Sukses

Jokowi Buka Muktamar Sufi Internasional 2023 di Pekalongan Hari Ini

Adapun Muktamar kali ini akan dihadiri oleh para ulama dari 64 negara termasuk Indonesia yang tergabung dalam World Sufi Assembly.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kerja ke Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023). Jokowi akan membuka Muktamar Sufi Internasional Tahun 2023.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak ke Pekalongan dengan menggunakan pesawat khusus ATR 72-500. Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Bandara Cakrabhuwana di Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Kedatangan Jokowi dan Iriana di Bandara Cakrabhuwana disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo beserta istri, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Akhmad Wiyagus beserta istri, Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati, dan Danlanud Sugiri Sukarni Letkol Pnb. Supardo Butarbutar beserta istri.

Dari Kota Cirebon, Jokowi akan menuju Kota Pekalongan dengan menggunakan rangkaian kendaraan. Di Kota Pekalongan, dia diagendakan untuk meresmikan pembukaan Muktamar Sufi Internasional Tahun 2023 yang digelar di Sahid International Convention Center.

Pada siang harinya, Jokowi akan menuju Pasar Grogolan, Kota Pekalongan untuk melakukan peninjauan sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang pasar dan pedagang kaki lima. Jokowi direncanakan untuk bermalam di Kota Semarang dan melanjutkan kunjungan kerja esok hari.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima amanah untuk menggelar Muktaram Sufi Internasional sebagai panitia bersama Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya.

"Saudara-saudara, baru saja kami dari panitia Mukhtamar Sufi Internasional yang dipimpin oleh Habib Muhammad Lutfi bin Ali bin Yahya bersama rombongan di mana saya mendapat kehormatan diminta ikut serta," kata Prabowo dalam konferensi pers usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

Prabowo mengatakan acara Muktamar Sufi tersebut sudah bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) sejak lama. Sebagai Menhan sudah kewajiban Prabowo untuk melanjutkan amanah tersebut.

"Ini juga sudah kerjasama dengan Kemenhan sejak beberapa tahun lalu, saya tinggal melanjutkan," ujar Prabowo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Dihadiri Para Ulama dari 64 Negara

Prabowo mengatakan acara ini akan digelar pada tanggal 29 hingga 31 Agustus 2023 di Pekalongan. Adapun Muktamar kali ini akan dihadiri oleh para ulama dari 64 negara termasuk Indonesia yang tergabung dalam World Sufi Assembly.

Adapun dalam muktamar nanti akan ada 4 bidang yang menjadi pokok utama pembahasan. Pertama yaitu soal pendidikan sufi dan pengaruhnya terhadap penyucian jiwa, kemudian yang kedua soal ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.

"Ketiga industri media dan opini publik, keempat peran penting tassawuf dalam membangun manusia dan mengembangkan peradaban," papar Prabowo.

Acara tersebut akan mengangkat tema "Karya Sufi Kontemporer dalam Dunia yang Dinamis". Muktamar Sufi nanti akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi di Pekalongan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.