Sukses

Viral Stasiun Kereta Cepat Bocor, KCIC Pastikan Pelayanan Penumpang Tidak Terganggu

Salah satu sudut di Stasiun Kereta Cepat Halim bocor saat hujan deras mengguyur Jakarta, Sabtu 4 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu sudut di Stasiun Kereta Cepat Halim bocor saat hujan deras mengguyur Jakarta, Sabtu 4 November 2023. Bocornya stasiun terlihat dari rekaman video yang viral di media sosial.

Menjawab hal tersebut, Eva Chairunisa selaku Corporate Secretary PT KCIC memastikan kebocoran tersebut tidak mengganggu pelayanan penumpang Whoosh.

"Curah hujan yang cukup tinggi pada malam hari tanggal 4 November 2023 di sekitar area Stasiun Kereta Cepat Halim, namun kondisi tersebut tidak menganggu area pelayanan khususnya bagian dalam Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim,” kata Eva dalam keterangan tertulis diterima, Minggu (5/11/2023).

Menurut Eva kebocoran yang viral di sosial media adalah kondisi plafon stasiun bagian dalam dan bukan di bagian pelayanan penumpang.

Dia menerangkan, visual yang menggambarkan adanya limpahan air di sisi tangga juga bukan berada di dalam stasiun namun di area luar lobi kedatangan sisi selatan.

"Limpahan air berasal dari saluran air yang tidak mampu menahan debit air karena intensitas hujan yang sangat tinggi," ungkap Eva.

Dia memastikan, kondisi tersebut tidak menganggu pelayanan karena masih ada area lain yang dapat dilalui penumpang untuk menuju area lobi drop off dan pick up. Seluruh alur penumpang tetap berjalan normal tanpa kendala.

"Operasional Kereta Cepat Whoosh juga tidak terdampak kejadian tersebut,” tegas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koordinasi dengan WIKA

Eva menjelaskan, sebagai langkah cepat pada saat kejadian, KCIC telah berkoordinasi langsung dengan WIKA sebagai kontraktor pembangunan Stasiun Kereta Cepat untuk segera melakukan investigasi dan perbaikan area yang terdampak demi kenyamanan penumpang.

"Pagi ini, Minggu 5 November 2023, kondisi cuaca cerah dan pelayanan di Stasiun Kereta Cepat Halim juga berlangsung normal. Pihak Wika Konstruksi juga sudah mulai melakukan perbaikan pada saluran air sisi luar stasiun yang terdampak hujan lebat kemarin dan diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat," tandas dia.

 

 

3 dari 3 halaman

KCIC: Tidak Ada Kejadian Kereta Cepat Mogok, Cuma Kendala Listrik Saja

Viral informasi bahwa Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Kereta Cepat Whoosh mogok pada Selasa 31 Oktober 2023 siang. Namun kabar ini langsung dibantah oleh manajemen PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

"PT KCIC memastikan bahwa tidak ada kejadian kereta cepat yang mogok di jalur," kata Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Rabu (1/11/2023).

Ia menjelaskan, memang ada kendala Kereta Cepat Whoosh sempat tertahan sekitar 15 menit karena terdapat masalah suplai listrik dari PLN yang padam pada pukul 10.30 WIB di gardu listrik Kiaracondong - Gedebage.

KCIC  telah melakukan kordinasi bersama PLN untuk melakukan evaluasi agar kejadian tidak terulang kembali.  Setelah berkordinasi dengan PLN dan suplai listrik kembali normal dan perjalanan Kereta Cepat Whoosh kembali normal pada pukul 10.45 WIB.

"Adapun dampak pemadaman listrik PLN saat kejadian terdapat 2 kereta yang sempat tertahan yakni Whoosh G1126 rute Tegalluar- Halim dan G1123 rute Halim - Padalarang," ungkap Eva. 

Saat ini seluruh sarana kereta cepat Whoosh yang beroperasi dalam kondisi andal serta laik operasi. Bahkan, tercatat tidak pernah mengalami kerusakan sejak dilakukan ujicoba hingga kini telah dioperasikan secara resmi. 

"KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang Kereta Cepat Whoosh atas kejadian ini," pungkas Eva. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini