Sukses

Intip Ranking Restoran Steak Halal di Indonesia, Salah Satunya Ada Waroeng Steak & Shake

Terkait steak halal, salah satu merek yang cukup dikenal pada generasi milenial adalah Waroeng Steak & Shake.

Liputan6.com, Jakarta - Steak merupakan salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Namun, perlu diperhatikan bagi umat Islam, mengonsumsi steak halal menjadi suatu keharusan. Hal ini karena daging yang digunakan harus berasal dari hewan yang disembelih sesuai syariat Islam.

Terkait steak halal, salah satu merek yang cukup dikenal pada generasi milenial adalah Waroeng Steak & Shake. Ihatec Marketing Research melakukan survei dalam Top Halal Award 2023 yang mengajukan satu pertanyaan spesifik, Waroeng Steak & Shake menyita perhatian 31.1% responden sebagai merek restoran steak halal yang paling mereka ingat.

"Seluruh penghargaan tersebut didedikasikan bagi tim Waroeng Steak & Shake atas komitmen untuk terus menghadirkan produk-produk terbaik sengan standar keamanan pangan yang ketat dan juga memastikan bahwa produk Waroeng Steak & Shake diproduksi secara halal bagi seluruh konsumen," ujar Direktur Utama PT Waroeng Steak Indonesia Riyanto yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Selasa (19/12/2023).

Dia menjelaskan, Top Halal Index dibangun oleh dua elemen besar, yaitu elemen merek dan halal. Ada 3 parameter yang membentuk elemen merek, yaitu Top of Mind Halal Brand Awareness, Last Usage Brand Halal, dan Future Intention Brand Halal.

Sedangkan elemen halal, lanjut Riyanto, dibentuk oleh 4 parameter yaitu Persepsi terhadap komunikasi Kehalalan produk, Persepsi Kehalalan terhadap Bahan Baku, Persepsi Kehalalan terhadap Proses Produksi dan Persepsi Kehalalan pada Kemasan Produk

"Waroeng Steak & Shake mendominasi urutan pertama Top of Mind Brand Halal Awareness dengan point 31,1 %, Steak 21 di posisi kedua di 8,8 % kemudian Kampoeng Steak di urutan ke 3 di 9,9% dilanjutkan brand Steak lain seperti Abuba Steak, Boncafe, Steak Hunt, Holycow, Moen Moen, My Steak dan lain-lain," papar Riyanto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Total Penilaian

Jika dilihat berdasarkan total penilaian TOP Halal Index, Waroeng Steak & Shake mendapatkan total index di 9.685, dilanjutkan Abuba Steak di 8.610 kemudian Holycow di 8.555 lalu Moen Moen di 8.166.

Total index merupakan nilai total dari penilaian elemen Merek dan elemen Halal. Nilai total index ini menunjukkan tingkat kesadaran dan kepercayaan konsumen terhadap produk halal secara keseluruhan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya nilai total index, di antaranya:

- Kualitas Produk

Kualitas produk merupakan faktor yang paling penting dalam penilaian total index. Produk yang berkualitas, baik dari segi bahan baku, proses pengolahan, maupun rasa, akan lebih disukai oleh konsumen.

- Komunikasi

Komunikasi yang efektif dapat meningkatkan kesadaran dan kepercayaan konsumen terhadap produk halal. Komunikasi yang efektif dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti iklan, media sosial, dan word of mouth.

- Sertifikasi halal

Sertifikasi halal merupakan bukti bahwa produk telah memenuhi standar halal yang ditetapkan oleh pemerintah. Sertifikasi halal dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk halal.

 

3 dari 3 halaman

Dapat Kepercayaan Konsumen

Nilai total index 9.685 menunjukkan bahwa Waroeng Steak & Shake memiliki tingkat kesadaran dan kepercayaan konsumen yang tinggi terhadap produk halal.

Hal itu juga berarti bahwa Waroeng Steak berkomitmen terhadap pentingnya kualitas halal dari setiap bahan, bahan masakan dan penyajian yang dihidangkan.

Dedikasi ini tidak hanya membuat Waroeng Steak & Shake menduduki peringkat nomor satu di Indonesia namun juga memantapkan reputasinya sebagai pilihan utama bagi mereka yang mencari pilihan steak halal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.