik dengan warga setempat.

Aksi unjuk rasa sempat dilakukan Mahasiswa Pemuda Peduli Aceh (MPPA) pada 29 November 2023 lalu. Menurut mereka, sudah cukup bagi pemerintah Aceh mengurus pengungsi Rohingya karena masih banyak warga lokal yang membutuhkan bantuan dan pertolongan. Pemerintah diminta bersikap tegas dengan mengusir para pengungsi.

 

3 dari 6 halaman

2. Warga Aceh Menolak, Pengungsi Rohingya Sebut Ingin Cari Kehidupan Damai

Warga Rohingya kembali berdatangan ke Provinsi Aceh. Sebelumnya, sebenarnya sudah banyak warga Rohingya yang datang ke Aceh, tetapi pada kali ini terdapat reaksi penolakan dari warga lokal.

Seperti diketahui, para pengungsi Rohingya itu awalnya berasal dari Bangladesh usai diusir oleh salah satu anggota ASEAN, Myanmar. Namun, para warga Rohingnya lantas memilih untuk berlayar pergi dari Bangladesh untuk mencari kesempatan hidup yang lebih baik.

Tak hanya itu, para pengungsi ternyata harus membayar belasan hingga puluhan juta rupiah untuk bisa pergi ke luar Bangladesh, termasuk saat pergi ke Aceh.

Berdasarkan laporan ABC Indonesia, Rabu, 6 Desember 2023, Abdu Rahman, 23 tahun bercerita bahwa perahu yang mereka tumpangi dari Bangladesh tiba di pantai Kulee pada pertengahan November lalu.

Saat ini ia tinggal di kamp penampungan sementara di Desa Kulee, Pidie, Provinsi Aceh, bersama 232 pengungsi Rohingya lainnya.

"Ini perjalanan pertama saya keluar dari kamp pengungsian Cox's Bazar, Bangladesh," katanya kepada Habil Razali, koresponden ABC News di Aceh.

Kapal kayu yang mereka tumpangi berangkat dari Pantai Teknaf, Bangladesh, awal November lalu.

Akhir pekan lalu Sabtu, 2 Desember 2023, lebih dari 130 pengungsi Rohingya tiba di pantai Desa le Meulee, Kota Sabang.

Sepanjang bulan November, sudah lebih dari 1.000 pengungsi Rohingya tiba di Aceh. Ini menjadi gelombang kedatangan pengungsi Rohingya terbanyak ke Indonesia sejak tahun 2015. Abdu berkata di kapalnya saat itu ada 278 orang, tapi jumlahnya menjadi 233 saat tiba di Aceh.

"Beberapa orang pindah ke kapal lain pada saat di laut. Seorang perempuan meninggal karena kekurangan air. Perjalanannya sungguh mengerikan. Ini perjalanan tujuh belas hari di laut," ucap Abdu.

 

4 dari 6 halaman

3. Biaya Perjalanan Rp 14 Juta

Abdu mengatakan persediaan makanan berupa beras dan air habis dalam seminggu, bahkan mereka harus menunggu hujan untuk minum. Perahu mereka mencapai perairan Andaman sekitar lima atau enam hari kemudian.

"Ketika kami sampai di sana, terjadi badai disertai hujan deras. Kami semua hampir mati," katanya.

Ketakutan lain bertambah saat mesin kapal kehabisan minyak dan air, tetapi mendapat bantuan dari kapal lain. Perahu mereka akhirnya mencapai daratan Aceh, lalu para pengungsi diselamatkan warga setempat yang iba melihat kondisi anak-anak.

Abdu Rahman lahir tahun 2000 di Maungdaw, negara bagian Arakan, Myanmar.

Ia mengaku saat berusia 17 tahun, pihak militer datang ke desanya, menangkap warga secara sewenang-wenang dan mengumpulkan semua orang.

"Mereka membunuh warga Rohingya yang tidak bersalah, membakar rumah kami, dan memaksa kami mengungsi ke Bangladesh," katanya.

Saat berada di kamp pengungsian Cox's Bazar di Bangladesh, awalnya ada fasilitas dan layanan untuk kebutuhan dasar baik dari UNHCR dan organisasi lokal lainnya bersama pemerintah Bangladesh.

Namun, situasi di kamp kian memburuk, termasuk meningkatnya kriminalitas hingga perdagangan manusia.

Abdu mengatakan dirinya merasa "diperdagangkan" dalam perjalanan ke Aceh karena tidak mengetahui risikonya dan "semua orang menjadi korban" seperti dirinya.

"Masa depan tampak gelap di kamp pengungsian. Kami semua, dari kamp yang berbeda, harus melarikan diri ke sini di Aceh, Indonesia," ujarnya.

Warga Rohingya lainnya yang berada dalam satu kapal dengan Abdu adalah Khairul Amin, 38 tahun, yang datang bersama istrinya, Minara Begum, 35 tahun, dan ketiga anak-anaknya, Asmaul Husna, Nurul Islam, dan Nur Husen.

Di tahun 1992, Kahirul pergi dari tanah airnya di Duchi Radeng, Maungdaw, Myanmar, bersama orang tuanya karena konflik.

Sejak usia tujuh tahun ia sudah tinggal di kamp pengungsi Cox's Bazar dengan bekerja sebagai pedagang dan pekerjaan lepasan lainnya.

"Daripada mendapat masalah di kamp pengungsian di Bangladesh, lebih baik meninggalkan kamp demi kehidupan yang damai dan lebih baik bagi keluarga saya."

"Harapannya, di Indonesia ada perdamaian bagi para pengungsi. Saya ingin menghabiskan masa damai bersama keluarga di sini. Saya ingin anak-anak mendapatkan masa depan yang lebih baik dan berpendidikan," katanya.

Untuk melakukan perjalanan ke Aceh, baik Abdu dan Khairul mengaku membayar 100.000 taka, atau lebih dari Rp 14 juta per orang, kecuali untuk anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun.

 

5 dari 6 halaman

4. Pengungsi Rohingya Tak Mendapat Sambutan Hangat

Kedatangan pengungsi Rohingya tidak selalu disambut dengan baik oleh warga Aceh, seperti laporan penolakan yang sempat terjadi di Jangka, Bireuen dan Muara Batu, Aceh Utara.

Tapi menurut Panglima Laôt, sebuah lembaga adat laut Aceh, peraturan adat menyebutkan siapa saja, bahkan hewan sekali pun, wajib dibantu bila mengalami kesulitan di laut.

Ketua Panglima Laôt, Miftachhuddin Cut Adek, menegaskan secara adat, warga tidak boleh menolak dan juga tidak berwenang menerima mereka.

Namun, jika pengungsi itu turun sendiri ke darat seperti baru-baru ini, menurutnya, hukum adat melarang untuk mendorong mereka kembali ke laut.

"Kalau di laut, tidak boleh menarik mereka ke darat. Kalau mereka mendarat sendiri, kita tidak boleh menolak. Penolakan-penolakan ini sebenarnya sudah menyalahi hukum adat," ucap dia.

Regulasi adat, yang juga mengadopsi aturan syariah, tidak memandang agama dan ras, tapi lebih pada pertimbangan kemanusiaan.

Itulah alasan Efendi, seorang nelayan berusia 40 tahun, ikut menolong ratusan pengungsi Rohingya di desanya.

Ia berjaga di kamp penampungan Desa Kulee untuk memastikan para pengungsi Rohingya mendapat makanan yang layak.

"Selama tinggal di sini jangan ada yang sakit. Makanan pun tidak diberikan sembarangan, harus diperiksa, jangan sampai mereka sakit," kata Efendi.

Dia mengatakan bantuan warga setempat untuk para pengungsi Rohingya dilakukan sepenuh hati.

"Kami di sini rata-rata juga orang miskin. Kami menolong mereka karena nurani kami sesama orang susah dan mereka juga Muslim, mereka salah. Karena hati kita tidak sekeras batu," papar dia.

Aceh saat ini menjadi provinsi dengan penduduk miskin terbanyak di Pulau Sumatra. Daerah otonomi khusus di Indonesia ini masih berusaha bangkit dari dampak panjang konflik bersenjata hampir tiga dekade dari tahun 1976 hingga 2005.

 

6 dari 6 halaman

5. Masalah Perdagangan Orang

Adriana Elisabeth, dari Badan Riset dan Inovasi Nasional, mengatakan Indonesia tidak bisa lagi menangani krisis pengungsi sendirian.

"Kerja sama di dalam ASEAN sendiri sangat diperlukan," ujarnya.

Ia juga bependapat pilihan solusi lainnya adalah meminta "kekuatan eksternal" dari negara-negara yang bukan anggota ASEAN.

"[Misalnya] beberapa negara Timur Tengah mempekerjakan orang-orang Rohingya dengan upah yang relatif rendah … menguntungkan negara-negara tersebut secara ekonomi."

Chris Lewa, direktur The Arakan Project, yang berfokus pada hak asasi Rohingya, mengatakan masalah lain yang dihadapi warga Rohingya di Cox's Bazar adalah kurangnya akses terhadap makanan, karena "berkurangnya dukungan dari komunitas internasional".

Chris menjelaskan Indonesia menjadi tujuan karena lokasinya yang dekat dan lebih murah dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Ditambah dengan perahu-perahu yang mudah didapatkan saat ini, karena banyak nelayan di Bangladesh yang menjualnya kepada penyelundup manusia saat industri perikanan di Bangladesh yang mengalami krisis akibat menurunnya stok ikan.

Ia juga berkata sekarang menjadi saat yang tepat untuk meninjau kembali Bali Process, sebuah forum yang didirikan oleh Australia dan Indonesia pada tahun 2002 untuk menangani perdagangan manusia.

"[Pemerintah Indonesia dan Australia] pada Mei lalu sepakat untuk mengaktifkan mekanisme konsultasi," ujarnya.

"Sudah saatnya untuk menerapkan mekanisme konsultasi ini dan setidaknya memulai diskusi tentang bagaimana menggunakan pendekatan regional untuk mengatasi krisis Rohingya," sambung dia.

Australia hanya memberikan visa kepada 470 warga Rohingya di bawah program kemanusiaan khusus sejak tahun 2008, yang menurut sejumlah pengamat jumlah ini "sangat kecil".

Panglima Laôt Aceh juga meminta Pemerintah Indonesia dan negara lain di Asia Tenggara untuk membahas lebih serius masalah ini.

"Lembaga dunia yang lain juga harus datang ke Aceh untuk membantu penanganan pengungsi ini, masyarakat Aceh jangan dibiarkan sendirian," katanya.

Meski Aceh jadi rumah sementara bagi Abdu dan ribuan warga Rohingya lainnya, mereka tetap ingin bisa kembali ke tanah air-nya suatu hari nanti.

"Karena kami mempunyai tanah air sendiri, yaitu di Myanmar," katanya.

"Kami harus pergi ke tanah air dengan membawa keadilan dan hak," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.