Sukses

Sukses Lampaui Target, Atlet Indonesia di SEA Games 2023 Diapresiasi Kemenpora Lewat Kirab

Dito juga menyampaikan permohonan maafnya kepada atlet dan ofisial cabang olahraga tertentu yang merasa diabaikan selama mengikuti rangkaian pawai tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memastikan bahwa pawai juara SEA Games 2023 bertajuk “Kira8 7uara: PrestasimuKebanggaan Kita!” pada Jumat (19/5) diselenggarakan untuk mengapresiasi atletIndonesia dari seluruh cabang olahraga. Kegiatan ini merupakan langkah inisiatifKemenpora RI untuk memulai budaya baru dalam mengapresiasi atlet dan kontingenIndonesia selepas mengikuti kejuaraan internasional.

“Kami mencoba untuk mengapresiasi pertama kalinya atlet SEA Games ini untuk pawai di Jakarta. Banyak juga yang bertanya ke saya ‘ini kan hanya SEA Games’. Tapi menurut saya di SEA Games 2023 ini banyak sekali target-target yang sudah lamatidak terlampaui," kata Menpora Dito, Jumat 19 Mei 2023.

Dia menyontohkan, dari jumlah medali emas ini adalah perolehan emas terbanyak selama 20 tahun ke belakang. Dan juara umum cabor pun ada tujuh. "Dan ada empat atau lima kita mencetak sejarah, contohnya basket putri setelah 64 tahunmendapatkan medali emas, dan hoki putra baru sekali seumur hidup kita mendapatemas, kriket juga kita baru sekali,” kata Dito.

Dito juga menyampaikan permohonan maafnya kepada atlet dan ofisial cabang olahraga tertentu yang merasa diabaikan selama mengikuti rangkaian pawai tersebut. Ia mengakui bahwa antusiasme masyarakat terhadap cabang olahraga sepak bola sangatlah tinggi menyambut medali emas pertama dalam 32 tahun melalui pertandingan final dramatis menghadapi Thailand.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuntaskan Target Prestasi

Dito berharap ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk turut mengangkat nama dan kebanggaan cabang olahraga lainnya.

"Bisa dibilang memang kita menunggangi antusias masyarakat kepada bola yang menang dengan mempromosikan juga bahwa cabor-cabor lain ini kita juga berprestasi. Nah memang pasti ada yang tidak nyaman dan kita sangat mohon maaf," kata Dito.

Pawai yang dimulai dari Kantor Kemenpora RI dan berakhir di Stadion Utama GeloraBung Karno ini diikuti oleh sekitar 250 atlet dan 100 ofisial tim dari berbagai cabang olahraga. Masyarakat yang hadir menambah kemeriahan sekaligus penghargaan atasprestasi diraihnya 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu oleh kontingen Indonesia diSEA Games 2023.

Capaian ini menempatkan Indonesia pada peringkat ketiga klasemen akhir gelaran sekaligus berhasil menuntaskan target prestasi dari Kemenpora dan Presiden Joko Widodo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.