Sukses

Momen Gus Imin Bantu dan Semangati Jemaah Haji yang Kelelahan di Mina

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Gus Imin turut membantu dan menyemangati jemaah haji Indonesia yang kelelahan usai lempar jumrah di Mina, Saudi Arabia, Rabu (28/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Gus Imin turut membantu dan menyemangati jemaah haji Indonesia yang kelelahan usai lempar jumrah di Mina, Saudi Arabia, Rabu (28/6/2023). Banyak jemaah haji asal Indonesia yang kelelahan lantaran cuaca di Saudi Arabia mencapai 42 derajat.

Salah satu jemaah haji kelelahan yang dibantu Gus Imin berasal dari Lamongan. Jemaah perempuan berusia 60 tahun terlihat lemas di area lempar jumrah di Mina.

Melihat kondisi jemaah itu, Gus Imin langsung menghampirinya. Ketua Tim Pengawas Haji DPR RI ini langsung memberi pertolongan pertama, yaitu air minum dan kurma.

"Ini siapa Karomnya (kepala rombongan). Tolong ini dibantu, dijaga ya. Laporkan ke tim kesehatan dan segera beri perawatan," tutur Gus Imin.

Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) itu juga nampak memompa semangat jemaah tersebut agar kuat dan tetap menjaga kesehatan sepanjang pelaksanaan ibadah haji.

"Ibu sing kuat njih, insyaAllah berkah, sebentar lagi niki (ini) selesai (pelaksanaan ibadah haji)," kata Gus Imin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Jemaah Haji Dirawat

Sebelumnya dilaporkan lebih dari 6.700 jemaah haji dirawat karena kelelahan dan sengatan panas matahari atau heat stroke sejak dimulainya ibadah haji. Hal itu diungkap Dr. Muhammad Al-Abdel Ali, Juru bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Otoritas Saudi telah menugaskan puluhan ribu tenaga kesehatan untuk ibadah haji dan sukarelawan membagikan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini