Sukses

Presiden Jokowi Nyaris Santap Makanan Mengandung Formalin Saat Kunjungan ke Labuan Bajo

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) selalu memastikan makanan yang disantap Presiden Jokowi dan keluarga di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur aman dari delapan jenis kandungan berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) memastikan makanan yang disantap Presiden Jokowi dan keluarga di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur aman dari delapan jenis kandungan berbahaya.

"Parameter yang diuji adalah Sianida, Nitrit, Arsen, Timbal, Formalin, Borak, Rhodamin B, dan Methanil Yellow dan hasil uji dikoordinasikan dengan paspampres untuk dinyatakan layak dihidangkan atau tidak layak dihidangkan," kata Kepala Loka POM Manggarai Barat Andirusmin Nuryadin di Labuan Bajo, seperti dilansir Antara.

BPOM melakukan food security pada beberapa titik kunjungan Presiden Joko Widodo dan keluarga, di antaranya di tempat transit Bandara Komodo, Hotel Meruorah, Hotel Ayana, dan Puncak Waringin.

Nuryadin menjelaskan sistem pengawasan food security terhadap makanan Presiden Joko Widodo dan keluarga dilakukan lewat pengujian terhadap makanan tiga jam sebelum presiden tiba di lokasi.

Nantinya pihak hotel yang menyiapkan makanan untuk presiden dan keluarga, lalu diambil sampel untuk diuji semua.

"Jika dinyatakan aman baru dihidangkan untuk presiden dan keluarga," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Sampel Positif Mengandung Formalin

Nuryadin mengatakan ada sampel yang dinyatakan positif formalin, namun sudah dipisahkan untuk tidak dihidangkan.

Dia pun menyatakan komitmen BPOM untuk memastikan keamanan makanan Presiden Joko Widodo dan keluarga.

"Nanti pengujian dilakukan lagi, bergantung dari jadwal presiden kunjungan ke mana," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.