Sukses

Groundbreaking RS Berkonsep Green Hospital di IKN, Jokowi Targetkan Rampung 2024

Presiden Jokowi melakukan gorundbreaking atau peletakan batu pertama sejumlah infrastruktur di IKN Nusantara, mulai dari bandara VVIP, rumah sakit, hingga sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan grounbreaking atau peletakan batu pertama rumah sakit (RS) kedua di Ibu Kota Nusantara (IKN) yakni, Mayapada Hospital Nusantara, Rabu (1/11/2023). Jokowi mengatakan Mayapada Hospital Nusantara akan dibangun dengan konsep green hospital yang ramah lingkungan.

"Ini nanti akan menjadi green hospital untuk mendukung percepatan dan pembangunan IKN sebagai Ibu Kota Nusantara, sebagai ibu kota pertama dunia yang mengusung konsep forest city," kata Jokowi saat Groundbreaking Mayapada Hospital Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Dia menyampaikan Mayapada Hospital Nusantara akan mengusung konsep efisiensi dan konservasi energi, sesuai tujuan pembangunan IKN. Nantinya, 20 persen dari total lahan rumah sakit ini akan dimanfaatkan sebagai area hijau yang dapat mempercepat kesembuhan pasien.

"Nantinya ditempat ini akan beroperasi rumah sakit yang ramah lingkungan green building, 20 persen dari total luasan lahan dimanfaatkan area hijau dilengkapi healing garden, dengan sistem kelola taman untuk membantu percepatan kesembuhan pasien," ucapnya.

"Jadi kalau pasien sakit di sini, lihat kanan hijau, kiri hijau, ke depan hijau, keluar ruangan hijau, cepet sembuhnya," sambungnya.

Jokowi meminta Mayapada Hospital Nusantara ini memberi contoh rumah sakit yang ramah lingkungan, mengoptimalkan pemanfaatkan teknologi, dan mengefisienkan pemakaian energi dan air.

Selain itu, dia ingin Mayapada Hospital Nusantara mencontohkan bagaimana memaksimalkan cahaya matahari dan membangun sistem daur ulang air limbah yang baik, serta menyediakan kolam resapan untuk penyerapan air hujan agar bisa dimanfaatkan kembali.

"Saya yakin dengan pengalaman yang dimiliki oleh Mayapada Hospital dengan mitra internasional mampu memberikan pelayanan yang profesional, menangani kasus kesehatan yang kompleks bagi masyarakat pemerintah, bagi asuransi, perusahaan dalam negeri luar negeri," tutur Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Target Rampung 2024

Dia meminta agar pembangunan Mayapada Hospital Nusantara segera dilaksanakan, usai groundbreaking. Jokowi menargetkan rumah sakit ini bisa beroperasi di semester kedua tahun 2024 sehingga bisa melayani pasien.

"Kita harapkan nanti semester kedua tahun 2024 siap beroperasi dan memberikan pelayanan pada ibu dan anak, penanganan kegawat daruratan, jantung, stroke, emergency, dan orthopedic," ucapnya.

Jokowi menitipkan agar pasien BPJS dapat dilayani di rumah sakit ini. Dia berharap semakin banyak masyarakat yang memilih berobat di dalam negeri daripada luar negeri.

"Sekali lagi, tak perlu lagi jauh-jauh ke luar negeri karena seinget saya hampir 2 juta masyarakat kita kalau sakit itu pergi keluar dan itu membawa uang ke luar capital outflow, hampir lebih dari Rp100 triliun setiap tahun masyarakat kita membawa uang ke luar negeri untuk berobat. Kita harapkan berdirinya Mayapada Hospital di IKN ini hal tersebut bisa kita kurangi sebanyak-banyaknya," pungkas Jokowi.

3 dari 4 halaman

Groundbreaking Bandara hingga Sekolah di IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), hari ini, Rabu (1/11/2023). Jokowi akan kembali mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk meninjau progres pembangunan dan melakukan groundbreaking sejumlah infrastruktur.

Salah satunya yang akan menjadi lokasi peninjauan Jokowi adalah proyek pembangunan jalan tol yang nantinya akan menghubungkan Kota Balikpapan dengan kawasan IKN.

Selain itu, dia juga diagendakan melakukan groundbreaking sejumlah infrastruktur, mulai dari Bandar Udara Ibu Kota Nusantara (Bandara IKN), rumah sakit, hingga sekolah.

Di akhir kunjungan hari keduanya, Jokowi bersama rombongan akan bermalam di kawasan IKN.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Hotel Vasanta di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (23/9/2023).

4 dari 4 halaman

Eks PM Inggris Puji Jokowi Berani Bangun IKN Baru

Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair memuji Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas kinerjanya memimpin Indonesia. Salah satunya karena telah berani membangun IKN Nusantara.

Founder Tony Blair Institute for Global Change ini mengatakan ada sejumlah peningkatan selama Indonesia dipimpin oleh Jokowi. Bahkan, dia pun membandingan dengan lingkup global.

"Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi beberapa tahun terakhir, telah menjadi salah satu negara paling signifikan di dunia," ujar dia dalam Penandatanganan MoU TBI Indonesia dan Otorita IKN, di Kantor Otorita IKN, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Dia mengatakan, alasannya adalah visi dan dorongan yang dibawa Jokowi. Disamping itu, ambisi pemerintah dalam membangun citra Nusantara juga menimbulkan hal positif.

Menurutnya, IKN Nusantara tak sebatas menjadi ikon Ibu Kota baru, tapi juga meningkatkan citra bagi Indonesia dihadapan dunia global.

"Dan Nusantara sesuai dengan visi dan dorongan tersebut karena tidak hanya akan menjadi ibu kota negara, namun juga akan menonjol sebagai simbol perubahan dunia. Karena dua hal, yang paling penting bagi Nusantara dan bagaimana jadinya di masa yang akan datang," urainya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.