Sukses

Jokowi Ajak PM Xanana Gusmao Bentuk Kawasan Ekonomi di Perbatasan Indonesia dan Timor Leste

Presiden Joko Widodo mengajak pemerintah Timor-Leste untuk membentuk kawasan ekonomi di perbatasan kedua negara. Jokowi juga mengatakan batas darat Indonesia-Timor Leste harus selesai pada akhir tahun 2023.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo mengajak pemerintah Timor-Leste untuk membentuk kawasan ekonomi di perbatasan kedua negara. Jokowi juga mengatakan batas darat Indonesia-Timor Leste harus selesai pada akhir tahun 2023.

Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Timor-Leste, Xanana Gusmao, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 4 September 2023.

"Bapak Presiden menyampaikan diharapkan akhir tahun ini batas darat dapat diselesaikan, dan kedua pemimpin juga menyepakati bahwa kerja sama ekonomi terutama di daerah perbatasan penting untuk ditingkatkan," jata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dikutip dari siaran pers, Selasa (5/9/2023).

Dalam pertemuan itu, Jokowi menekankan dukungan Indonesia terhadap keanggotaan Timor Leste di ASEAN. PM Xanana pun mengapresiasi dukungan Indonesia kepada Timor-Leste dalam keanggotaan ASEAN.

"Pada saat pembicaraan, Bapak Presiden menekankan dukungan ke depan untuk _capacity building_ dalam rangka mempercepat keanggotaan penuh Timor-Leste di ASEAN," jelas Retno.

Dia menyebut, PM Timor-Leste juga turut mengapresiasi Indonesia yang telah menjadi sumber perdamaian dunia.

"PM Xanana Gusmao juga mengatakan bahwa Indonesia merupakan center gravity of a peace dan juga merupakan effective voice dari perdamaian," tuturnya.

Dalam pertemuan ini, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Dukung Penuh Timor Leste Jadi Anggota ASEAN

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Merdeka Jakarta, Senin (4/9/2023). Jokowi menegaskan bahwa Indonesia mendukung penuh Timor Leste menjadi anggota ASEAN.

"Mengenai keanggotaan Timor Leste di ASEAN, Indonesia selalu mendukung dan aplikasi keanggotaan Timor Leste dan implementasi roadmap keanggotaan, termasuk melalui peningkatan kapasitas pejabat Timor Leste," kata Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan PM Xanana di Istana Merdeka Jakarta, Senin (4/9/2023).

Adapun PM Timor Leste Xanana Gusmao akan menghadiri KTT ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5 sampai 7 September 2023. Jokowi menyampaikan selamat datang kepada PM Xanana dan delegasi.

Dia juga menyampaikan selamat kepada Xanana Gusmao yang baru dilantik menjadi PM Timor Leste pada 1 Julo 2023. Jokowi menekankan kemitraan Indonesia-Timor Leste harus diperkuat.

"Indonesia dan Timor Leste adalah saudara sehingga kemitraan kita harus semakin dipererat," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.