Sukses

HUT Bhayangkara ke-77, Polri Disebut Berwajah Lebih Humanis dengan Slogan Presisi

Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77 diperingati Sabtu 1 Juli 2023 yang dipusatkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Adapun tahun ini Hari Bhayangkara mengusung tema: "Polri Presisi untuk Negeri: Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas".

Liputan6.com, Jakarta Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara  ke-77 diperingati Sabtu 1 Juli 2023 yang dipusatkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Adapun tahun ini Hari Bhayangkara mengusung tema: "Polri Presisi untuk Negeri: Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas".

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dzulfikar Ahmad Tawalla mengatakan, Polri sempat mengalami penurunan di mata masyarakat akibat sejumlah kasus. 

Meski demikian, dengan adanya program yang digaungkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yaitu Presisi dapat meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

"Kapolri terus berkomitmen memajukan Polri, sebagaimana slogan Presisi (prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan). Slogan itu mencerminkan agar Polri bertindak secara cepat dan tepat, responsif, terbuka, humanis dan berkeadilan," kata Dzulfikar dalam keterangannya, Minggu (2/7/2023).

Menurut dia, konsep Presisi tersebut bukan hanya sekedar selogan saja. Karena, pada faktanya berjalan secara efektif dan membuat kepercayaan masyarakat berangsur meningkat.

Oleh karenanya, program yang dipimpin oleh Sigit itu pun dikatakannya patut diapresiasi dan diberikan pujian. 

"Dari tema itu kita dapat menangkap pesan bahwa ada tantangan kedepan ditengah pesta demokrasi. Menjelang Pemilu, biasanya isu SARA sering kali mencuat, yang mampu menimbulkan konflik horizontal di masyarakat," ujar Dzulfikar.

Sehingga, dalam Pemilu nanti Korps Bhayangkara diminta untun bersikap netral dalam pesta demokrasi sesuai amanat UUD 1945.

Hal ini juga untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta menjadi pelindung, pengayoman dan pelayan terhadap masyarakat.

"Polri harus menjamin keamanan transisi kepemimpinan nasional berjalan dengan tertib dan damai. Keamanan dan ketertiban menjadi faktor pendukung menuju Indonesia emas. Energi bangsa melalui semangat gotong royong dapat dioptimalkan untuk hal yang produktif, bukan penuh konflik," ucap Dzulfikar.

Menurutnya, produktivitas bangsa akan mampu mendorong usaha dan mewujudkan cita-cita Indonesia emas di masa yang akan datang.

"Di masa mendatang, konsep Presisi perlu terus gaungkan sekaligus dikembangkan, seturut dengan itu membutuhkan ketauladanan para pimpinan Polri. Selamat memperingati hari Bhayangkara ke-77," kata Dzulfikar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memiliki Wajah Yang Lebih Humanis

Secara terpisah, Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Najih Prasetyo menyebut, Kapolri Sigit telah menjadi pemimpin Polri dalam menjalankan program kerjanya yang sudah berjalan dengan baik.

Apalagi, dalam memelihara keamanan dan ketertiban serta penegakan hukum yang berkeadilan sekaligus menjadi pengayom dan pelindung masyarakat.

"Polisi kini tidak tampak lagi sebagai wajah muram dan garang, namun dengan wajah yang lebih humanis dan dekat dengan masyarakat," ujar Najih Prasetyo.

Wajah humanis yang kini ada pada Korps Bhayangkara ini disebutnya tidak lepas dari konsep Presisi. Karena, memang selogan itu dan sistem yang didukung kedaulatan tersebut telah ditunjukkan oleh para pemimpin Polri.

Oleh karena itu, ia berpesan agar wajah humanis tersebut tidak hanya dalam momentum hari jadi ke-77 saja. Melainkan dapat diimplementasikan oleh seluruh personel Korps Bhayangkara.

"Dalam HUT ke 77 juga ini kami pesankan agar spirit humanis dan tradisi dekat dengan publik oleh petinggi Polri dapat juga diimplemantasikan oleh semua anggota kepolisian," ungkap Najih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini