Sukses

3 Pernyataan UGM Terkait Viralnya Mahasiswa KKN Diduga Berbuat Mesum

Direktur Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM) UGM Rustamadji membantah semua pemberitaaan yang menyebut adanya dugaan mahasiswa KKN UGM melakukan perbuatan mesum.

Liputan6.com, Jakarta Dugaan mesum yang dilakukan mahasiwa Universitas Gadjah Mada (UGM) Kuliah Kerja Nyata atau KKN menghebohkan publik Tanah Air. Dugaan aksi mesum mahasiswa KKN tersebut mencuat usai diunggah oleh akun Twitter @UGM_FESS.

"kkn ugm_fess tuh sebebas itu yak? barusan dapat kiriman ada yang ketauan berbuat mes*m."

Sontak kabar tersebut menjadi perbincangan hangat publik dan viral di media sosial.

Belakangan pihak UGM angkat bicara atas kabar viral yang beredar. Direktur Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM) UGM Rustamadji menegaskan bahwa isu adanya dugaan mahasiswa UGM melakukan perbuatan mesum adalah tidak benar.

"Setelah dilakukan investigasi, dinyatakan bahwa kejadian tersebut tidak seperti yang diberitakan. Tidak ada mesum seperti yang ramai diberitakan," kata Rustamadji dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 4 Juli 2023, dikutip dari Regional Liputan6.com.

Sebelumnya, dalam obrolan yang tersebar di grup WhatsAp dikatakan bahwa Ibu Lurah daerah tempat mahasiswa itu KKN sendiri yang memergoki perbuatan mesum tersebut. Dalam isi obrolan itu juga dikatakan bahwa kedua mahasiswa itu dipulangkan akibat kejadian tersebut. 

Berikut sederet pernyataan pihak UGM atas isu yang beredar dan sederet langkah yang dilakukan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. UGM Bantah Dugaan Kasus Mahasiswa KKN Mesum yang Viral

Menyikapi kabar miring yang beredar, belum lama ini Direktur Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM) UGM Rustamadji membantah semua pemberitaaan yang menyebut adanya dugaan mahasiswa KKN UGM melakukan perbuatan mesum. 

Sebelumnya, publik kembali dibuat heboh dengan kabar viral diduga mahasiswa UGM yang diduga bertindak mesum di lokasi Kuliah Kerja Nyata atau KKN. Kabar tersebut mulai viral setelah terdapat unggahan di media sosial @UGM_FESS.

Pada cuitan yang diunggah di media sosial Twitter tersebut, seseorang menanyakan mengenai KKN yang diduga bebas. Hal tersebut, ia pertanyakan karena ada kiriman lain mengenai kabar mahasiswa yang berbuat mesum.

Sontak dugaan perbuatan mesum di lokasi KKN diduga mahasiswa UGM itu pun menjadi viral dan ramai dibahas publik. Namun, pihak UGM langsung menginvestigasi mengenai kebenarannya.

Melalui unggahan Twitter resmi UGM, @UGMYogyakarta, kabar tersebut langsung diklarifikasi oleh direktur DPkM UGM, DR. dr. Rustamadji, M.Kes. Pihaknya menegaskan jika kabar tersebut telah dikonfirmasi tidak benar.

“Direktur DPkM UGM, Dr. dr. Rustamadji, M.Kes., menegaskan terkait pemberitaan di berbagai media sosial tentang dugaan kejadian tidak menyenangkan di lokasi KKN dinyatakan bahwa hal tersebut tidak benar,” tulis @UGMYogyakarta pada Senin (3/7/2023).

3 dari 4 halaman

2. UGM: Tidak Benar Ada Penolakan dan Pemulangan Unit KKN di Lokasi Tersebut

Selain itu, pihak UGM juga menegaskan kabar adanya penolakan dan pemulangan unit KKN di lokasi tersebut tidak benar. Kini, pihak DPL dan DPkM pun melakukan mitigasi dampak agar kegiatan KKN bisa berlangsung kembali sesuai rencana.

"Tidak benar ada penolakan dan pemulangan unit KKN oleh lokasi. Saat ini DPL dan DPkM tengah memitigasi dampak dan terus melakukan konsolidasi untuk memastikan kondisi bisa pulih dengan baik agar kegiatan KKN bisa dilanjutkan sesuai dengan rencana, disertai dengan pengawasan dan perhatian serius," tulis keterangan UGM.

4 dari 4 halaman

3. UGM Lakukan Investigasi

Setelah melakukan investigasi, DPkM selaku pengelola kegiatan KKN tersebut memastikan tidak ada perbuatan mesum seperti yang kini ramai dibahas publik.

“Setelah dilakukan investigasi, dinyatakan bahwa kejadian tersebut tidak seperti yang diberitakan. Tidak ada mesum seperti yang ramai diberitakan,” jelas keterangan UGM.

Sementara itu, Kepala Humas UGM Dina W Kariodimedjo juga turut memberikan tanggapannya. 

Dina mengatakan pihak UGM melalui DPKM UGM yang mengelola masalah KKN sudah melakukan penanganan terhadap dugaan perbuatan mesum tersebut.

"DPKM UGM sebagai pengelola KKN UGM bergerak cepat, menanggapi peristiwa adanya dugaan kejadian khusus di lokasi KKN," kata Dina dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/7).

Dina membeberkan selama proses penanganan dilakukan oleh internal kampus, pihak UGM meminta agar semua pihak bisa bersikap bijaksana atas dugaan perbuatan mesum di lokasi KKN tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini