Sukses

15 Link Twibbon 1 Muharram 1445 H Lengkap dengan Cara Buatnya, Yuk Ikut Rayakan!

Salah satu yang juga bisa kamu lakukan adalah membuat Twibbon 1 Muharram 1445 H. Seperti apakah?

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam tak lama lagi akan menyambut bulan Muharram, yakni bulan pertama pada kalender Hijriyah. Tahun Baru Islam itu pun menjadi salah satu momen yang ditunggu umat Muslim.

Pada tahun ini, Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah jatuh tepat pada hari Rabu 19 Juli 2023. Lalu, dalam kalender Jawa, 1 Muharram juga disebut dengan 1 Suro.

Dalam catatan sejarah pada hari tersebut, Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dari Makkah ke Madinah pada 622 Masehi. Kemudian, sahabat Nabi Muhammad SAW, Ali bin Abi Thalib menjadikan masa Rasulullah SAW hijrah atau 1 Muharram ini sebagai pedoman menentukan kalender Islam.

Mengapa Tahun Baru Islam menjadi salah satu yang dinanti umat Muslim? Sebab bisa menjadi kesempatan muslim mengerjakan amal saleh. Banyak amalan yang dapat dilakukan umat Islam di awal tahun dan sepanjang bulan Muharram.

Beberapa amalan soleh yang bisa dilakukan pada bulan Muharram di antaranya seperti puasa, membaca Al-Qur'an, hingga berzikir. Kemudian, jelang pergantian tahun, kita juga dianjurkan untuk mengamalkan bacaan doa, yaitu doa tahun baru Islam.

Waktu yang paling baik untuk mengamalkan doa adalah sesaat sebelum pergantian tahun atau dari waktu ashar hingga magrib.

Selain itu, pada momen tersebut juga umumnya diisi dengan berbagai acara untuk memeriahkan Tahun Baru Islam. Berbagai cara bisa dilakukan umat muslim untuk menyambut Tahun Baru Islam.

Salah satu yang juga bisa kamu lakukan adalah membuat Twibbon 1 Muharram 1445 H. Lalu, apakah Twibbon? Twibbon sendiri merupakan bingkai bertema yang bisa dipasang di foto profil akun media sosial seseorang.

Bingkai atau Twibbon tersebut bisa dipakai untuk foto profil akun Facebook, Twitter, Instagram, termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram, serta kirim ke orang lain melalui laman Twibbonize.com.

Berikut adalah cara membuat dan link Twibbon 1 Muharram 1445 H yang dihimpun Liputan6.com dari laman www.twibbonize.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Twibbon 1 Muharram 1445 H

Untuk membuat Twibbon 1 Muharram 1445 H pun cukup mudah. Kamu dapat menggunakan perangkat seperti laptop, tablet, atau cukup dari ponsel. Berikut caranya:

1. Kamu cukup memilih salah satu dari link atau dapat mencari lebih banyak di Twibbonize.com,

2. Lalu, klik "Choose a Photo" dan pilih foto yang kamu ingin pakaikan bingkai dari galeri perangkatmu,

3. Sesuaikan posisi foto di dalam bingkai yang dipilih, kemudian pilih "Next",

4. Klik "Download" untuk menyimpannya di perangkatmu,

5. Kamu lalu bisa membagikan Twibbon yang sudah kamu buat di media sosial yang diinginkan.

 

3 dari 4 halaman

Link Twibbon 1 Muharram 1445 H

Berikut link Twibbon 1 Muharram 1445 H dihimpun dari laman www.twibbonize.com:

1. https://twb.nz/tahunbaruislam-1muharram1445h

2. https://twb.nz/tahunbaruhijriyah14451

3. https://twb.nz/tahunbaruislam1445h1

4. https://twb.nz/islamicnewyear1445

5. https://twb.nz/tahunbaruislam1445hsmkwin

6. https://twb.nz/tahunbaruislam1445hgsctaiwan

7. https://twb.nz/ambonku

8. https://twb.nz/hazozax

9. https://twb.nz/nzwarmdnii24

10. https://twb.nz/man123-tahunbaruislam2023

11. https://twb.nz/lalanazz

12. https://twb.nz/irfan46

13. https://twb.nz/tahunbaruislam1445h1

14. https://twb.nz/muharram1445alfurqaan

15. https://twb.nz/tahunbaruislamdiamondproperty

 

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Tahun Baru Islam 1 Muharram 2023 Lengkap dengan Artinya

Pergantian tahun di Tahun Baru Islam memberikan sebuah harapan baru. Di sinilah doa berperan penting dalam mengarahkan harapan kita kepada Allah SWT. Ada baiknya kita mengajukan permohonan kepada-Nya seperti doa Rasulullah SAW di awal tahun baru.

Melansir laman NU Online, berikut merupakan doa Rasulullah SAW di awal tahun seperti disebutkan Sayid Utsman bin Yahya dalam Maslakul Akhyar.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.

Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Doa awal tahun ini dibaca sebanyak tiga kali. Sebaiknya dibaca di malam 1 Muharram. Semoga Allah meringankan langkah kita ke depan menuju kebaikan dunia dan akhirat. Baiknya kita iringi doa ini dengan amalan lain seperti puasa, khataman, sema’an Al-Quran, sedekah, atau aksi positif lainnya. Wallahu a’lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.