Sukses

Kemenkominfo Beri Literasi Digital ke Siswa di Sulsel, Tekankan Etika di Medsos

Kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkasi.

Liputan6.com, Jakarta Kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, dengan menggelar program literasi digital nasional sektor pendidikan wilayah Sulawesi di SMP di Kabupaten Barru.

Dosen Untag Surabaya, Bambang Kusbandrijo, menyatakan ruang digital dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar yang luar biasa, di mana ilmu pengetahuan dan teknologi dapat diakses dengan mudah melalui berbagai platform seperti Instagram atau Twitter, yang memungkinkan untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan berbagi informasi dengan orang lain. Tetapi ia mengingatkan agar tidak terjebak dalam ruang digital hingga menjadi kesepian dan depresi, tetapi tetap membangun interaksi dengan orang lain.

“Kita perlu sadar bahwa setiap kata yang kita ucapkan dan pikirkan akan berdampak pada citra bangsa kita. Oleh karena itu, saat kita berbagi informasi, penting untuk memastikan kebenarannya dan kebermanfaatannya. Kita perlu mengembangkan sikap kebajikan dan bertanggung jawab dalam menyebarkan informasi,” ucap Bambang dalam keterangannya, Kamis (11/5/2023).

Dosen Komunikasi dan Film Politeknik Bina Madani Cikarang, Yudha Wibisono mentatakan, media digital dapat digunakan untuk belajar melalui berbagai aplikasi, yang dapat membantu untuk memperluas wawasan. Ia pun menyarankan agar para peserta webinar untuk kreatif dan melihat peluang-peluang di dalam ruang digital.

“Generasi digital, seperti adik-adik semua, lahir dan besar di tengah perkembangan teknologi yang pesat. Kita perlu membangun kesadaran diri untuk terus belajar dari berbagai sumber termasuk media digital dengan kemauan mencari rekomendasi dan referensi sebanyak-banyaknya. Kita harus bijak dan tepat dalam menggunakan teknologi dan memperluas wawasan kita,” sebut Yudha.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika Diperlukan

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Barru, Andi Adnan Aziz, menekankan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai landasan kecakapan digital, sehingga paham akan hak-hak digital dan tak kebablasan dalam kebebasan berekspresi.

Sebab menurutnya kebebasan yang kebablasan dapat menjadikan toleransi dan penghargaan pada perbedaan menjadi berkurang, batas-batas privasi menghilang, dan terjadi pelanggaran hak cipta.

“Hak digital harus diimbangi dengan tanggung jawab, dan kita harus menghormati hak orang lain dan menjaga keamanan nasional, ketertiban masyarakat, kesehatan, dan moral publik. Ragam digital memberikan hak untuk mengakses, berekspresi, dan merasa aman,” jelasnya.

Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital sektor pendidikan dapat diperoleh pada media literasi digital kominfo di info.literasidigital.id atau mengikuti media sosial Literasi Digital Kominfo di Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo, dan Youtube @literasidigitalkominfo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini