Sukses

MPR Minta Pemerintah Matangkan Strategi Arus Mudik Lebaran 2023

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet meminta agar pemerintah terus mematangkan strategi pengaturan dan persiapan arus mudik Lebaran 2023.

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet meminta agar pemerintah terus mematangkan strategi pengaturan dan persiapan arus mudik Lebaran 2023.

Salah satunya dengan memastikan penambahan berbagai fasilitas untuk menghadapi arus mudik yang diprediksi akan mencapai angka 123 juta orang pemudik.

“Meminta pemerintah agar terus mematangkan pengaturan persiapan arus mudik Lebaran dengan menambah sejumlah fasilitas hingga mematangkan infrastruktur guna kelancaran serta kenyamanan masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik,” tutur Bamsoet kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

Bamsoet juga meminta Kementerian dan lembaga terkait untuk terus memonitor persiapan dan kesiapan mudik Lebaran 2023, dengan secara rutin meninjau langsung infrastruktur hingga sarana prasarana tambahan yang dipersiapkan khusus untuk arus mudik dan arus balik Lebaran.

“Upaya ini diperlukan agar dapat dipastikan seluruh kesiapan berjalan tepat waktu dan sesuai target pemerintah,” jelas dia.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah bersama lembaga, instansi, dan pihak terkait lainnya harus berkomitmen untuk mengantisipasi hambatan mudik dengan berkaca pada pengalaman mudik tahun sebelumnya.

“Disamping terus berupaya memberikan pelayanan yang baik dan optimal bagi para pemudik. Sehingga diharapkan, mampu menciptakan momen mudik Lebaran yang lancar, aman, nyaman dan berkesan,” Bamsoet menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Presiden Jokowi Terkait Persiapan Mudik Lebaran

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mewanti-wanti para menteri dan kepala daerah untuk mempersiapkan diri menangani mudik Lebaran 2023. Pasalnya, kata dia, jumlah pemudik Lebaran 2023 diprediksi melonjak drastis.

"Kurang lebih 123 juta masyarakat kita akan bersama-sama mudik. Tahun kemarin 86 (juta), ini 123 juta. Hati-hati, angka ini hati-hati," kata Jokowi usai meninjau Pasar Cepogo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, Senin (10/4/2023).

"Saya sudah memperingatkan Menteri Perhubungan, Kapolri, Menteri BUMN yang menyangkut transportasi laut," sambungnya.

Jokowi menyebut, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat menjadi tiga daerah yang diprediksi akan menjadi tujuan utama pemudik.

Untuk itu, Jokowi meminta kepala daerah bersiap menjelang mudik Lebaran 2023.

"Para gubernur, para bupati, dan wali kota betul-betul menyiapkan diri karena melompat dari 86 juta (pemudik) ke 123-124juta (pemudik)," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.