Sukses

Andi Arief Sarankan Anas Urbaningrum Bersihkan Hati, Minta Maaf ke SBY dan Seluruh Kader Demokrat

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum akan keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 11 April 2023. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief mengajak Anas Urbaningrum memulai hidup baru dengan lebih baik setelah keluar dari penjara. Andi yakin Anas bisa memperbaiki diri.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum akan keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 11 April 2023.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief mengajak Anas Urbaningrum memulai hidup baru dengan lebih baik setelah keluar dari penjara. Andi yakin Anas bisa memperbaiki diri.

"Di bulan baik ini saya menyampaikan ucapan selamat menghirup udara bebas pada AU (Anas Urbaningrum). Mulailah hidup baru, hidup yang lebih baik. Semua orang punya masa kelam, tapi bisa memperbaiki diri kemudian," ujar Andi Arief kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

Menurut Andi Arief, lingkungan politik akan menentukan kehidupan Anas ke depan. Ia berharap Anas memilih lingkungan politik yang baik setelah bebas dari hotel prodeo.

"Lingkungan politik akan menjadi salah satu yang menentukan. Semoga lingkungan politik setelah keluar dari Lapas Sukamiskin yang menjadi pilihan adalah yang bersih hati, pikiran dan tindakan," ujar Andi Arief.

Salah satu langkah untuk memperbaiki itu, kata Andi, Anas harus lebih dulu meminta maaf secara terbuka kepada Presiden keenam RI dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Sebagai sahabat saya menyarankan AU memilih meminta maaf terbuka kepada Bapak SBY dan seluruh kader Demokrat yang hampir karam saat dipimpinnya," ujar Andi Arief.

"Mungkin di situlah hati yang bersih akan muncul," tambah Andi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agenda Anas Urbaningrum Usai Bebas dari Lapas, Salah Satunya Pidato Khusus untuk SBY

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum akan keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/4) besok. Anas akan melakukan pidato di hadapan para pendukungnya.

"Mas AU keluar dari lapas Sukamiskin jam 14.00 WIB. Dilanjutkan acara pelepasan oleh Kalapas dan pidato Mas Anas yang secara khusus akan disampaikan di hadapan sahabat-sahabat. Selanjutnya semua bergabung di RM Ponyo, Cinunuk untuk acara buka puasa dan silaturahim," ujar Kornas Sahabat Anas Urbaningrum Muhammad Rahmad dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Rahmad mengungkapkan apa yang akan disampaikan oleh Anas dalam pidato besok. Ia mengatakan pidato Anas nanti akan ada kejutan. "Dapat kami sampaikan bahwa Mas Anas akan memberikan kejutan pada pidatonya besok," kata Rahmad.

Ia pun memberikan kisi-kisi isi pidato itu. Anas akan bicara soal Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, bukan putranya, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Mas Anas tidak punya urusan dengan AHY, tapi memiliki agenda khusus dengan SBY," ujar Rahmad.

Sebelumnya, Anas Urbaningrum dipastikan bebaskan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat pada Selasa, 11 April 2023 besok.

Hal tersebut dibenarkan Kadivpas Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Kusnali.

"Insyaallah besok, Selasa tanggal 11 April 2023," ujar Kusnali dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pas Kemenkumham Rika Apriyanti menyatakan hal serupa. Rika menyebut Anas Urbaningrum akan dikeluarkan dari Lapas Sukamiskin usai persyaratan pembebasan dinyatakan lengkap.

"Kalau pun sudah memenuhi persyaratan, sudah dicek dari pihak Lapas juga, maka pengeluaran Anas akan dilaksanakan besok (Selasa, 11 April 2023), dalam rangka program integrasi Cuti Menjelang Bebas (CMB)," kata Rika saat dikonfirmasi, Senin (10/4/2023).

Rika menyebut Anas tak bebas murni, melainkan masih harus lapor ke Balai Pemasyarakatan. Hanya saja Rika tak menjelaskan detail hingga kapan Anas menjadi klien Bapas.

"Dan besok juga yang bersangkutan akan berlaih status menjadi klien Bapas," kata Rika.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.