Sukses

Tahun Ajaran Baru 2023/2024, Bunda Fatma Ajak Orang Tua dan Guru Sukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD

Tak terasa tahun ajaran baru 2023/2024 sudah di depan mata. Jadwal masuk sekolah tiap daerah berbeda-beda dan telah ditentukan jauh-jauh hari.

Liputan6.com, Pasuruan Tak terasa tahun ajaran baru 2023/2024 sudah di depan mata. Jadwal masuk sekolah tiap daerah berbeda-beda dan telah ditentukan jauh-jauh hari. Para siswa di Jawa Timur akan memulai kegiatan belajar mengajar pada Senin, 17 Juli 2023 mendatang.

Berkaitan dengan dimulainya tahun baru baru, Bunda Paud Kota Pasuruan, Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf (Fatma) sejak jauh-jauh hari mengajak seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan, mulai dari orang tua, guru hingga kepala sekolah untuk menyukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD dengan belajar asyik, menyenangkan dan bermakna dengan metode menarik dan berdiferensiasi (pembelajaran yang berpusat pada siswa).

Gerakan Transisi PAUD ke SD bertujuan untuk memastikan hak anak dalam mendapatkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sejak usia dini. Sehingga belajar bukan menjadi beban.

"Tujuan utamanya adalah membuat belajar tidak menjadi beban, melainkan membuat anak belajar sambil bermain, sebagai bonusnya anak-anak menjadi cerdas, mandiri, kreatif, dan bahagia," ujar Bunda Fatma.

Fatma menjelaskan ada tiga target fokus yang harus diimplementasikan dalam proses transisi PAUD-SD ini antara lain : pertama, meniadakan tes calistung pada PPDB SD. Kedua, melaksanakan masa perkenalan lingkungan sekolah minimal selama 2 minggu. Dan yang ketiga, menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Renovasi Bangunan Satuan PAUD Sejenis

Sejak menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Pasuruan, Bunda Fatma memiliki perhatian yang besar pada dunia pendidikan dan juga lingkungan. Di sektor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Bunda Fatma berupaya melakukan perbaikan sarana dan prasarana Satuan PAUD Sejenis (SPS) di Kota Pasuruan. 

Dengan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) atau dana non pemerintah, akhirnya pada tahun lalu sebanyak 16 dari 42 sekolah PAUD sudah memiliki bangunan yang layak, lengkap dengan fasilitas jamban bersih dan nyaman.

"Saya mencari bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dan akhirnya ada dua perusahaan yang berkenan membantu memperbaiki bangunan yang jebol, di buatkan jamban baru gress dan merenovasi jamban lama," kata Bunda Fatma.

Dari renovasi sekolah itu, ia berharap dapat memberikan semangat kepada anak-anak untuk belajar.

“Harapan saya, renovasi sekolah yang dilakukan dapat menjadi penyemangat untuk anak-anak kita di Kota Pasuruan dan semoga dapat memberikan kesempatan mutu pendidikan agar dapat ditingkatkan di kota ini,” ucap Bunda Fatma.

3 dari 4 halaman

Terima Penghargaan Perempuan Inspiratif di Festival 6

Atas kepedulian yang besar pada dunia pendidikan, Istri Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf ini diganjar penghargaan Anugerah Inspiratif Liputan6.com 2023 pada kategori Perempuan Inspiratif 2023 Pegiat Lingkungan dan Kelompok Tani. 

Fatma Saifullah selaku Ketua TP-PKK, Bunda PAUD, dan Ketua Forikan, dan Dekranasda memenuhi kriteria penilaian yang meliputi 4 hal sebagai berikut.

1. Asupan Sehat dan Kesejahteraan Petani

Penggalak dan edukasi akan pentingnya konsumsi Ikan sebagai sumber protein sehat dan sayur mayur sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya petani ikan/nelayan serta menekan angka stunting di Kota Pasuruan.

2. Aktivasi terhadap Anak-anak Usia Dini

Pelaksanaan Gebyar PAUD 2022, yang dihadiri oleh 300 anak PAUD melalui kegiatan edukatif serta menyenangkan dan menguntungkan bagi petani. Seperti diadakannya lomba meronce dari bahan sayuran, menyusun kolase dari kacang - kacangan.

3. Peningkatan Infrastruktur dan Fasilitas PAUD/SPS

Bekerja sama dengan pihak swasta untuk pengadaan Jamban pada SPS di 16 titik, renovasi, pengecatan, dan perbaikan Genteng agar lingkungan menjadi bersih dan tidak berbau

4. Pemanfaatan Barang Bekas dalam Produk Kerajinan

Membuat Celengan karakter berbahan dasar koran bekas yang ditampilkan pada Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2022) sebagai wujud dari pemanfaatan limbah kertas menjadi produk seni yang bernilai dan bermanfaat.

 

4 dari 4 halaman

Harapan Bunda Fatma untuk Anak-Anak Indonesia

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Liputan6.com yang telah memberikan apresiasi kepada saya, selaku Bunda PAUD Kota Pasuruan," ucapnya saat menerima penghargaan secara langsung di acara Festival 6 yang berlangsung di The Dome, Senayan Park, Sabtu (8/7/2023).

Bunda Fatma lantas mendedikasikan penghargaan ini untuk seluruh pendidik di Kota Pasuruan. 

"Dedikasi ini akan saya berikan kepada seluruh pendidik, khususnya bunda-bunda PAUD di Kota Pasuruan dan Seluruh Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, bunda-bunda PAUD telah berjuang dengan pengabdiannya, dan Insya Allah akan memberikan manfaat bagi anak-anak untuk menjadi pemimpin di masa depan.

"Mudah-mudahan anak-anak Indonesia, bisa melihat kesempatan untuk mengisi kemerdekaan di negara kita yang tercinta," imbuh Bunda Fatma.

Anugerah Inspiratif Liputan6.com 2023 diberikan kepada kepada 15 pejabat publik, kepala daerah, tokoh dan lembaga yang menginspirasi di berbagai bidang. Bunda Fatma menjadi salah satu penerima penghargaan karena dianggap sebagai sosok yang menginspirasi di bidangnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini