Sukses

Momen Ridwan Kamil Bungkukkan Badan Saat Presiden Jokowi Puji Investasi Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat meresmikan operasional jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II, Jumat (4/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat meresmikan operasional jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II, Jumat (4/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi capaian Jawa Barat sebagai provinsi dengan investasi terbaik di Indonesia. Menurut dia, salah satu pendorong pertumbuhan investasi di Jawa Barat adalah pembangunan jalan tol yang banyak dilakukan di daerah itu.

"Jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun," Kata Jokowi.

Setelah mendengar hal tersebut, Ridwan kamil yang berdiri mendampingi Jokowi langsung membungkukkan badan di hadapan publik.

Terkait hal tersebut, Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai ada sinyal endorsement yang diberikan Presiden Jokowi ke Ridwan Kamil.

Apalagi, sehari sebelumnya pun Jokowi bersama Ridwan Kamil menjajal LRT Jabodebek, bahkan juga mengadakan sejumlah pertemuan.

"Endorsement dari Pak Presiden itu bisa dilihat dari sikap, perilaku, kemudian ucapan dan tindakan-tindakan politik," jelas Agung.

"Dalam konteks RK (Ridwan Kamil) misalkan bisa terlihat dari ucapannya," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Penghormatan

Agung juga melihat, saat Ridwan Kamil membungkukkan badan, jelas itu simbol penghormatan dan kepercayaan.

Di mana, sebagai gubernur yang juga kepanjangan tangan pemerintah pusat, dia mampu membuat masyarakat Jabar merasa puas, dengan dibuktikan elektabilitasnya yang tergolong moncer.

"Tingkat kepuasannya juga cukup bagus," jelas dia.

Karena itu, wajar jika Presiden Jokowi memberikan sinyal untuk memberi endorsement kepada Ridwan Kamil. "Ketika dia (Presiden Jokowi) mem-posting foto berdua dengan Pak RK, itu kan kode," kata Agung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Jawa Barat

  • Jabar

Video Terkini