Sukses

SBY Melukis Bareng Ratusan Pelajar Pacitan, Selesaikan Lukisan Pantai Pancer Dorr

Dalam kegiatan yang berlangsung sejak pagi hingga menjelang makan siang itu, SBY menyelesaikan lukisannya tentang pantai Pancer Dorr, salah satu pantai paling terkenal di Pacitan.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan pelajar dari berbagai SD, SMP, SMA, dan SLB di Pacitan ikut melukis bareng Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pantai Pancer Dorr, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, hari Minggu (25/6/2023).

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima, kegiatan seperti ini sudah kedua kalinya SBY melukis bareng para pelajar.

Dalam kegiatan yang berlangsung sejak pagi hingga menjelang makan siang itu, SBY menyelesaikan lukisannya tentang Pantai Pancer Dorr, salah satu pantai paling terkenal di Pacitan.

Mengenakan rompi berwarna kecoklatan dan kaos hitam, SBY nampak khusyuk memberi warna biru di kanvas lukisannya.

Selain para pelajar, kegiatan ini juga dihadiri Bupati Pacitan Indrata Nurbayuaji serta anggota DPR RI Dapil Jatim 7 atau dapil Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Pacitan dan Magetan, juga anak dari SBY yakni Edhie Baskoro Yudhoyono serta dosen ISI Surakarta DR Cia Syam yang juga pelukis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerita SBY Melukis Gunung Ciremai Saat Berkunjung ke Cirebon

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kini semakin aktif menggeluti dunia seni. Sejumlah karya seni lukis telah dihasilkan SBY bahkan menuai pujian.

Salah satunya adalah lukisan Gunung Ciremai yang dibuat Sby saat berkunjung ke Cirebon di awal Januari 2023 ini. Diketahui, karya lukis SBY sebagian besar bernuansa alam.

Hasil karya lukisan SBY terbilang fenomenal karena hasil goresan tangannya mirip dengan objek yang dilukis. Karya lukis natural SBY dianggap mampu membawa suasana orang merasa takjub hingga merasakan damai saat melihat sendiri.

Pada kesempatan tersebut, SBY menuturkan, lukisan panorama Gunung Ciremai dikerjakan setelah solat Subuh. Ia kemudian menggoreskan kuas dan cat di kanvas lalu melukis Gunung Ciremai pada pukul 05.30 WIB.

"Karena lukisan ini belum selesai nanti sesampainya di Cikeas akan disempurnakan karena tidak membawa alat yang lengkap," ujar kepada wartawan, Selasa (2/1/2023).

SBY mengaku, Gunung Ciremai menjadi lukisan pertama setelah ia menginjakkan kaki di Cirebon. Namun, secara keseluruhan, lukisan Gunung Ciremai menjadi yang ke-7.

"Gunung Ciremai ini menjadi lukisan ke-7 seiring saya melukis langsung di luar daerah karena biasanya saya melukisnya hanya di Cikeas," tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.