Sukses

Jokowi Tawarkan Dua Korban Peristiwa 1965 Kembali Jadi WNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menawarkan kepada dua korban peristiwa 1965 untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI). Mereka adalah Jaroni Soejomartono (80) dari Ceko, dan Sudaryanto Yanto Priyono (81) dari Rusia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menawarkan kepada dua korban peristiwa 1965 untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI). Mereka adalah Jaroni Soejomartono (80) dari Ceko, dan Sudaryanto Yanto Priyono (81) dari Rusia.

Keduanya adalah mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Ekonomi di Ceko, dan Institute Koperasi Moskow di Rusia. Mereka tadinya adalah WNI yang dicabut kewarganegaraanya imbas peristiwa 1965.

"Beliau-beliau ini tidak bisa kembali ke Indonesia, bayangkan masih mahasiswa. Mungkin Pak Soejomartono bisa bercerita pendek," kata Jokowi saat Peluncuran Pelaksanaan Rekomendasi Non-Yudisial Pelanggaran HAM Berat, di Pidie, Aceh, Selasa (27/6/2023).

Soejomartono pun menceritakan bahwa tengah terjadi kudeta di Tanah Air yang didalangi oleh Sukarno. Namun, ia merasa hal itu tidak masuk akal.

"Buat saya pribadi itu sangat tidak masuk akal, sebab Bung Karno waktu itu sudah menjadi presiden dengan dukungan yang kuat," kata Soejomartono.

Soejomartono yang saat itu berusia 22 tahun diminta untuk menandatangani persetujuan atas terbentuknya pemerintahan yang baru di Indonesia.

Namun, ia bersama teman-temannya di Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Ceko menolak dan berujung pencabutan paspor.

"(Kewarganegaraan) dicabut semua karena tidak mau menandatangani persetujuan atas terbentuknya pemerintahan yang baru," kata dia.

Cerita serupa juga diungkapkan Sudaryanto yang juga mengaku dicabut paspor dan kewarganegaraannya karena menolak mengutuk Bung Karno.

"Setelah terjadi peristiwa 65 karena saya juga tidak memenuhi syarat screening karena pada saat itu dilakukan karena di sana ada poin bahwa harus mengutuk Bung Karno," ungkap Sudaryanto.

"Ini yang langsung tidak saya terima, dan akhirnya dalam seminggu sesudahnya saya (menerima) surat pemberitahuan bahwa paspor saya sudah dicabut dan saya kehilangan kewarganegaraan," tutur Sudaryanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jawaban Soejomartono dan Sudaryanto saat Ditawarkan Jokowi Kembali Jadi WNI

Presiden Jokowi lantas menawarkan kepada Soejomartono dan Sudaryanto untuk menjadi WNI lagi.

"Pak Daryanto sama Pak Soejo ingin jadi warga negara Indonesia lagi enggak?" tanya Jokowi.

Sudaryanto menjawab bahwa hal itu sudah direncanakan. Tetapi, istri, anak, dan cucunya sudah telanjur tinggal di Rusia.

"Oh punya keluarga. Istri dari Rusia? Wah, bawa ke Indonesia, kan belum tentu mau kan ya?" tanya Jokowi lagi.

"Belum tentu, tapi kalau diyakinkan saya kira bisa," jawab Sudaryanto.

Sementara, Soejomartono mengaku belum berencana untuk kembali menjadi warga Indonesia. Sebab, dia merasa pemulihan hak untuknya merupakan kejutan yang tidak pernah terbayangkan.

"Terus terang saja ini adalah suatu saat yang bersejarah bukan saja buat saya. Saya sih sudah tidak bukan apa lagi-lagi, yang terutama yang buat generasi muda maju ke depan," kata Soejomartono.

Mendengar jawaban itu, Jokowi menjamin akan senang hati menerima keduanya untuk kembali menjadi WNI.

"Jika ingin kembali jadi WNI saya gembira dan kita semua saya kira gembira," ujar Jokowi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.