Sukses

Infografis Puan Maharani Sebut Nama Termasuk AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar Pranowo

Puan Maharani membeberkan sejumlah nama masuk bursa cawapres pendamping bakal capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY salah satu yang masuk radar PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III di Sekolah Partai di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pada 6 hingga 8 Juni 2023. Di sela-sela rakernas pada hari pertama, Ketua DPP PDIP Puan Maharani bicara sejumlah hal terkait Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Salah satunya Puan Maharani membeberkan sejumlah nama untuk menjadi calon wakil presiden atau cawapres bagi bakal calon presiden atau capres Ganjar Pranowo. Dengan kata lain, mereka masuk bursa cawapres pendamping Ganjar untuk bertarung di Pilpres 2024.

"Nama kan banyak, ada 10 (nama). Kalau boleh saya sebutkan yang ada di media, ada Pak Mahfud (Mahfud Md) sudah masuk namanya. Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, Pak AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), sopo (siapa) lagi mas? Pak Airlangga (Airlangga Hartarto). Nama-nama itu ya masuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan," ujar Puan yang juga menjabat Ketua Tim Pemenangan Pileg dan Pilpres 2024 PDIP di Jakarta, Selasa 6 Juni 2023.

Nama-nama tersebut semuanya dinilai mempunyai kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan oleh PDIP. "Dan kemudian apakah itu bisa bekerja sama dengan calon dari PDI Perjuangan sesuai dengan visi misi, cita-cita dan sebagainya," kata Ketua DPP PDIP Bidang Politik tersebut.

Sekretaris Jenderal atau Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto turut buka suara. Hanya saja, Hasto menegaskan Rakernas PDIP yang digelar selama 3 hari tidak akan mengumumkan nama bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

"Masih ada waktu bulan Agustus (2023) itu bulan keramat, bulan September itu juga bulan sangat penting. Yang jelas dari arah Ibu (Megawati Soekarnoputri) kalau begitu sudah sesuatunya sudah siap, Ibu Mega akan mengumumkan (bakal cawapres," kata Hasto Kristiyanto di Jakarta, Rabu 7 Juni 2023.

Seperti apa pernyataan Megawati sebelumnya mengenai bursa cawapres pendamping Ganjar? Bagaimana pula ragam komentar mengenai AHY disebut Puan masuk radar cawapres yang akan diusung PDIP? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Puan Maharani Sebut Nama Termasuk AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar Pranowo

3 dari 4 halaman

Infografis Megawati dan Hasto Bicara Bursa Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Komentar Puan Sebut AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar Pranowo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini