Sukses

Area JIS Banjir Saat Piala Dunia U-17, Jakpro: Saluran Air Tertutup Kabel

Dirut PT Jakpro Iwan Takwin buka suara soal viral video memperlihatkan area di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, banjir usai diguyur hujan deras saat laga Piala Dunia U-17 pada Selasa, 14 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama (Dirut) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin buka suara soal viral video memperlihatkan area di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, banjir usai diguyur hujan deras saat laga Piala Dunia U-17 pada Selasa, 14 November 2023.

Dalam rekaman video yang beredar, para penonton Piala Dunia U-17 2023 di JIS terpaksa melepas sepatunya untuk melewati genangan air. Terkait hal ini, Iwan mengatakan, beberapa area di JIS tergenang air imbas adanya kabel yang menutup saluran air.

"Itu karena ada kabel sementara yang nutup saluran," kata Iwan saat dikonfirmasi, dikutip Kamis (16/11/2023).

Menurut Iwan, kabel tersebut menutupi saluran air sepanjang ramp barat JIS. Dia menyebut, hal itu terjadi karena adanya masalah koordinasi di lapangan.

"Semalam sudah clear setelah kabel dipindahkan," ujar Iwan.

Diketahui, Piala Dunia U-17 2023 mulai bergulir pada Jumat, 10 November 2023 di Indonesia yang didapuk menjadi tuan rumah.

Adapun debut perdana JIS di Piala Dunia U-17 2023 berlangsung pada Sabtu, 11 November 2023 dengan menampilkan pertarungan Grup C, yakni Kaledonia Baru vs Inggris serta Brasil melawan Iran.

Pada hari kedua, Selasa, 14 November 2023 Laga Grup C Piala Dunia U-17 antara Inggris vs Iran, JIS diguyur hujan. Namun, pertandingan tetap berlangsung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

FIFA Puas dengan Kualitas Seluruh Lapangan Piala Dunia U-17 2023, Termasuk JIS

FIFA memuji kualitas lapangan yang digunakan pada Piala Dunia U-17 Indonesia. Lewat pernyataan resminya, otoritas sepak bola dunia itu menilai, seluruh venue telah memenuhi standar level untuk turnamen internasional. 

Curah hujan yang mulai tinggi di sejumlah tempat diakui FIFA menjadi tantangan tersendiri, seperti di Stadion Si Jalak Harupat ketika Polandia bertanding melawan Jepang. Meski demikian, kesigapan panitia lokal dan pengawas lapangan dibantu tim pengawas dari FIFA membuat lapangan bisa tetap dalam kondisi terbaik. 

"Kualitas baik di semua lapangan di turnamen Piala Dunia U-17 (lapangan pertandingan maupun latihan) dicapai berkat kerja paripurna dari para manajer lokal lapangan dan penjaga rumput lapangan. Pencapaian ini tak lepas dari arahan dan dukungan tim manajemen lapangan FIFA yang selalu memastikan kondisi terbaik lapangan di setiap penyelenggaraan pertandingan," tulis FIFA dalam pernyataan resminya. 

Piala Dunia U-17 2023 telah berlangsung sejak 10 November lalu. Sebanyak 24 tim, termasuk Indonesia ikut ambil bagian pada kejuaraan ini. Terdapat empat venue yang digunakan sepanjang babak penyisihan grup, yakni Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat, Soreang (Bandung), dan Jakarta International Stadium atau JIS yang berada di ibu kota Jakarta. 

"Semua tim yang bertanding baik di Jakarta, Kab. Bandung, Surakarta dan Surabaya memuji kualitas stadion. Mereka menyatakan kepuasannya atas kualitas lapangan, baik di stadion pertandingan maupun di tempat latihan," tulis FIFA.

"FIFA juga telah mengungkapkan kepuasannya atas pencapaian ini serta mengapresiasi segala usaha PSSI dan pemerintah Indonesia yang telah memenuhi segala tugas dan standar renovasi semua stadion, termasuk untuk JIS," FIFA menambahkan. 

 

3 dari 4 halaman

Mengintip JPO JIS, Dibangun Khusus untuk Piala Dunia U-17 2023

Guna menunjang kelancaran pelaksanaan gelaran Piala Dunia U-17 di Indonesia, PT Amarta Karya (Persero) menjalin kerja sama operasi (KSO) dengan PT Inti Beton dan PT Indo Trans Konstruksi dalam membangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Adapun PT Amarta Karya (AMKA) sebagai sebagai leader dalam KSO tersebut telah merampungkan pekerjaannya dengan baik.

Corporate Secretary PT Amarta Karya (Persero) Brisben Rasyid mengungkapkan, konstruksi jembatan ini dirancang menggunakan struktur atas dengan konstruksi baja, pelat lantai hollow core slab (HCS) serta pondasi dengan kombinasi tiang pancang beton dan tiang pancang baja yang dibangun sepanjang 453 meter dan lebar jalur pejalan kaki 5,8 meter.

"Jembatan tersebut dibangun di Jalan Ketel Ancol Pademangan dekat Gerbang Karnaval Taman Impian Jaya Ancol dan langsung menghubungkan area concourse Jakarta International Stadium sebagai alternatif pintu masuk dari sisi utara dengan tempat parkir yang berada di Gerbang Karnaval Taman Impian Jaya Ancol dengan daya tampung sekitar 1.200 kendaraan roda empat dan 700 kendaraan roda dua," ujar Brisben dikutip Selasa (14/11/2023).

Menurut dia, pembangunan jembatan ini tentunya melengkapi sarana dan prasarana di Stadion Jakarta International Stadium (JIS) supaya memudahkan akses penonton atau pengunjung untuk menyaksikan Piala Dunia U-17.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat Kementerian PUPR yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada kami PT Amarta Karya (Persero) selaku leader KSO dari kontraktor pelaksana dalam membangun JPO Jakarta International Stadium atau JIS," katanya.

Lebih lanjut, suksesnya pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Jakarta International Stadium (JIS) merupakan salah satu wujud nyata kontribusi PT Amarta Karya (Persero) sebagai salah satu BUMN Konstruksi dalam Pembangunan Nasional sesuai moto BUMN untuk Indonesia.

4 dari 4 halaman

Mau Nonton Piala Dunia U-17, Ini 11 Rute TransJakarta Menuju JIS

TransJakarta menyediakan 11 rute layanan transportasi untuk warga yang ingin menonton Piala Dunia U-17 tahun 2023 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

“Untuk layanan reguler ada 196 unit armada TransJakarta, baik itu single bus, medium bus hingga mikrotrans,” kata Kepala Departemen Humas dan CSR TransJakarta Wibowo dikutip dari Antara, Minggu (12/11/2023).

Menurut Wibowo, layanan tersebut meliputi Senen-JIS (14), Juanda-JIS (14A), Tanjung Priok-Senen via JIS, Stasiun LRT Pegangsaan Dua–JIS (12P), Tanjung Priok-Jembatan Item (JAK77) dan Terminal Tanjung Priok-Ancol Barat (JAK88).

Selanjutnya, ada rute Terminal Tanjung Priok-Taman Kota Intan (JAK89), Terminal Tanjung Priok-Rusun Kemayoran (JAK90), Taman Waduk Papanggo-Kota Tua (JAK118) dan Terminal Muara Angke-JIS (JAK120).

Selain itu, ada 35 unit bus Low Entry (LE) dengan tarif Rp0 sebagai "shuttle bus" (pengumpan) yang akan mengantarkan dengan rute Jakarta International Expo-C3 Kemayoran-JIS. Fasilitas tersebut tersedia 11-24 November 2023 dengan waktu operasi 12.00-23.00 WIB.

TransJakarta juga memfasilitasi para panitia, relawan serta media dengan transportasi dari C3 Kemayoran menuju JIS, pada tanggal 9-24 November 2023.

Selain TransJakarta, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) lain, seperti Jakarta Experience Board (JXB) turut menyediakan fasilitas berupa pusat informasi bagi media untuk meliput acara Piala Dunia U-17 2023. Hal itu sebagai bentuk dukungan mereka pada acara berskala internasional itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini