Sukses

Kepala BPIP Kunjungi PLBN Entikong, Bawa Misi Perkuat Ideologi Pancasila di Perbatasan Negara

BPIP terus melakukan sosialisasi tentang pemahaman dan pentingnya Ideologi Pancasila kepada masyarakat, terutama tentang pentingnya ekonomi Pancasila.

Liputan6.com, Entikong Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus melakukan sosialisasi tentang pemahaman dan pentingnya Ideologi Pancasila kepada masyarakat, terutama tentang pentingnya ekonomi Pancasila. Teranyar, Kepala BPIP Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. melakukan kunjungan kerja kerja ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia-Malaysia, Entikong, Kalimantan Barat, Kamis, (21/9).

Dalam kesempatan itu, Prof Yudian mengatakan penguatan Ideologi Pancasila bagi masyarakat dan pelajar di wilayah lintas batas negara perlu diperkuat. Oleh karena itu, BPIP akan bekerja sama antara PLBN dan Satuan Petugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) untuk pembinaan ideologi Pancasila untuk masyarakat perbatasan, terutama di Entikong.

"Iya, saya tadi mendengar dan menyaksikan sendiri kondisi masyarakat di beranda Indonesia, di Entikong ini. BPIP hadir di sini untuk penguatan ideologi Pancasila agar rasa cinta tanah air semakin terpatri di hati dan sanubari rakyat di perbatasan,” kata Prof Yudian.

Prof Yudian menegaskan Negara selalu akan hadir dalam melayani masyarakat di perbatasan, baik untuk menopang pendidikan, kesehatan, maupun peningkatan infrastruktur.

Selain Pembinaan Ideologi Pancasila, BPIP juga memiliki program strategis di antaranya, penurunan angka stunting, penerapan Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila di jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Perguruan Tinggi.  

"Program ini sudah berjalan dan harus kita laksanakan di setiap penjuru negara, termasuk perbatasan Indonesia-Malaysia", tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tinjau Prasasti Penyambungan Jalan Entikong dan Tebedu - Malaysia

Kepala BPIP yang didampingi Deputi Bidang Hubungan Antarlembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP, Ir. Prakoso, M.M. ini juga meninjau prasasti Penyambungan Jalan Entikong, Indonesia dengan Tebedu, Malaysia. Prasasti ini ditandatangani Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP, Jenderal TNI (Purn.) Try Sutrisno, sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia pada tahun 1991.

Sambil menyapa masyarakat di Pos Perlintasan, Prof. Yudian juga mengapresiasi petugas PLBN, Pamtas, Imigrasi, maupun Polisi yang terus menjaga dan memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia dan Malaysia.

Dansatgas Pamtas RI-MLY Yon Armed 16 TK Mayor Arm Andreas Prabowo Putro, S.I.Pem., M.I.P., M.Han. menjelaskan, wilayah yang jangkauan perbatasan mencapai 360 kilometer dengan melintasi 3 kabupaten, di antaranya, Kabupaten Sambada, Bengkayang, dan Sanggau.

"Saat ini, kita memiliki 26 pos pengamanan di Kalimantan Barat dan harus terus di jaga," ucapnya.

3 dari 3 halaman

TNI Berperan dalam Wawasan Kebangsaan

Andreas Prabowo menyampaikan kegiatan TNI bukan hanya menjaga perbatasan, tetapi banyak program dan kegiatan kepada masyarakat, salah satunya adalah memberikan wawasan kebangsaan.

"Kami juga selalu melakukan  patroli patok di setiap perbatasan, pengobatan gratis, serta program ketahanan pangan", ujarnya.

Tidak kalah penting, program kegiatan Satgas Pamtas Entikong juga adalah menyelenggarakan pendidikan di setiap daerah sebagai upaya penguatan.

"Kami berharap, keberadaan BPIP selalu memberikan pemahaman arti pentingnya Ideologi Negara (Pancasila).

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini