Sukses

Hari Santri Nasional Jadi Momentum ‘Jihad’ Jayakan Negeri

Ratusan santri melaksanakan upacara pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan santri melaksanakan upacara pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023. Mereka mengenakan pakaian ciri khas santri yaitu bersarung bagi santriwan, lengkap dengan peci dan surban, sebagai ciri khas santri. Tak terkecuali, di Pondok Pesantren Sa'adatuddaroin Solokanjeruk yang didirikan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal.

Humaira Zahrotun Noor, selaku Inspektur Upacara HSN di Pondok Pesantren Sa'adatuddaroin Solokanjeruk, mengungkap Hari Santri dengan tema "Jihad Santri Jayakan Negeri" ini menggambarkan semangat dan peran penting para santri dalam pembangunan dan kemajuan negeri ini.

"Kata 'jihad' dalam konteks ini bukan hanya tentang perjuangan fisik, tetapi juga perjuangan batin dan intelektual. Para santri, dengan semangat tulus dan dedikasi, berjuang untuk mengejar ilmu pengetahuan dan nilai-nilai luhur agama," kata Humaira seperti dikutip Minggu (22/10/2023).

Humaira mengatakan, para santri adalah garda terdepan dalam menjaga dan mempromosikan perdamaian, toleransi, dan harmoni di tengah keragaman masyarakat.

"Mereka adalah pilar penting dalam membangun karakter bangsa yang kuat dan berkualitas," kata Humaira.

Ia mengutarakan, dalam jubah ilmu, diiringi bait-bait yang merdu, santri berdiri, dalam pengetahuan yang tulus. Para santri merajut kata-kata, seperti mutiara permata, menyinari jalan kebijaksanaan, tanpa kenal kata lelah.

“Tema 'Jihad Santri Jayakan Negeri' mengajarkan kita bahwa para santri bukan hanya penjaga tradisi, tetapi juga agen perubahan positif. Mereka adalah pemimpin masa depan yang akan membawa negeri ini ke puncak kemuliaan," kata Humaira yang juga Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat dari PKB.

Humaira mengingatkan, peran para pendidik dan lembaga pendidikan Islam yang telah menjadi tempat berkembangnya potensi para santri tidak boleh dilupakan. Sebab, berkat jasa mereka mendidik generasi muda untuk menjadi insan-insan yang berkualitas.

"Dalam momen Hari Santri Nasional ini, mari kita mengenang dan menghargai perjuangan para santri. Mari kita dukung dan memberikan apresiasi kepada mereka, karena mereka adalah aset berharga dalam pembangunan Indonesia yang lebih baik,” pesan dia.

“Terima kasih, dan selamat Hari Santri. Semoga semangat 'Jihad Santri Jayakan Negeri' terus menyinari perjalanan bangsa ini," Humaira menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kirab

Sebagai informasi, sebelum melaksanakan upacara, para santri di lingkungan Pondok Pesantren Sa'adatuddaroin Solokanjeruk ini melaksanakan kirab yang diawali di halaman Rusunawa Solokanjeruk hingga ke halaman Pondok Pesantren Sa'adatuddaroin sejauh sekitar 1,5 km.

Saat kirab, santri turut membawa spanduk dengan tulisan Hari Santri Nasional 2023 bertema "Saatnya Santri Memimpin Negeri" dan spanduk besar bertuliskan "Jihad Santri Jayakan Negeri".

Mereka turut membawa bendera Merah Putih, bendera Nahdlatul Ulama, dan bendera Yayasan Habibi Bina Cen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini