Sukses

Momen Keakraban Jokowi dan PM Australia Anthony Albanese di Kapal

Jokowi bersama PM Australia Albanese terlihat menaiki kapal yang dimiliki Australian Federal Police tersebut untuk bertolak menuju lokasi penyelenggaraan Annual Leaders’ Meeting (ALM).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi disambut dengan baik oleh Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese saat melakukan kunjungan kerja ke Sydney. Jokowi diajak PM Albanese menaiki kapal dari Dermaga Admiralty House menuju Dermaga Taronga Zoo, Selasa (4/7/2023).

Sekira pukul 13.20 waktu setempat, Jokowi bersama PM Australia Albanese terlihat menaiki kapal yang dimiliki Australian Federal Police tersebut untuk bertolak menuju lokasi penyelenggaraan Annual Leaders’ Meeting (ALM).

Selama perjalanan, dia dan PM Albanese berbincang berdua di geladak belakang kapal sambil menikmati pemandangan sekitar. Momen tersebut menunjukan hubungan kedekatan antara kedua pemimpin.

Di tengah perjalanan, Jokowi bersama PM Anthony Albanese pun terlihat menjelaskan mengenai sejumlah bangunan dan lokasi sekitar dari atas kapal.

Usai menempuh perjalanan selama 20 menit, Presiden Jokowi bersama PM Albanese tiba di Dermaga Taronga Zoo dan melanjutkan perjalanan dengan rangkaian kendaraan menuju lokasi penyelenggaraan Annual Leaders’ Meeting (ALM).

Ini merupakan sebuah kegiatan balasan dari PM Albanese atas pengalaman menyenangkan saat kunjungannya ke Indonesia. Saat itu, Jokowi mengajak PM Albanese bersepeda pagi menikmati suasana Kebun Raya Bogor.

"Itu adalah pengalaman yang luar biasa dan saya menganggap sebagai kehormatan besar bahwa Presiden mengundang saya untuk naik sepeda bambu bersamanya ke tempat yang indah di taman botani ini," ucap PM Albanese saat kunjungannya ke Istana Kepresidenan Bogor pada 6 Juni 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Tengah Hujan, PM Australia Ajak Presiden Jokowi Keliling Admiralty House

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu Perdana Menteri (PM) Australia, Anthony Albanese, di Admiralty House, Sydney, Selasa (4/7/2023). PM Australia mengajak Jokowi berkeliling di halaman belakang Admiralty House.

Momen tersebut terjadi usai pertemuan tatap muka antara Jokowi dengan Gubernur Jenderal Australia David Hurley di Admiralty House. Kendati cuaca hujan, kedua pemimpin tersebut terlihat sangat akrab melihat pemandangan  di sana.

Keakraban juga semakin terlihat saat masing-masing pemimpin saling memegang payung senada berwarna hitam sambil berbincang santai.

Beberapa kali tampak PM Albanese menunjukan dan menjelaskan mengenai bangunan ikonik Kota Sydney, yakni Sydney Opera House dan Harbour Bridge. Tidak hanya itu, kedua pemimpin juga beberapa kami mengabadikan momen dengan berfoto bersama.

Usai berkeliling, Jokowi bersama PM Albanese kemudian kembali ke dalam bangunan Admiralty House untuk selanjutnya melaksanakan jamuan makan siang kenegaraan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam kunjungan kenegaraan ke Australia diterima Gubernur Jenderal Australia, David Hurley, di Admiralty House, Sydney, pada Selasa pagi. Setibanya di sana, Jokowi secara langsung disambut oleh Gubernur Jenderal Australia sesaat setelah turun dari kendaraannya.

Kedua pemimpin kemudian berjalan beriringan menuju lokasi upacara penyambutan kenegaraan dengan iringan 21 dentuman meriam.

Setelah Jokowi berada di mimbar kehormatan, lagu kebangsaan masing-masing negera diperdengarkan. Kemudian Gubernur Jenderal Hurley mempersilakan Jokowi memeriksa barisan kehormatan dan diikuti dengan pengenalan delegasi masing-masing.

Selanjutnya, Jokowi bersama Gubernur Jenderal Australia memasuki bangunan Admiralty House untuk menandatangani buku tamu dan dilanjutkan dengan pertemuan tatap muka.

"Saya senang menyambut anda di Admiralty House,” ucap Gubernur Jenderal Hurley.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini