Sukses

Wapres Ma’ruf Amin Minta Media Berperan Aktif Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta media dapat berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Hal itu disampaikannya dalam acara Asia Media Summit (AMS) yang ke-18 Tahun 2023 di Provinsi Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta media dapat berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Hal itu disampaikannya dalam acara Asia Media Summit (AMS) yang ke-18 Tahun 2023 di Provinsi Bali.

“Kekuatan media yang dipadukan dengan kecanggihan teknologi dapat menjadi kekuatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, namun juga berpotensi memperlebar kesenjangan antara individu,” tutur Ma’ruf di Bali, Selasa (23/5/2023).

“Saya yakin, jaringan media dari berbagai negara yang hadir pada Asia Media Summit ke-18 ini memiliki pengalaman unik untuk saling tukar pandangan dan membangun kolaborasi yang berguna dalam upaya pemulihan ekonomi secara berkelanjutan dan berkeadilan,” sambungnya.

Selain itu, kata Ma’ruf, berbagai studi menunjukkan hubungan yang kuat antara pembangunan media dengan indikator pertumbuhan ekonomi, salah satunya melalui peningkatan literasi publik.

Dia pun mengajak media memperkuat peran dalam penguatan demokrasi, pemulihan ekonomi yang inklusif, literasi publik atas komitmen pencapaian target-target pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim, ekonomi hijau, perdamaian global, hingga agenda strategis lainnya.

“Sejatinya, agenda pemerintah memang tidak dapat berjalan sempurna tanpa interaksi yang saling membangun antara negara dan masyarakat yang difasilitasi oleh media,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jembatan Perdamaian

Kehadiran media turut dinilai memberikan andil sebagai jembatan perdamaian, yakni dalam membangun nilai, sistem, dan aksi-aksi damai yang berkelanjutan baik di level nasional, regional, hingga global.

“Sebagaimana yang kita yakini, lingkungan yang damai adalah kunci bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan,” Ma’ruf menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.