Sukses

FX Hadi Rudyatmo: Gibran Sudah Keluar dari PDIP, Jokowi Masih Kader

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menanggapi status keanggotan Gibran Rakabuming Raka dan Joko Widodo di PDI Perjuangan. Rudi menegaskan Gibran telah keluar dari PDI Perjuangan.

"KTA mau dikembalikan, atau tidak dikembalikan ya bukunya sudah saya tutup. (Gibran) sudah bukan kader PDIP," kata Rudi saat konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (29/11/2023).

Rudi mengatakan, PDI Perjuangan tidak lagi ada urusan dengan Gibran Raka Buming Raka. Meski, belum ada penerbitan surat pemberhentian Gibran Rakabuming Raka dari keanggotaan PDI-P.

"Nggak, nggak perlu. Tutup buku. Jadi kalau ada apa-apa, Mas Gibran bukan kader PDIP," ujar dia.

Sementara itu, Joko Widodo masih berstatus sebagai kader PDI Perjuangan. Dia ditugaskan oleh partai untuk menjadi presiden berjuang demi kesejahteraan rakyat.

"Masih kader PDI Perjuangan dong wong dia pernah jadi pengurus DPD hanya catatan di SK tidak masalah bagi saya. Tapi mereka masih PDI Perjuangan," ujar dia.

Disinggung terkait komunikasinya dengan Joko Widodo, Rudi mengaku belum pernah lagi bertemu.

"Saya tidak komunikasi saya rakyat pinggir kali kok ngomong sama presiden," ujar dia.

Rudi hanya menyebut, terakhir bertemu Gibran saat ditawarkan menjadi Wamen PUPR pada 2021 silam. Namun, ia menolak karena lebih mementingkan hubungan persahabatan dengan Ahmad Purnomo.

"Saya tolak karena saya lebih penting persahabatan daripada jabatan menjaga perasaan Pak Ahmad Purnomo yang distop September 2019 yang saya proses sampai DPP tau-tau mas Gibran daftar dari DPD dan dapat rekomendasi dan sudah itu selesai," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Djarot Tanggapi Kabar Gibran Jadi Kader Golkar

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat menanggapi kabar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pindah menjadi kader Partai Golkar. Djarot mempersilahkan Gibran apabila ingin bergabung dengan partai lain.

"Kalau kita sih ya silahkan, itu pilihan, itu hak dari masing-masing orang," kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10).

PDIP, Djarot menegaskan sudah secara de facto keluar dari PDIP. Tinggal menunggu Gibran mengembalikan kartu tanda anggota kepada Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

"Kalau status yang bersangkutan itu silahkan pada Pak Rudy, tapi yang jelas secara de facto beliau sudah izin dan sudah keluar dari PDIP," kata Djarot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.