Sukses

Jokowi Undang 3 Bacapres Makan Siang, Demokrat: Ini Memberi Kontribusi Membuat Suasana Teduh Jelang Pilpres

Partai Demokrat berpandangan jika terjalin dan terjaga hubungan yang baik antara Ganjar, Anies dan Prabowo, maka efek positif pesta demokrasi akan sampai di level akar rumput.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan siang bersama tiga bakal calon presiden di Pilpres 2024, Senin (30/10/2023). Mereka adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang kompak hadir dan duduk satu meja bersama Jokowi di ruang makan Istana Merdeka Jakarta. 

Menanggapi hal tersebut, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengatakan, pertemuan tersebut adalah bentuk silaturahmi kebangsaan antara Presiden Jokowi dengan ketiga bakal calon presiden.

“Ya tentu kami respon positif. Kami menilai ini akan memberikan kontribusi pada terciptanya suasana yang teduh dan kondusif menjelang memasuki tahapan penetapan cawapres dan cawapres serta masa kampanye pemilu,” tulis Kamhar melalui pesan singkat diterima, Selasa (31/10/2023).

Kamhar melanjutkan, Partai Demokrat berpandangan jika terjalin dan terjaga hubungan yang baik antar elit, apalagi sering terpublikasi silaturahim dan kebersamaan maka efek positif pesta demokrasi akan sampai di level akar rumput.

“Sehingga suasana kondusif bisa terus terjaga. Kebersamaan seperti ini menjadi soft campaign berpolitik yang dibangun di atas kebersamaan dan riang gembira,” yakin dia.

Kamhar berharap, pertemuan kemarin dapat membangun kesadaran bersama dalam situasi kompetisi. Sebab pada dasarnya mereka yang menjadi kontestan adalah patriot dan putra terbaik bangsa yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara sebagai yang utama dan diutamakan. 

“Mereka semua tak ingin jika kontestasi pilpres tercederai yang bisa berimplikasi pada koyaknya tenun kebangsaan,” ungkap Kamhar.

Belajar dari pengalaman Pilpres 2019 lalu yang berlangsung dalam suasana yang panas serta tensi politik yang tinggi, maka terjadi pembelahan di masyakat. Dia meminta, hal itu tidak terulang dan semua anak bangsa bersama seluruh elit politik memiliki komitmen yang sama untuk menjaga suasana yang kondusif. 

“Proses dan penyelenggaraan pemilu mesti berlangsung secara demokratis dan adil. Kami optimis pemilu 2024 mendatang akan lebih kondusif, teduh dan menyejukkan,” Kamhar menandasi.

   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertemu 3 Capres, Jokowi: Saya Ajak Pemilu Tidak Saling Fitnah dan Menjelekkan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan isi pembicaraan saat makan siang bersama tiga bakal calon presiden (capres) di Istana Merdeka Jakarta, Senin 30 Oktober 2023. Jokowi mengajak tiga capres yakni, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan mengawal agar Pemilu 2024 berjalan tanpa ada saling fitnah.

"Ya saya mengajak untuk menjaga bersama-sama agar pemilu berjalan dengan damai, tidak ada saling fitnah memfitnah," kata Jokowi di Pasar Bulan, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (31/10/2023).

Dia juga mengajak ketiga capres untuk menghindari kampanye negatif yang saling menjelekkan dan merendahkan. Jokowi ingin Pemilu 2024 diisi dengan adu program dan gagasan.

"Tidak ada kampanye negatif, tidak ada saling menjelekkan, tidak ada saling merendahkan, tetapi dengan adu program, adu gagasan. Saya kira itu, rakyat menginginkan itu," jelas dia.

Terkait pertemuan dengan cawapres, Jokowi menyebut hal itu merupakan urusan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Menurut dia, Ma'ruf Amin akan mengundang para cawapres untuk bertemu.

"Nanti ya Pak Wapres yang akan mengundang," ujarnya.

Sebelumnya, ketiga calon presiden di Pemilu 2024 menyambangi Istana Merdeka Jakarta. Mereka adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Ketiganya kompak hadir dan sama-sama mengenakan batik.

Kepada awak media, ketiganya menyampaikan rasa terima kasih atas kepada Presiden Jokowi atas jamuan makan siang bersama hari ini.

"Kalau tidak ada undangan, jarang-jarang kita kumpul seperti ini," kata Prabowo.

3 dari 3 halaman

Istana: Jokowi Punya Pandangan Sama dengan Prabowo, Ganjar, dan Anies soal Pemilu Sehat

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menjelaskan Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendengar pandangan dan harapan tiga bakal calon presiden (bacapres) mengenai Pemilu 2024. Dia mengatakan Jokowi dan para bacapres sepakat, Pemilu 2024 harus sehat, sejuk, dan damai.

"Presiden memiliki pandangan dan harapan yang sama dengan para Bacapres agar terwujud pemilu yang sehat, sejuk, dan damai sesuai prinsip-prinsip demokrasi," jelas Ari, Selasa (31/10/2023).

Dia menyampaikan Jokowi terus menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan tokoh-tokoh politik, termasuk bacapres. Salah satunya, dengan mengundang tiga bacapres yakni, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan makan siang di Istana Merdeka Jakarta, Senin 30 Oktober 2023.

"Seperti kebiasaan beliau (Presiden), silaturahmi dilakukan dalam suasana informal, akrab sambil makan siang. Perbincangan pada saat makan siang ringan-ringan," katanya.

Jokowi juga memastikan netralitas aparatur negara pada Pemilu 2024. Hal itu disampaikan saat memberikan pengarahan pada PJ Kepala Daerah di Istana Negara Jakarta, Senin 30 Oktober 2023.

"Pada pengarahan pada para PJ Kepala Daerah, Bapak Presiden minta PJ Gubernur, PJ Bupati dan PJ Wali Kota memberikan dukungan pada tugas-tugas KPUD dan Bawaslu, tapi tidak mengintervensi apapun," tutur Ari.

Selain itu, Jokowi meminta Pj Kepala Daerah tidak memihak. Jokowi juga minta Pj Kepala Daerah untuk menjaga kerukunan di tingkat bawah.

"Kalau ada percikan-percikan yang berkaitan dengan politik agar diselesaikan dengan segera," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Demokrat