Sukses

Infografis Persiapan Jelang Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla

Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla berlangsung di Gereja Westminster Abbey, Kota London. Prosesi penobatan juga dimeriahkan arak-arakan tradisional sesuai tradisi dalam 1 abad terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Jutaan warga Inggris Raya bersiap menyambut penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla. Prosesi penobatan berlangsung di Gereja Westminster Abbey, Kota London, Inggris, pada Sabtu 6 Mei 2023.

Raja Charles III menjadi penguasa ke-40 Kerajaan Inggris yang dinobatkan di Westminster Abbey, sejak 1066. Penobatan raja bersandi Operasi Golden Orb kemudian diikuti perayaan nasional selama akhir pekan.

Upacara penobatan Raja Charles III juga dimeriahkan arak-arakan tradisional sesuai tradisi dalam 1 abad terakhir. Total biaya diperkirakan menelan dana 100 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,8 triliun.

Merujuk The Guardian, Raja Charles III dan Ratu Camilla akan menaiki kereta kencana Diamond Jubilee State Coach. Namun, iring-iringan kereta kencana dari Istana Buckingham menuju Westminster Abbey melalui rute jauh lebih pendek ketimbang rute pada prosesi penobatan Ratu Elizabeth II pada 1953.

Kereta kencana Diamond Jubilee State Coach melalui rute sekitar 2,1 kilometer. Ini jauh lebih pendek dari prosesi Ratu Elizabeth II yang sekitar 8 kilometer.

Saat perjalanan pulang menuju Istana Buckingham, pasangan suami-istri penguasa Kerajaan Inggris itu menaiki kereta kencana Gold State Coach. Iring-iringan akan melalui rute yang sama saat keberangkatan.

Beberapa bulan sebelumnya, Pangeran Charles dikukuhkan sebagai Raja Inggris pada 10 September 2022 dalam usia 73 tahun. Raja Charles III naik takhta setelah sang ibu, Ratu Elizabeth II, meninggal dunia pada 8 September 2022 dalam usia 96 tahun.

Sederet simbol Kerajaan Inggris dihadirkan saat penobatan Raja Charles III. Apa saja di antaranya? Bagaimana pula rute perjalanan kereta kencana Raja Charles III dan Ratu Camilla? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Persiapan Jelang Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla

3 dari 4 halaman

Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III

4 dari 4 halaman

Infografis Rute Perjalanan Kereta Kencana Raja Charles III dan Ratu Camilla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini