Sukses

Gerebek Kampung Boncos, Polisi Tangkap 5 Orang Pemakai Narkoba dan Amankan Senjata Rakitan

Kapolsek Palmerah Kompol Dodi Abdulrohim mengatakan, saat penggerebekan sebanyak lima orang berhasil diamankan yang diduga tengah mengkonsumsi narkoba.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi kembali melakukan penggerebekan di kampung boncos atau kampung yang kerap dikenal dengan sarang narkoba di Kota Bambu Selatan, Jakarta Barat. Dalam penggerebekan pada hari Selasa (8/8) sebanyak 30 personel bersama dengan K9 (anjing pelacak) dikerahkan.

Kapolsek Palmerah Kompol Dodi Abdulrohim mengatakan, saat penggerebekan sebanyak lima orang berhasil diamankan yang diduga tengah mengkonsumsi narkoba. Selain itu, pihaknya juga turut mengamankan senjata rakitan yang diduga milik pelaku.

"Senjatanya akan kami dalami terus buat apa. Apakah untuk perlawanan kalau ada razia dan sebagainya," ujar dia saat dikonfirmasi, Rabu (9/8/2023).

Selain senjata api, barang bukti lain seperti sabu seberat kurang dari 1 gram, 10 butir tramadol, alat isap sabu atau bong, korek, timbangan, senjata tajam juga turut diamankannya. Dari barang bukti itu dikatakan Dodi ada yang sempat dibuang oleh salah satu pelaku untuk menutupi perbuatannya.

"Ada yang terbukti masih ada paketan, paketan narkoba yang dibuang," jelas dia.

Dodi menerangkan, pada saat penggerebekan sempat terdapat sejumlah kendala seperti banyak ditemukan jalan tikus yang digunakan oleh pelaku untuk kabur. Dengan jumlah anggota telah diterjunkannya itu pun dianggap masih belum mengakomodir.

"Kekuatan anggota kan, seperti biasa jajaran polsek masih kurang anggota, kita melibatkan 30 enggak bisa meng-cover ke sana sini, mangkanya kami menggunakan K9 dan ini banyak didapat di kos kosan, termasuk dijalan," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggerebekan Berlangsung Dramatis

Tak hanya itu, proses penggerebekan itu juga sempat berlangsung dramatis. Pasalnya, anggota mendapat perlawanan oleh pelaku. Namun hal itu pun dapat dikondisikan.

"Memang perlawanan di awal itu kami sudah curiga pada saat kami amankan dia teriak-teriak. Tetapi alhamdulillah dengan kesigapan anggota berhasil mengamankan," beber dia.

Adapun dari penggerebakan di kampung narkoba tersebut, ditambahkan Dodi, angka peredaran narkoba sudah menurun. Terlebih pelaku yang kerap kali menjadikan lokasi itu sebagai peredaran dan pemakaian barang haram bukanlah lagi asli warga sekitar.

Dikatakan dia, para pelaku telah beralih ke lokasi lain untuk digunakan sebagai transaksi narkoba.

"Kelihatannya, mudah-mudahan ya. Tetapi bergeser ke wilayah yang lain, salah satunya di Pasar Tomang Asli. Pasti akan akan kami dalami," tutup dia.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.