Sukses

Tak Hanya JIS, 22 Stadion Termasuk Kanjuruhan Bakal Direnovasi Jadi Standar FIFA

Basuki Hadimuljono mengungkapkan, selain Jakarta International Stadium (JIS), pemerintah juga bakal merenovasi 22 stadion di Indonesia termasuk Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, selain Jakarta International Stadium (JIS), pemerintah juga bakal merenovasi 22 stadion di Indonesia termasuk Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Basuki menyatakan, total ada 165 stadion yang dievaluasi oleh Komite Keselamatan Bangunan Gedung (KKBG). Hasilnya, hanya 22 stadion yang akan direnovasi.

"Kami juga mengevaluasi 165 stadium di Indonesia diprioritaskan 22 direnovasi, plus Kanjuruhan, yang direnovasi dari 22 dievaluasi teknis, yang mengevaluasi Komite Keandalan Bangunan Gedung yang diketuai Ditjen Cipta Karya," kata Basuki ditemui usai meninjau JIS, Jakarta Utara, Selasa (3/7/2023).

"Dari 22 itu ada (stadion yang) rusak ringan, sedang, berat, berat ada yang harus dirobohkan seperti Stadion di Lamongan, beberapa diantaranya dulu sudah kami perbaiki," sambung Basuki.

Direnovasi Sesuai Standar FIFA

Pada kesempatan yang sama, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir menyatakan, 22 stadion itu nantinya bakal direnovasi sesuai standar FIFA. Rp 1,9 anggaran digelontorkan untuk renovasi.

"Kita di sini ingin menyelesaikan supaya aset-aset nasional, stadion-stadion yang 22 jumlahnya yang akan direnovasi senilai Rp 1,9 triliun itu memang sudah standar yang dimau internasional atau FIFA," ungkap Erick.

Erick menuturkan, usai rampung direnovasi standar FIFA, puluhan stadion termasuk JIS bakal jadi lokasi dihelatnya laga 1 dan 2 bagi tim nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Heru Budi hingga Erick Thohir Tinjau JIS

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir beserta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljoyo meninjau Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).

Sayangnya, peninjauan JIS yang dimulai sekitar pukul 10.04 ini tertutup dari awak media. Pengamanan pun dilakukan secara ketat.

Hingga pukul 10.38 WIB, rombongan yang melakukan peninjauan nampak keluar dari stadion. JIS diketahui menjadi kandidat venue untuk Piala Dunia U-17 2023.

Rombongan melihat sejumlah infrastruktur JIS yang hendak direnovasi untuk persiapan sebagai salah satu kandidat venue penyelenggaraan ajang Piala Dunia U-17 2023 itu.

Awak media diminta oleh petugas keamanan menunggu di pintu masuk stadion zona barat.

"Iya tidak boleh masuk. Ini (acara) internal," kata salah seorang sekuriti kepada wartawan yang berusaha masuk ke stadion, Selasa (4/7/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.