Sukses

Buka Asia Media Summit 2023, Wapres Ma’ruf Amin Ajak Perkuat Demokrasi

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin secara resmi membuka acara Asia Media Summit (AMS) yang ke-18 Tahun 2023 di Bali.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin secara resmi membuka acara Asia Media Summit (AMS) yang ke-18 Tahun 2023 di Bali. Dalam kesempatan itu, dia mengajak media untuk turut andil dalam memperkuat demokrasi di Tanah Air.

“Berbagai studi menunjukkan hubungan yang kuat antara pembangunan media dengan indikator pertumbuhan ekonomi, antara lain, melalui peningkatan literasi publik,” tutur Ma’ruf di Bali, Rabu (23/5/2023).

Menurut Ma’ruf, sejatinya agenda pemerintah tidak dapat berjalan sempurna tanpa interaksi yang saling membangun antara negara dan masyarakat, yang tentunya difasilitasi oleh media.

“Saya mengajak media untuk memperkuat peran dalam penguatan demokrasi, pemulihan ekonomi yang inklusif, literasi publik atas komitmen pencapaian target-target pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim, ekonomi hijau, perdamaian global dan agenda strategis lainnya,” jelas dia.

Ma’ruf mengatakan, media adalah mata dan telinga bagi masyarakat yang berfungsi vital menjadi sumber informasi, gagasan, pendidikan, hiburan, kebijakan, dan persoalan publik yang layak mendapatkan perhatian para pengambil kebijakan.mediame

“Di tengah gencarnya upaya global untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan, peran media sangat strategis dalam meningkatkan literasi di level individu, masyarakat maupun institusi negara agar terbangun kesadaran kolektif,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Media Sebagai Jembatan Perdamaian

Lebih lanjut, media juga memainkan peran koreksi atas arsitektur kebijakan negara agar terus berada di jalur yang tepat, adil dan memihak kepada masyarakat. Terlebih, pasca aneka krisis yang terjadi, media mesti mampu mengoptimalkan peranannya sebagai penyalur sekaligus penyaji gagasan yang segar, yang dapat menjadi solusi sekaligus membangun paradigma kolaborasi yang saling menguntungkan.

“Demikian pula, kehadiran media memberikan andil sebagai jembatan perdamaian, dalam membangun nilai, sistem dan aksi-aksi damai yang berkelanjutan, baik di level nasional, regional, hingga global. Sebagaimana yang kita yakini, lingkungan yang damai adalah kunci bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan,” Ma’ruf menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.