Sukses

Kun Bukator Raih Banyak Medali SEA Games, Sugiono: Meski Awam Sudah Mendulang Prestasi

Tim Kun Bokator Indonesia sukses memborong tiga emas, lima perak, dan tiga belas perunggu di SEA Games 2023 yang digelar di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh, Kamboja, Senin.

Liputan6.com, Jakarta Tim Kun Bokator Indonesia sukses memborong tiga emas, lima perak, dan tiga belas perunggu di SEA Games 2023 yang digelar di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh, Kamboja, Senin.

Ketua Umum Bokator Indonesia yang juga Ketua Fraksi Gerindra MPR RI, Sugiono beri apresiasi kepada seluruh atlet yang mempersembahkan prestasi gemilang untuk bangsa.

"Bokator merupakan salah satu dari empat cabang olahraga baru di SEA Games 2023, kita bersyukur para atlet mampu meraih juara," kata dia dalam keterangannya, Rabu (10/5/2023).

Mantan, asisten pribadi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ini menuturkan, Kun Bokator adalah olahraga beladiri tradisional Kamboja. Kamboja selaku tuan rumah SEA Games 2023 mendapat hak untuk menambahkan beberapa cabang olahraga baru untuk dipertandingkan di pesta olahraga negara-negara ASEAN itu.

"Prestasi membanggakan Indonesia berhasil memperoleh medali 3 emas 5 Perak 13 Perunggu dari cabang Kun Bokator pada SEA Games 2023. Walau olah raga Kun Bokator masih sangat awam di tanah air," kata Sugiono.

Dia menyebut, di dalam diplomasi olahraga, Kamboja juga sangat mendukung pencak silat sehingga Indonesia juga patut untuk mendukung olahraga Kun Bokator.

"Kamboja mendukung pencak selat yang berasal dari Indonesia, jadi kita dukung Kun Bokator yang merupakan berasal dari Kamboja. Kita berharap, dengan ini akan semakin banyak olahraga beladiri asli Asia Tenggara yang dikenal. Sehingga prestasi olahraga khususnya beladiri negara-negara ASEAN bisa sejajar dengan negara-negara Asia lainnya," jelas Sugiono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Intip Posisi Kontingen Indonesia

Kontingen Indonesia sudah mengawali persaingannya di SEA Games 2023 Kamboja. Meski opening ceremony baru digelar pada Jumat (5/5/2023), sejumlah cabang olahraga telah lebih dulu mentas dalam ajang multi event terbesar se-Asia Tenggara.

Medali pertama bahkan berhasil tim Merah Putih melalui cabang olahraga bela diri khas Kamboja, kun bokator, sejak Kamis (4/5/2023) lalu. Adalah Alfadhila Ramadhan yang sukses menyumbangkan perak dari nomor bokator spirit form perseorangan putra.

Berlaga di di Hall C Chroy Changvar Convention Center, Phnom Penh, atlet kelahiran 2001 itu mendulang nilai 7,67 dari juri yang bertugas. Capaian ini cukup mengantar Alfadhila menduduki tempat kedua sekaligus menorehkan medali perdana bagi Tanah Air.

Adapun setelah ini, Indonesia diharapkan dapat terus menambah koleksi medali dalam ajang yang berlangsung hingga 17 Mei mendatang. Apalagi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo sudah memasang target ambisius bagi tim Merah Putih.

Kontingen Indonesia–yang terdiri dari total 599 atlet putra dan putri–ditargetkan dapat menggondol 60 medali emas demi mempertahankan prestasi finis di peringkat tiga besar dalam SEA Games 2021 Hanoi lalu.

Seperti diketahui, Indonesia kala itu berhasil menyelesaikan kompetisi dengan predikat top three usai mengoleksi 241 medali yang terdiri atas 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

Mengutip data dalam situs resmi SEA Games 2023 per Selasa (9/5/2023) pukul 21.44 WIB, Indonesia bertengger di urutan lima klasemen sementara dengan perolehan 99 medali, yakni 25 emas, 22 perak, dan 52 perunggu.

Sementara itu, posisi puncak diambil alih oleh Thailand yang sudah meraup total 115 medali, dengan rincian 40 emas, 30 perak, dan 45 perunggu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini