Sukses

Top 3 News: Ketua KPK Firli Bahuri Sebut 40 Tahun Mengabdi, Tapi Mabes Polri Terasa Asing Baginya

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengaku sudah 40 tahun mengabdikan diri menjadi Polisi dan berakhir dengan jabatan Komisaris Jenderal (Komjen) Purnawirawan Polri. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengaku sudah 40 tahun mengabdikan diri menjadi Polisi dan berakhir dengan jabatan Komisaris Jenderal (Komjen) Purnawirawan Polri. Itulah top 3 news hari ini.

Namun, saat menjadi purnawirawan, dia malah diperiksa oleh penyidik Polri dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL.

Firli Bahuri kemudian menjelaskan soal pemeriksaannya di Bareskrim Mabes Polri pada Kamis, 16 November 2023. Firli juga membantah disebut mangkir meski kerap meminta penjadwalan ulang pemeriksaan.

Sementara itu, seorang mahasiswi bernama Ghisca Debora Aritonang (19) hanya tertunduk pasrah meratapi nasibnya yang akan mendekam di penjara. Ghisca Debora ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan tiket konser Coldplay di Jakarta.

Saat dihadirkan dalam jumpa pers kasus penipuan tiket konser Coldplay, Ghisca mengakui kesalahannya. Dia pun menyatakkan siap menjalani proses hukum.

Atas perbuatannya, Ghisca pun pasrah dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan atau Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman 4 tahun penjara.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang kembali melepas bantuan kemanusiaan tahap kedua dari Indonesia untuk warga Gaza, Palestina, Senin 20 November 2023.

Bantuan kemanusiaan tahap kedua seberat 21 ton ini diangkut oleh dua pesawat melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Timur. Adapun bantuan yang dikirimkan Indonesia berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit (RS), makanan, hingga kebutuhan lain yang dibutuhkan masyarakat Gaza.

Presiden Jokowi mengatakan ini bersumber dari anggaran pemerintah, sumbangan perusahaan swasta, dan masyarakat Indonesia.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 20 November 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ketua KPK Firli Bahuri: 40 Tahun Mengabdi, Mengapa Mabes Polri Terasa Asing Bagi Saya

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengaku sudah 40 tahun mengabdikan diri menjadi Polisi dan berakhir dengan jabatan Komisaris Jenderal (Komjen) Purnawirawan Polri.

Namun, saat menjadi purnawirawan, dia malah diperiksa oleh penyidik Polri dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL.

"Kemarin pada 16 November 2003 adalah hari di mana saya telah mengabdikan kepada negeri ini selama 40 tahun, 40 tahun pengabdian saya, saya habiskan hidup saya lakukan untuk pengabdian kepada bangsa negara hingga berakhir sebagai purnawirawan Polri dengan pangkat komisaris jenderal polisi," ujar Firli Bahuri dalam jumpa pers di gedung KPK, Senin 20 November 2023.

"Saya tentu bertanya kepada diri saya, 40 tahun, tetapi kemarin saya harus bertanya kepada diri saya apakah benar saya pernah selama itu mengabdi di sana (Mabes Polri) dan mengapa markas besar itu terasa asing bagi saya?" Firli menambahkan.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Uang Miliaran Hasil Tipu Tiket Konser Coldplay untuk Beli Barang Mewah, Ghisca Debora: Saya Ikuti Proses Hukum

Seorang mahasiswi bernama Ghisca Debora Aritonang (19) hanya tertunduk pasrah meratapi nasibnya yang akan mendekam di penjara. Ghisca Debora ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan tiket konser Coldplay di Jakarta.

Saat dihadirkan dalam jumpa pers kasus penipuan tiket konser Coldplay, Ghisca mengakui kesalahannya. Dia pun menyatakkan siap menjalani proses hukum.

“Saya Ghisca Debora Aritonang, saya mengakui kesalahan saya. Dan saya akan mengikuti proses hukum,” kata Ghisca saat jumpa pers di Polres Metro Jakarta Pusat, Senin 20 November 2023.

Atas perbuatannya, Ghisca pun pasrah dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan atau Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman 4 tahun penjara.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan Tahap Dua Indonesia untuk Warga Palestina

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali melepas bantuan kemanusiaan tahap kedua dari Indonesia untuk warga Gaza, Palestina, Senin 20 November 2023.

Bantuan tahap kedua seberat 21 ton ini diangkut oleh dua pesawat melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Timur.

"Alhamdulillah kembali lagi pada pagi hari ini kita akan mengirimkan bantuan kepada saudara-saudara kita di Gaza sebanyak 2 pesawat yang akan diangkut sebesar 21 ton," kata Jokowi saat melepas bantuan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin 20 November 2023.

Adapun bantuan yang dikirimkan Indonesia berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit (RS), makanan, hingga kebutuhan lain yang dibutuhkan masyarakat Gaza. Jokowi mengatakan ini bersumber dari anggaran pemerintah, sumbangan perusahaan swasta, dan masyarakat Indonesia.

"(Bantuan) yang ini adalah berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makan dan barang keperluan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat di Gaza," ujarnya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.