Sukses

Komisi I DPR: Fit And Proper Test Calon Panglima TNI Sebelum 21 November 2023

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyebutkan, uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon panglima TNI Agus Subiyanto akan digelar sebelum 21 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyebutkan, uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon panglima TNI Agus Subiyanto akan digelar sebelum 21 November 2023. Komisi I belum mendapatkan tanggal pasti karena menunggu Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

Meutya menjelaskan, DPR memiliki waktu 21 hari untuk memproses surat presiden terkait calon Panglima TNI.

"Fit and proper test ditunggu, dan penugasannya belum sampai ke Komisi 1, masih di Bamus, jadi artinya apa prinsipnya kita punya waktu 21 hari, jadi enggak mungkin lewat tanggal 21 gitu ya. Tapi sebelumnya mungkin," kata politikus Golkar ini di DPR, Jakarta, Rabu (1/11/2023).

"Jadi kalau ditanya tanggal sebelum tanggal 21," kata dia.

Sementara informasi yang dihimpun uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon panglima TNI Agus Subiyanto akan digelar pada 14 November 2023. Meutya menyebut bisa lebih cepat tergantung keputusan pimpinan DPR.

"Kurang lebih seperti itu, tapi kita lihat perkembangannya, kalau dari pimpinan DPR turunkan lebih cepat, kita bisa buat lebih cepat. Intinya adalah sebelum tanggal 21 ini harus selesai di DPR dibawa ke Paripurna," jelas Meutya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Usulkan Agus Subiyanto Sebagai Calon Panglima TNI

DPR RI telah menerima surat presiden (surpres) terkait pergantian panglima TNI. Ketua DPR Puan Maharani menyatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengusulkan nama Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI.

Agus Subiyanto diusulkan untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Yudo Margono yang memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

BACA JUGA:Istana Jelaskan Alasan Jokowi Pilih Jenderal Agus Subiyanto Jadi Calon Panglima TNI"Pimpinan DPR sudah menerima surpres dari presiden terkait dengan usulan pengganti calon panglima TNI," kata Puan Maharani di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (31/10/2023).

Puan menyebut, nama Jenderal TNI Agus Subiyanto yang diusulkan oleh Jokowi sebagai pengganti Jenderal Yudo.

"Nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai KSAD," kata Puan.

Agus Subiyanto dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara Jakarta, Rabu 25 Oktober 2023. Agus menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun pada November 2023.

Pelantikan Agus Subiyanto berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 89 TNI tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Sebut Jenderal Agus Subiyanto Penuhi Syarat Jadi Panglima TNI

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto telah memenuhi syarat untuk menjadi Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono. Menurut dia, Agus telah memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi.

"Iya, sudah kami sampaikan kurang lebih minggu yang lalu (Agus menjadi calon Panglima TNI). Pertama, beliau kan Wakasad, kemudian menjadi KSAD," kata Jokowi kepada wartawan di Ibu Kota Nusantara Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

"Tapi kalau melihat jam terbangnya di teritorial, di administratif ini (Agus Subiyanto) memenuhi semuanya," sambungnya.

Terkait KSAD pengganti Agus Subiyanto, Jokowi mengaku belum menetapkannya. Dia menuturkan nama KSAD baru akan menunggu persetujuan Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI oleh DPR RI.

"Ya belum, satu-satu. Ini memperoleh persetujuan (Panglima TNI) dari DPR terlebih dahulu baru setelah ada persetujuan kita memikirkan KSAD yang baru," jelas Jokowi.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini